Di era digital seperti saat ini, ada banyak informasi penting yang perlu diperhatikan. Khususnya bagi Anda yang punya bisnis di dunia digital atau ingin bersaing di era digital. Tentu Anda tidak mau bisnis yang sudah dibangun sejak lama bangkrut atau tidak berjalan sesuai rencana. Jika demikian, Anda butuh strategi marketing yang bagus di era teknologi. Contoh strategi marketing yang bisa dicoba adalah search engine marketing.

Strategi marketing ini jika digunakan dengan baik membuat bisnis yang Anda kembangkan bisa berkembang pesat dan tambah kompetitif. Tidak heran banyak pihak yang memburu strategi marketing ini. Nah, sebelum menggunakan strategi marketing era digital ini, Anda harus memahami informasinya lebih lanjut supaya hasilnya bagus dan menjanjikan.

Pengertian Search Engine Marketing

Search engine marketing
Search engine marketing

Sebenarnya apa itu search engine marketing? Sejatinya, strategi marketing yang juga disebut dengan nama SEM tersebut bisa diartikan sebagai pembelian traffic khusus dengan cara membayar mesin pencarian. Jadi seorang marketer bisa melakukan bidding untuk keyword atau kata kunci sesuai yang mereka inginkan.

Tujuannya untuk apa proses bidding ini? Supaya setiap orang yang mencari suatu keyword tertentu bisa menemukan dan memilih website/iklan yang sudah mereka buat. jika Anda search kata kunci tertentu di mesin pencarian seperti “jual hosting murah”, di barisan paling atas Anda bakal menemukan berbagai nama perusahaan hosting domain. Nah, nama perusahaan inilah contoh penggunaan strategi marketing.

Ada banyak macam format untuk SEM yang bisa dipakai. Contoh yang paling populer sekaligus terkenal adalah berupa text dan juga PLAs (Product Listing Ads/Shopping Ads). Untuk yang format teks biasanya memakai Google Adwords, Yahoo Gemini dan Bing. Dibanding yang lainnya, Google Adword lebih populer karena banyak digunakan oleh user Google.

Tidak heran karena dianggap sangat mudah, ada panduan khususnya serta cocok digunakan semua pengguna awal atau pemula. Bukan hanya melalui website saja, SEM juga menampilkan iklan di aplikasi yang sudah bekerja sama dengan adversiter. Jadi ketika pengunjung masuk ke websitemu, tidak semua akan melakukan pembelian produk.

Inilah alasan kenapa pihak Google akan menampilkan iklan di website ataupun aplikasi yang telah pengunjung kunjungi setelahnya. Dengan cara seperti ini Anda bisa mempertahankan buying intent sehingga menambah keinginan mereka untuk membeli produk yang Anda miliki. Lantas apa perbedaan SEM dengan SEO?

Jika ditanyakan perbedaanya, keduanya berbeda dalam hal pembayaran. Anda yang menggunakan SEM harus membayar ke mesin pencarian, seperti Bing, Google ataupun Yahoo untuk setiap iklan yang Anda miliki. Berbeda dengan SEO yang tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk mesin pencarian. SEO merupakan optimasi supaya website bisa muncul di halaman pertama Search Engine.

Baca juga : Mengapa Google Menunjukan Website Anda

Contoh Search Engine Marketing

Google Ads
Google Ads

Setelah mengetahui SEM dengan baik, Anda harus tahu seperti apa contoh penggunaan search engine marketing ini. Contohnya sudah banyak tersedia di mesin pencarian. Anda tinggal memasukkan keyword atau kata kunci saja. Setelahnya akan muncul hasil pencarian di Google. Anda bisa lihat barisan paling atas yang ada nama-nama toko atau iklan website tertentu dengan tulisan ‘Ads/Iklan’.

Ini adalah penggunaan nyata dari SEM di dunia internet marketing. Lantas apa apa guna search engine marketing? Kenapa SEM penting untuk bisnis marketing yang Anda miliki? Untuk masalah ini Anda bisa cek di pembahasan berikut:

Manfaat Search Engine Marketing

1. Bisa meningkatkan conversion

Di poin yang telah disebutkan sebelumnya, search engine marketing adalah bagian yang bisa mendorong dan fokus ke arah conversion. Dibanding dengan SEO yang fokus pada organic traffic di berbagai kata kunci yang populer dan relevan dengan bisnis, SEM bekerja lebih jauh lagi. Pasalnya memberi target kata kunci yang umumnya lebih spesifik dan lebih mendetail dibanding SEO.

Di SEM Anda bisa memakai berbagai kata kunci yang lebih banyak dan mempunyai intensi pembelian yang lebih akurat. Ini membuat pengunjung yang masuk ke website lebih meningkat secara spesifik. Dengan kata lain, tingkat conversion website yang Anda buat lebih bagus dan lebih tinggi dibanding hanya menggunakan SEO saja.

2. Meningkatkan brand awareness

Meningkatkan Brand Awareness
Meningkatkan Brand Awareness

Bukan hanya meningkatkan conversion saja, penggunaan SEM juga bagus untuk meningkatkan brand awareness yang Anda miliki, Berdasarkan riset yang dilakukan oleh pihak Google, SEM bisa meningkatkan brand awareness lebih tinggi, yakni sampai 80% dibanding penggunaan SEO atau produk lainnya. Meskipun tidak sampai diklik, orang tetap bisa melihat iklan di hasil pencarian yang mereka temui.

Ini membuat pengunjung lebih mengingat seperti apa merek atau brand yang Anda miliki saat sedang mencari keyword tertentu atau yang serupa. Bukan hanya itu, iklan yang Anda punya juga muncul di aplikasi ataupun website yang telah bekerja sama dengan pihak Google sebelumnya. sehingga produk yang Anda miliki lebih terkenal dibanding produk lain yang tidak menggunakan SEM.

Baca juga : Mengapa Brand Anda Harus Punya Website

3. Biaya penggunaan bisa disesuaikan dengan budget masing-masing

Memasang iklan di perusahaan besar seperti Google mungkin untuk sebagian orang yang belum terlalu paham akan membutuhkan biaya yang besar. Wajar karena Google merupakan perusahaan ternama dan besar di dunia. Padahal nyatanya, Anda bisa menggunakan search engine marketing dengan biaya iklan yang disesuaikan dengan budget masing-masing.

Ada banyak pilihan paket yang bisa disesuaikan dengan budget yang Anda miliki sebelumnya. Anda yang punya budget pas-pasan bisa memilih paket yang lebih murah. Begitu pula sebaliknya, Anda yang punya budget yang besar bisa memilih paket yang lebih mahal untuk hasil yang lebih memuaskan.

Dengan pemilihan paket yang cocok dengan keuanganmu, Anda tidak usah takut untuk menggunakan SEM. Namun ada baiknya membeli paket yang bagus sekalian agar hasil yang diterima lebih maksimal. Toh, jika search engine marketing yang Anda miliki bagus dan menjanjikan, pendapatanmu bisa meningkat dibanding sebelumnya.

4. Sangat efektif untuk menjangkau pelanggan lokal di suatu negara

Local Ads Optimization
Local Ads Optimization

Jika Anda punya target marketing pelanggan lokal, menggunakan search engine marketing lebih menjanjikan dibanding promo secara fisik. Tidak heran karena mempunyai conversion rate yang lebih tinggi. SEM ini memungkinkan untuk menargetkan audiens yang lebih dekat dengan perusahaan Anda. Misal, Anda punya toko fisik, tentu saja SEM akan merekomendasikan pengunjung untuk membeli toko di tempat yang paling dekat.

Sehingga tidak heran search engine marketing bisa menjadi pilihan paling ideal untuk menargetkan pelanggan lokal. Pilihan keywordnya juga bisa disesuaikan dengan keinginanmu. Contohnya hosting murah di Indonesia, penyedia hosting terbaik di Jakarta atau sebagainya. Hasilnya, binsis Anda akan masuk ke jajaran hasil pencarian teratas di mesin pencarian.

Anda membutuhkan high performance cloud hosting yang bagus? Jika iya, ada banyak paket murah dan berkualitas yang bisa Anda temui di Qwords.com. Tenang saja karena setiap paket yang kami sediakan harganya terjangkau sehingga tidak membuatmu kantongmu jebol. Proses pemesanan Cloud Hosting langsung dikerjakan oleh para ahlinya sehingga hasil lebih menjanjikan dan bisa dipastikan sesuai dengan harapanmu. Tunggu apalagi miliki website untuk bisnis Anda sekarang juga.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *