Pernahkah Anda membaca sekilas tentang pengertian www? WWW atau World Wide Web merupakan sesuatu yang oleh kebanyakan orang dianggap sebagai Internet. Www berisi halaman web, gambar, video, dan konten online lainnya yang dapat diakses melalui browser web. Untuk mentransfer halaman web ke komputer, Anda membutuhkan Hyper-Text Transfer Protocol (HTTP).

Sebuah frasa atau kata dapat berisi tautan ke situs web lain berkat adanya hypertext. Sementara itu, internet adalah koneksi jaringan yang mendasarinya yang memungkinkan kita mengirim email dan mengakses World Wide web. Dengan adanya web memudahkan orang untuk terhubung dari hampir semua tempat di dunia.

Pengertian WWW

Pengertian WWW (World Wide Web) Beserta Fungsinya
Pengertian WWW (World Wide Web) Beserta Fungsinya

Secara umum pengertian WWW adalah kumpulan sumber daya internet (seperti FTP, telnet, Usenet), teks hyperlink, file audio, dan video, dan situs jarak jauh yang dapat diakses dan dicari oleh browser berdasarkan standar seperti HTTP dan TCP / IP. Disebut juga web, itu dibuat pada tahun 1989 oleh fisikawan Inggris Tim Berners-Lee saat bekerja di Laboratorium Fisika Partikel Eropa.

Baca juga: Perbedaan Internet dan Intranet Berdasarkan Fungsi

Disebut CERN setelah inisial Prancisnya Conseil Europeen de Reserches Nucleaires di Swiss, sebagai cara yang lebih mudah untuk mengakses informasi yang tersebar di internet. Definisi yang lebih luas berasal dari Konsorsium World Wide Web (W3C): “World Wide web adalah semesta informasi yang dapat diakses jaringan, perwujudan pengetahuan manusia.”

Di manapun Anda berada, Anda dapat mengakses konten situs-situs web melalui internet dengan menggunakan perangkat seperti komputer, laptop, ponsel, dll. WWW bersama dengan internet memungkinkan pengambilan dan tampilan teks dan media ke perangkat Anda.

Web pada awalnya adalah kumpulan situs berbasis teks yang dihosting oleh organisasi yang secara teknis cukup berbakat untuk membuat server web dan mempelajari HTML. Ini terus berkembang sejak desain aslinya, dan sekarang termasuk media interaktif (sosial) dan konten yang dibuat pengguna yang membutuhkan sedikit atau tidak ada keterampilan teknis.

 

Fungsi WWW

 

1. Web Mail Service

browser
browser

Web mail service memungkinkan pengguna untuk mengirim, menerima dan meninjau email dari browser web mereka. web mail service menawarkan akses mudah dan penyimpanan pesan email untuk pengguna yang tidak terhubung ke Internet dari lokasi biasanya

Web mail service menawarkan banyak fitur dan fungsi yang sama untuk mengelola e-mail sebagai perangkat lunak email desktop seperti Microsoft Outlook dan Mozilla Thunderbird. Beberapa layanan web mail service yang lebih populer adalah Yahoo! Mail, Gmail, Hotmail, dan AOL Mail.

Saat masuk ke web mail service, Anda cukup memasukkan URL situs webmail web di kolom alamat atau lokasi browser, dan kemudian menggunakan akun webmail dengan mengetikkan nama pengguna serta kata sandi.

2. Search Engine

Dan pada dasarnya, WWW memudahkan search engine dalam merangkum semua website yang ada di dunia. Karena ada ratusan juta situs di internet, maka hadirlah search engine alias mesin pencari. Mesin pencari adalah program yang dirancang untuk memungkinkan pengguna menelusuri informasi atau konten di world wide web.

Ini membantu mengambil informasi yang diinginkan dalam waktu minimum. Ini memungkinkan Anda untuk memasukkan kata kunci atau frasa tertentu dan mengambil daftar item yang cocok dengan kata kunci dan frasa tersebut.

Dengan demikian, tidak langsung memberikan informasi, itu hanya mengambil halaman yang terkait dengan kata kunci atau istilah pencarian lainnya. Beberapa mesin pencari yang populer adalah Google, Bing, dan Yahoo!, Search.

3. Web Hosting

Web hosting adalah layanan yang memungkinkan organisasi dan individu untuk mengirim situs web atau halaman web ke Internet. Situs web dihost atau disimpan pada komputer khusus yang disebut server. Ketika pengguna Internet ingin melihat situs web Anda, yang perlu mereka lakukan adalah mengetikkan alamat situs web atau domain Anda di browser mereka.

Komputer mereka kemudian akan terhubung ke server Anda dan halaman web Anda akan dikirimkan kepada mereka melalui browser. Sebagian besar perusahaan hosting mengharuskan Anda memiliki domain untuk dapat di hosting. Jika Anda tidak memiliki domain, perusahaan hosting akan membantu Anda membelinya.

Jangan khawatir, untuk harga paket domain + hosting sendiri saat ini sudah sangat terjangkau. Di Qwords.com, kami menawarkan paket bundling hosting Indonesia + domain .COM mulai dari Rp21 ribu saja perbulan. Sangat menarik bukan?

Baca juga: Apakah Layanan Web Hosting Bisa Mempengaruhi Nilai SEO?

Banyak penyedia layanan hosting web menyertakan ekstensi FrontPage®, yang memungkinkan Anda membuat situs web Anda di FrontPage®, dan File Transfer Protocol (FTP), yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengunggah file dari komputer Anda ke layanan web hosting.

4. Portal

Portal adalah lokasi pribadi di internet yang bertindak sebagai titik akses ke informasi yang tersedia di World Wide Web. Beberapa portal populer adalah facebook.com, gmail.com, dan twitter.com.

Baca juga: Sejarah Singkat Internet dan Perkembanganya Sampai Saat Ini

Jadi, secara keseluruhan pengertian www secara singkat yakni, www itu layaknya buku elektronik besar yang halamannya disimpan di beberapa server dari seluruh dunia. Halaman web diberi alamat online yang disebut Uniform Resource Locator (URL). Kumpulan halaman web tertentu yang dimiliki oleh URL itu kemudian disebut situs web, misalnya, www.facebook.com, www.google.com, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *