Ada banyak jenis bahasa pemrograman yang bisa Anda gunakan dalam pembuatan website. Salah satunya di Indonesia saat ini yang paling populer bahasa pemrograman web adalah menggunakan PHP. PHP sekarang ini menjadi dasar bagi para web developer sebelum sebelum belajar bahasa pemrograman tingkat lanjut, termasuk menggunakan framework PHP.

Pengertian PHP

Apa Itu PHP
Apa Itu PHP

Bagi yang belum tahu, PHP singkatan dari Hypertext Preprocessor. Sedangkan pengertian dari PHP adalah bahasa pemrograman server-side yang digunakan dalam pembuatan website bersama dengan CSS dan HTML. PHP merubah website dari statis menjadi lebih dinamis dan mengubah konten serta fungsi website yang lebih interaktif untuk keperluan user.

PHP merupakan bahasa pemrograman yang populer hingga saat ini mengalahkan beberapa bahasa pemrograman lainnya, termasuk ASP.NET. Berdasarkan hasil survey dari W3Techs.com, PHP mendapatkan prosentase 78.9% mengalahkan bahasa pemrograman lainnya. Tentu ini prosentase yang besar jika dibandingkan dengan lainnya. Memang secara fungsi PHP bukan yang terbaik jika dibandingkan pemrograman web lainnya, tetapi secara pengguna PHP masih menjadi nomor satu.

PHP User
PHP User

Sejarah PHP

Menurut sejarahnya, PHP pertama kali muncul tahun 1994 diciptakan oleh Dr Leonardo Bernart. Awalnya PHP memiliki singkatan “Personal Home Page Tools”, selanjutnya PHP diganti nama menjadi FI (Form Interpreter). Sejak kemunculan PHP versi 3.0, nama PHP kembali lagi digunakan dengan singkatan menjadi “Hypertext Preprocessor” hingga sekarang ini.

Pada survey yang dilakukan bulan Desember tahun 1999, sudah ada lebih dari sejuta website yang menggunakan PHP termasuk diantaranya website NASA, RedHat dan Mitsubishi. Untuk sekarang ini website yang menggunakan PHP sudah tak terhitung lagi jumlahnya.

Fungsi PHP

Dalam pembuatan website, sebenarnya dengan menggunakan HTML dan CSS saja sudah bisa menjadi website, tetapi website yang dibuat bersifat statis. Nah dengan menggunakan beberapa fungsi yang ada di PHP, website bisa berubah menjadi dinamis. Fungsi yang ada dalam PHP biasa disebut CRUD, CRUD kepanjangan dari Create, Read, Update dan Delete. Berikut penjelasan lengkapnya:

  • Create adalah fungsi yang digunakan untuk membuat data baru dalam website. Contoh saat Anda melakukan registrasi baru ke website, nah inilah yang dinamakan membuat data baru.
  • Read adalah fungsi yang digunakan untuk membaca atau bisa juga menampilkan data yang berada di database. Kemudian akan ditampilkan sesuai dari request user.
  • Update adalah fungsi untuk melakukan edit data dari dalam database. Contoh saat melakukan edit profil pengguna.
  • Delete adalah fungsi yang digunakan unuk menghapus database. Contoh Anda menghapus profil, komentar dan tindakan sejenis lainnya.

Jika Anda ingin menguasai pemrograman web, pastikan dulu Anda sudah faham tentang dasar-dasar CRUD.

Baca juga : Pentingnya Memiliki Website Untuk Bisnis

Tutorial PHP

Agar lebih jelasnya kami akan memberikan beberapa tutorial PHP yang bisa Anda praktekkan, tetapi tutorial yang diberikan hanya sebatas dasar saja. Berikut contohnya:

  • Sintak Dasar PHP

PHP dapat ditempatkan dimana saja, untuk script PHP dimulai dengan <?php diakhiri dengan syntak penutup ?>, untuk ekstenti file yang digunakan .php

Berikut contoh pengunaannya:

<!DOCTYPE html>
<html>
<body>

<h1>My first Hello World!</h1>

<?php
echo “Hello World!”;
?>

</body>
</html>

My first Hello World!
My first Hello World!
  • PHP Comments

Komentar dalam PHP tidak akan dieksekusi sebagai program. Tujuan menggunakan komentar ini lebih memudahkan untuk masalah dokumentasi program saja. Berikut contohnya:

<!DOCTYPE html>
<html>
<body>

<?php
// Ini contoh komentar

# Ini contoh komentar

/*
Ini contoh komentar
*/
?>

</body>
</html>

Komentar PHP
Komentar PHP
  • PHP Variabel

Variable dalam PHP biasa dideklarasikan dengan symbol $ dan diikuti dengan nama variable.

Contoh penggunaanya seperti berikut:

<!DOCTYPE html>

<html>

<body>

<?PHP

$txt = “Variabel Hello world!”;

echo $txt;

?>

</body>

</html>

PHP Variabel
PHP Variabel
  • PHP Echo dan Print

Kedua syntak ini fungsinya sama yaitu untuk mencetak nilai ke layar. Tetapi ada perbedaan, fungsi echo tidak mengembalikan nilai. Untuk fungsi print mengembalikan nilai 1 saat dilakukan eksekusi dan hanya bisa menggunakan satu parameter saja, jika lebih dari itu bisa terjadi error. Contohnya sebagai berikut:

<!DOCTYPE html>
<html>
<body>

<?php

echo “<h2>PHP is Fun!</h2>”;
print “I’m about to learn PHP!<br>”;

?>

</body>
</html>

Echo pada PHP
Echo pada PHP
  • PHP String

Tipe data dalam PHP yang isinya karakter, text atau bisa juga berupa kalimat.

  • PHP Integer

Tipe data dala PHP yang isinya angka bulat seperti 1, 10, 50, 100, 300, 600, 1000 dll.

  • PHP Float

Tipe data dalam PHP yang memiliki nilai decimal, contohnya 3,54 2,5 7,6 dll

  • PHP Boolean

Tipe data Boolean adalah tipe data yang hanya memiliki dua nilai saja, true dan false. Tipe data ini paling banyak digunakan untuk logika if else dan looping.

  • PHP Array

Array berbeda dengan tipe data lainnya, array adalah tipe data yang didalamnya berisi kumpulan dari berbagai tipe data.

Demikianlah pembahasan mengenai pemrograman web dengan PHP. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa membuka website belajar coding online, salah satunya untuk pemrograman web kami merekomendasikan di W3Schools.com.

Untuk keperluan dalam pembuatan website, Anda perlu membutuhkan layanan domain dan hosting. Untuk itu Anda bisa membeli domain murah dan hosting murah dari Qwords.com. Tidak perlu ragu lagi karena Qwords sudah berpengalaman dalam industri domain hosting dan kami berani memberikan jaminan garansi. Tunggu apalagi miliki website untuk keperluan bisnismu sekarang juga.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *