Pengertian Storyboard Beserta Fungsi & Aplikasinya

3 min read

Pengertian Storyboard

Storyboard adalah urutan kronologis cerita yang akan sepenuhnya dijadikan jalan cerita di film, iklan, video atau animasi. Pengertian storyboard ini hampir sama dengan kerangka, jika Anda pernah membuat karya ilmiah. Namun, khusus untuk storyboard lebih digunakan pada beberapa karya.

Storyboard yang Anda buat ini tidak hanya memudahkan untuk melalui proses produksi video. Produksi akan menjadi jauh lebih menyenangkan dan mudah diatur jika Anda sudah memiliki storyboard ini. Untuk tahu lebih detail mengenai apa itu storyboard, berikut adalah penjelasan dan cara membuatnya.

 

Pengertian Storyboard

story
story

Pengertian storyboard sebagaimana dijelaskan sebelumnya adalah sebuah kerangka yang memudahkan dalam memproduksi karya, bisa berupa film, animasi, teater dan sebagainya. Storyboard sendiri dapat digunakan di hampir semua aplikasi produksi yang membutuhkan visualisasi adegan.

Baca juga: Strategi Maksimalkan Konten Video di Media Sosial

Adanya storyboard menjadikan kinerja produksi karya semakin mudah dan menghilangkan trial-and-error ketika membuat sebuah project.

Pastinya Anda pernah melihat sebuah video iklan, bagaimana scene per scene dan apa saja yang harus disampaikan oleh talent atau bintang iklan ini tidak terlepas dari hadirnya sebuah storyboard. Jenis-jenis storyboard sendiri memang ada bermacam-macam, ada video iklan, film, video marketing dll.

 

Fungsi Storyboard

fungsi storyboard
fungsi storyboard

Ada beberapa fungsi utama yang dimiliki oleh storyboard, di antaranya adalah :

1.Mengetahui Detail Gambaran Video yang Akan Dibuat

Memiliki storyboard memudahkan Anda untuk bisa lebih jelas melihat bagaimana video nantinya akan dibuat. Dengan storyboard, Anda dapat langsung melihat frame mana yang Anda sukai, dan frame mana yang perlu dipikirkan ulang.

Dengan storyboard, Anda juga dapat dengan mudah membuat beberapa ide yang sama, kemudian membandingkannya, dan membuat keputusan yang tepat, kira-kira konsep mana yang sekiranya akan berhasil bagi pemirsa.

2.Menuangkan Visi

Storyboard bisa menjadi satu cara untuk menuangkan apa yang menjadi ide Anda. Tuangkan saja semua visi yang Anda miliki, apa yang harus dibuat dan direkam selangkah demi selangkah.

3.Menghemat Waktu Pengambilan Adegan

Storyboard jelas menjadi alat yang hebat untuk menghemat waktu produksi karena Anda tahu apa yang harus Anda lakukan. Dengan storyboard, Anda tahu dengan pasti step by step yang harus Anda upayakan.

4.Bisa Mendapatkan Ide-ide Baru

Tahap pembuatan storyboard adalah waktu yang tepat untuk menyarankan ide-ide kreatif baru, kemudian mendiskusikan dan mencobanya. Dalam proses pengembangan storyboard, Anda bisa meminta tim Anda untuk mengkoreksinya, meminta saran dan dan menyangkal ide-ide Anda hingga mencapai hasil terbaik.

Karena storyboard adalah representasi visual dari film atau video yang ingin diciptakan, Anda dapat menunjukkannya kepada tim dan meminta saran apa yang bisa diperbaiki dari ide yang sudah Anda tuangkan.

 

Aplikasi Membuat Storyboard

Storyboarder
Storyboarder

Bagi sahabat Qwords yang saat ini sedang mencari beberapa aplikasi untuk membuat storyboard, di sini ada 3 jenis  aplikasi yang bisa digunakan. Mulai dari storyboard untuk video marketing, naskah film, dan sebagainya, semua bisa dimanfaatkan dengan aplikasi ini:

1.Storyboarder

Storyboarder adalah aplikasi pembuat storyboard yang banyak digunakan oleh pekerja di industri kreatif. Aplikasi ini mempunyai beberapa fitur yang memudahkan Anda untuk menambahkan kolom deskripsi, Di, board drawer dan sebagainya.

Aplikasi ini mempunyai interface yang sederhana sekali dan bisa dioperasionalkan dengan mudah untuk Anda yang ingin membuat storyboard iklan marketing, video iklan, script film, animasi dll.

2.Storyboard Fountain

Storyboard Fountain menjadi aplikasi selanjutnya yang bisa di andalkan. Aplikasi ini sangat cocok untuk pengguna yang ingin sekali memvisualisasikan ide dengan cepat sehingga menjadi sebuah script yang utuh. Namun, sayangnya Storyboard Fountain hanya tersedia untuk MacBook saja.

3.Make Storyboard

Terakhir, Anda bisa menggunakan Make Storyboard yang bisa di install kedalam sistem operasi apapun. Aplikasi ini cocok untuk para pembuat video animasi karena di aplikasi ini Anda bisa bebas menggambar sketsa yang Anda inginkan.

 

Komponen Storyboard

  1. Judul, yang berisikan episode dan adegan yang ada dalam scene.
  2. Sub judul, menuliskan tentang teknik pengambilan gambar, lokasi, dan waktu.
  3. Visual, menuliskan deskripsi gambaran adegan, bisa dengan teks atau foto.
  4. Audio, menuliskan judul lagu atau musik atau efek suara yang akan ditampilkan dalam adegan.
  5. Dialog, menuliskan naskah dialog yang harus diucapkan pemain.
  6. Properti dan wardrobe, menjelaskan hal-hal yang berkaitan artistik.

 

Langkah Langkah Membuat Storyboard

Pengertian Storyboard
Pengertian Storyboard

Setelah Anda tahu pengertian storyboard, di bawah ini adalah panduan langkah-langkah untuk membuat storyboard video bisnis:

1.Tetapkan Apa yang Menjadi Goals Anda

Tulis, apa yang ingin Anda sampaikan dalam video Anda, siapa target audiens yang melihat video Anda dan apa isi pesannya.

Baca juga: 5 Tipe Video yang Bantu Tingkatkan Bisnis

2.Mulai Tulis Ide Anda

Jika sudah tahu apa yang menjadi goals Anda, maka buatlah garis untuk memandu konsep ide Anda. Tulis scene dari awal hingga akhir secara detail dan jika sudah, maka buatlah ide itu dalam bentuk tabel. Sertakan komponen-komponen storyboard yang sudah dijelaskan sebelumnya untuk mempermudah Anda menuliskan ide pokok video iklan Anda.

3.Mintalah Feedback

Entah Anda sudah berpengalaman dalam membuat storyboard atau belum, meminta feedback atau saran dari tim atau relasi Anda sangat penting. Mintalah feedback dan revisi apa yang perlu direvisi sebelum tahap produksi dimulai.

Demikianlah pembahasan terkait apa itu storyboard lengkap dengan cara pembuatannya. Informasi di atas bisa sahabat Qwords manfaatkan untuk melengkapi strategi promosi digital. Anda bisa mulai membuat video iklan berdurasi singkat, kemudian menyebarkan konten video tersebut melalui website perusahaan.

Strategi di atas hanya salah satu contoh teknik pemasaran yang bisa Anda lakukan, di luar sana masih ada banyak cara untuk meningkatkan brand awareness sekaligus meningkatkan penjualan. Maka dari itu, jangan lupa berlangganan newsletter Qwords.com untuk mendapatkan artikel tips, tutorial, hingga promo penawaran layanan hosting murah dan domain premium yang akan menunjang optimasi pemasaan di ranah digital.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *