Pengertian Workstation dan Fungsinya Yang Perlu Diketahui

2 min read

Pengertian Workstation

Komputer sekarang ini menjadi salah satu teknologi dengan pengguna paling banyak. Ada beragam jenis komputer yang digunakan oleh setiap orang, tergantung dari kebutuhan masing-masing. Secara umum saat ini ada 4 jenis komputer yang paling banyak digunakan yaitu work komputer, workstation, mainframe komputer dan super komputer.

Tentunya masing-masing jenis komputer tersebut memiliki fungsi dan spesifikasi yang berbeda-beda. Nah pada kesempatan kali ini kami akan lebih fokus membahas mengenai apa itu workstation, tugas, fungsi dan contoh workstation.

Apa Itu Workstation

Pengertian Workstation
Pengertian Workstation

Workstation berasal dari bahasa inggris yang artinya stasiun kerja. Dalam Wikipedia workstation adalah suatu komputer dengan spesifikasi tinggi yang fungsinya digunakan untuk keperluan pekerjaan seperti perhitungan ilmiah, teknik dan menghubungkan komputer satu dengan lainnya atau terhubung dengan komputer server. Workstation umumnya memiliki dukungan yang lengkap untuk keperluan semua pekerjaan dan tugas yang dilakukan.

Dalam instalasinya, workstation dihubungkan dengan jaringan LAN (Local Area Network) dengan menjalankan operating sistem multi user, jadi setiap user memiliki login yang berbeda-beda. Operating sistem workstation yang paling banyak dijumpai saat ini menggunakan OS Unix atau sejenisnya. Untuk harga yang pasti workstation memiliki harga yang lebih mahal dari komputer biasa.

Umumnya workstation menggunakan prosesor 64 bit bisa Intel Xeon atau AMD Opteron, bahkan ada beberapa workstation yang menggunakan lebih dari satu prosesor. Untuk ruang penyimpanannya sudah menggunakan SSD agar lebih cepat dari hardisk biasa. Ada beberapa workstation yang menggunakan perangkat yang berbeda dari komputer biasanya seperti fibre channel, SCSI, Ethernet 10GB dan lainnya.

Tugas Workstation

Ada beberapa contoh tugas workstation yang banyak ditemui, umumnya tugas yang diberikan lebih ke spesifik dalam satu bidang saja. Adapun berikut beberapa contoh tugas komputer workstation seperti:

  • Keperluan desain grafis
  • Keperluan pengelolaan grafis
  • Keperluan manajemen data
  • Keperluan militer
  • Keperluan rendering

Selain lima diatas, Anda juga bisa membuat komputer workstation sesuai dengan keperluan.

Fungsi Workstation

  1. Membantu user dalam mengerjakan tugas spesifik

    fungsi komputer kuantum
    fungsi komputer kuantum

Komputer workstation dibuat untuk mengerjakan tugas yang spesifik, misal workstation untuk rendering video. Agar membantu dalam mengerjakan proses rendering video maka spesifikasinya lebih tinggi dari komputer lain mulai dari Prosesor, RAM, SSD dan hardware pendukung rendering video lainnya.

  1. Mempercepat pekerjaan user

Komputer workstation dibuat dengan menggunakan spesifikasi yang lebih tinggi sehingga performanya lebih bagus sehingga mempercepat pekerjaan user.

  1. Mempermudah pekerjaan user

Workstation dirancang khusus untuk mengerjakan suatu hal, bahkan pekerjaan berat sekalipun. Jadi berbagai aplikasi, software dan hardware yang tersedia sudah lengkap tinggal pakai saja.

  1. Perhitungan ilmiah dan teknis

Workstation dirancang untuk keperluan perhitungan ilmiah dan teknis. Karena biasa dua kebutuhan tersebut membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi.

  1. Transfer data

Komputer workstation memungkinkan transfer data dengan kecepatan yang tinggi. Karena satu komputer dengan komputer lainnya saling terhubung dengan Ethernet kecepatan tinggi.

Perbedaan komputer client dan workstation

Komputer client dan workstation pastinya memiliki perbedaan dari berbagai aspek. Untuk itu berikut perbedaan komputer client dan workstation yang perlu Anda ketahui.

  • Komputer client

    Komputer Client vs Workstation
    Komputer Client vs Workstation

Komputer client adalah komputer yang memiliki fungsi untuk melakukan request atau menerima data dari komputer server. Spesifikasi yang wajib ada pada setiap komputer client adalah harus memiliki kartu jaringan atau Network Card Interface (NIC). Untuk spesifikasinya tidak ada kriteria khusus untuk komputer client, yang terpenting adalah bisa terhubung pada jaringan.

  • Komputer workstation

Sedangkan komputer workstation memiliki fungsi untuk melakukan tugas pekerjaan yang spesifik. Karena tugasnya yang spesifik maka spesifikasinya juga harus spesifik tergantung dari kegunaan workstation.

Nah dari penjelasan perbedaan kedua diatas dapat diambil kesimpulan bahwa komputer client tidak ada tuntutan untuk bisa mengerjakan hal spesifik. Sedangkan untuk komputer workstation harus bisa mengerjakan suatu hal yang spesifik.

Nah bagaimana sudah jelas tentang penjelasan tentang workstation? Jika ada yang belum faham silahkan tuliskan pada kolom komentar dibawah. Perlu diketahui bahwa Qwords selain menyajikan informasi tentang IT, Qwords juga menjadi salah satu penyedia domain hosting  unlimited terbaik di Indonesia untuk berbagai keperluan website bisnis dan pribadi Anda. Jika Anda membutuhkan website langsung saja buka di www.Qwords.com dan dapatkan penawaran menarik setiap bulannya.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *