Saat seseorang mengakses internet, ternyata ada banyak resiko yang sering kita hadapi. Tidak heran, pengguna internet harus waspada akan bahaya akses internet tersebut. Terlebih jika seseorang mengakses internet tanpa menggunakan proxy. Apa itu proxy? Mari kita bahas pengertian proxy dan berbagai jenisnya yang harus Anda ketahui.

Tanpa adanya perlidungan proxy maka IP address pengguna jelas terlihat di dunia maya.  IP address patut untuk diproteksi. Pasalnya melalui alamat IP yang kita miliki, seseorang bisa menggunakannya untuk keperluan kurang baik.

Baca juga: Apa Itu Web Phising? Inilah Cara Kerja dan Tips Menghindarinya

Sebut saja seperti menyebarkan malware, mengambil data penting milik kita dan sebagainya. Untuk mencegah hal yang merugikan tersebut terjadi, kita harus memakai proxy untuk jembatan transmisi dari komputer menuju jaringan internet.

Pengertian Proxy Dan Jenis-Jenisnya
Pengertian Proxy Dan Jenis-Jenisnya

Apa Itu Proxy?

Apa itu Proxy? Proxy adalah sistem yang memungkinkan pengguna untuk bisa mengakses jaringan internet memakai IP address berbeda yang diterima perangkat. Bagaimana cara kerja proxy server? Sistem seperti ini memanfaatkan proxy server supaya bisa bekerja dengan baik. Proxy untuk server sendiri adalah perangkat atau komputer yang dipakai untuk menyediakan berbagai layanan proxy yang diperlukan pengguna.

Dengan begitu, user tetap bisa menggunakan jaringan internet yang dipakai sekarang dan menghubungkannya ke proxy tersebut. Ada banyak proxy yang disediakan di internet, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan keinginan pengguna masing-masing. Bahkan tidak sedikit dari proxy tersebut yang non berbayar alias gratis.

Baca juga: Cara Mengatasi Spyware, Program Berbahaya Pencuri Data Pengguna

Sangat mudah untuk menemukan penyedia proxy online, seperti halnya penjual buku, sepatu, baju hingga penyedia tas. Hanya saja Anda harus memahami fungsi dan juga cara kerja proxy sebelum memakainya. Setelah tahu pengertian proxy, Anda harus paham kenapa proxy harus digunakan. Ada banyak alasan kenapa pengguna harus menggunakan proxy.

Contohnya akses internet yang telah diblokir sehingga tidak dapat membuka situs dari alamat ip atau negara lain. Dengan adanya proxy server, informasi seputar diri Anda pribadi juga tidak akan bisa diketahui. Selain itu, dengan adanya proxy banyak sekolah bisa membatasi akses untuk website tertentu sehingga siswa tidak bisa mengakses website yang dilarang tersebut. Metode ini dikenal dengan nama proxy website.

 

Jenis Proxy

Proxy VPN
Proxy VPN

Meskipun secara umum proxy bertugas untuk membantu mengakses website, namun tidak semua proxy mempunyai cara kerja yang sama. Proxy mempunyai banyak jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing. Anda yang ingin menggunakan proxy tersebut, tentu saja harus mengenali mana proxy list indonesia yang paling pas untuk digunakan.

Bagi yang penasaran, berikut adalah jenis proxy yang harus Anda ketahui sebelum menggunakannya:

1. Transparent Proxy

Jenis proxy ini sebaiknya tidak perlu untuk dipakai. Jenis proxy ini memberi informasi ke website jika koneksi yang dituju menggunakan proxy untuk server dan tetap akan dilanjutkan informasi dengan IP address yang Anda miliki. Karena itu, alamat IP yang Anda miliki jelas terlihat di dunia maya dan tentu saja akan sangat merugikan Anda jika dipakai oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Bahkan yang paling merugikan, alamat IP pengguna proxy ini akan dibanned secara permanen sehingga tidak dapat mengakses situs tertentu. Namun jika penguna sudah mengkonfigurasikannya secara khusus maka tidak akan mendapati hal tersebut.

2. Anonymous Proxy

Jenis proxy ini bakal mengidentifikasikan dirinya menjadi proxy namun tidak mengirimkan atau meneruskan alamat IP asli yang Anda pakai saat itu. Sebagai gantinya, IP samaran akan diberikan sehingga tidak membuat Anda dicurigai.

Saat pengguna mengakses internet, alamat IP merupakan hal wajib yang harus pengguna hubungkan dengan internet. Intinya, dengan menggunakan anonymous Proxy, alamat IP asli pengguna tidak akan diketahui dunia maya karena digantikan oleh IP samaran.

3. High Anoymith Proxy

Proxy ini tidak menyebut dirinya sebagai proxy free atau sebagainya. jadi tidak heran proxy ini tidak memberi alamat IP untuk setiap penggunanya. Saat pengguna mengakses situs, alamat IP dari pengguna tidak terbaca oleh situs yang bersangkutan maupun internet. Hanya saja pengguna akan terbaca sebagai klien. Secara tidak langsung, jenis proxy ini benar-benar merahasiakan alamat IP pengguna.

Baca juga: Cara Mengatasi Internet Positif dengan Mudah dan Tepat

4. Distorting Proxy

Distorting proxy memiliki fungsi yang sama dengan anonim proxy, yakni membuat alamat IP pengguna tidak terlihat. Bedanya, anonim proxy mengubah bagian alamat IP asli, sedangkan untuk jenis proxy ini adalah merekayasa IP address penggunanya. Sedangkan IP address asli yang mereka miliki bisa dilihat melalui HTTP Header.

5. Reverse Proxy

Reverse Proxy dipakai untuk menyediakan jalan bagi pengguna internet melalui jaringan pribadi. Fungsi utama jenis proxy ini adalah mencegah user terhubung melalui internet tanpa ada monitor sebelumnya. Proxy ini kerap diaplikasikan perusahaan untuk membatasi pengguna koneksi internetnya. Biasanya sering dipakai untuk jaringan lokal.

 

Penutup

Proxy
Proxy

Itulah pengertian proxy dan juga jenis-jenis proxy yang harus Anda ketahui. Proxy merupakan bagian penting dari keamanan berselancar di ranah dunia maya agar IP address tidak diketahui oleh banyak orang. Semoga dengan adanya  informasi ini, Anda selalu menggunakan proxy untuk mengakses situs yang Anda perlukan di internet.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Cyber Crime dan Jenis-Jenis Kejahatan di Dunia Maya

Sementara itu, apabila saat ini Anda sedang mencari tools yang tepat untuk mendistribusikan newsletter, campaign, atau penawaran promo terbaru dari produk yang Anda miliki, Qwords.com mempunyai layanan email marketing MailToGo yang bisa membantu mengirimkan ratusan atau bahkan ribuan email dalam sekali klik kepada pelanggan.

Sekian pembahasan kali ini, sampai jumpa di artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *