Bagi Anda yang sering berhubungan dengan server, mendengar kata FTP mungkin tidaklah asing. Saat ini penggunaan FTP dipakai untuk melakukan pertukaran data, pada umumnya banyak orang yang mengaku lebih mudah menggunakan FTP ketimbang menggunakan perangkat kabel atau fisik. Namun perlu diketahui bahwa FTP ini memiliki hubungan yang sangat erat dengan Telnet, penjelasan berikut ini diharap dapat memberi informasi mengenai apa saja hubungannya.

Apa Itu FTP?

Pengertian FTP
Pengertian FTP

Hubungan FTP dan Telnet sangat erat, Telnet dipakai untuk melakukan koneksi secara langsung atau indirect network, sementara FTP memakai koneksi yang tidak langsung. Terdapat dua jenis TCP/IP koneksi dan menjadi dua model utama yang dikenalkan. Koneksi yang tidak langsung memakai sumber daya dari remote-host pada sistem lokal.

Standar pertama kali dari FTP adalah RCF 114 keluaran tahun 1971, sebelum munculnya TCP dan IP dengan fungsi untuk mendefinisikan perintah dasar yang dipakai dalam sistem perencaan komunikasi bagi yang ingin menggunakan rancangan internet ini.

Apa itu FTP? FTP server adalah rancangan yang dipakai untuk membuat sambungan ke server internet tertentu, protocol pada FTP dipakai sebagai standar internet yang disusun oleh komite Internet Engineering Task Force (IETF), nantinya inilah yang dipakai sebagai serangkaian dokumen resmi RFC (Request for Comments), lantas apa fungsi dan kegunaan dari FTP ini?

Kegunaan FTP

FTP memiliki beberapa fungsi yang diandalkan banyak orang, salah satunya dipakai untuk mengunggah halaman web atau website ke dalam internet, proses pengunggahan halaman website ini dilakukan melalui web hosting. Lalu, FTP juga dapat dipakai untuk memperbarui revisi program pada aplikasi FTP, lebih dari itu berikut ini beberapa kegunaan dari FTP.

  • Melakukan proses upload halaman website ke internet melalui web server atau web hosting.
  • Mampu digunakan untuk menjelajah dan mengunduh file dari sebuah situs.
  • Mampu digunakan untuk mengirim file dengan ukuran besar, jika terlalu besar dapat dibagi menjadi dua partisi untuk lampiran di email.
  • Melakukan pengunduhan dan upload konten, misalnya seperti tugas kantor dan kuliah ke server FTP.
  • Melakukan pendistribusian revisi program, biasanya dilakukan oleh pengembang perangkat lunak.

Beberapa contoh di atas hanya sebagian contoh yang bisa digunakan menggunakan FTP, rancangan internet sangat bisa dimanfaatkan untuk melakukan tugas dan pekerjaan sehari-hari. Para pengguna bahkan dapat mengembangkan dan menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing para pengguna yang memakai akun FTP masing-masing.

FTP account adalah akun yang dipakai untuk melakukan transfer file dalam jumlah banyak dan besar, dengan menggunakan akun FTP ini Anda dapat lebih mudah dalam mengirim file tersebut. Nantinya Anda akan mendapatkan username dan password cPanel yang digunakan untuk melakukan login ke FTP.

Meski demikian, jika website tersebut dikelola oleh banyak orang, maka akan ada pembatasan akses dalam melakukan proses pengunduhan hingga pengiriman file. Dalam mempermudah penggunaan, terdapat FTP client yang berbentuk sebuah aplikasi, ini juga menjadi salah satu manfaat yang diberikan FTP.

Baca juga : Penjelasan Lengkap Tentang Web Server

Fungsi FTP

Beberapa fungsi yang dimiliki FTP adalah bisa didapatkan melalui FTP client berbentuk sebuah aplikasi yang banyak beredar di internet, FTP client adalah aplikasi yang salah satunya fungsinya bisa digunakan untuk melakukan remote FTP. Selain lengkap, aplikasi ini juga dapat digunakan dalam berbagai macam sistem operasi.

Sesuai dengan namanya FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol dengan fungsi FTP Client yang bisa digunakan dalam sistem operasi seperti Linux dan Windows, banyak sekali contoh aplikasi yang bisa ditemukan di internet. Berikut ini terdapat tiga contoh aplikasi FTP Client yang kerap diandalkan oleh banyak pengguna.

  • FileZilla

    FileZilla FTP
    FileZilla FTP

Memiliki fitur yang lengkap, FileZilla adalah salah satu FTP Client yang sering dipakai dalam proses koneksi remote FTP. Aplikasi ini juga mendukung beberapa sistem operasi terkenal seperti Linux dan Windows.

Kelebihan aplikasi ini adalah melakukan transisi simultan, ketika proses mengirim file tetapi koneksi terputus nantinya bisa diulang kembali. Meski demikian, FTP jenis ini memiliki kekurangan, yakni proses untuk mengunggah berkas membutuhkan waktu yang sangat lama. Untuk cara menggunakan FileZilla sudah dibahas pada artikel sebelumnya, silahkan dibuka.

  • WINSCP

    WINSCP FTP
    WINSCP FTP

Aplikasi FTP Client ini menjadi salah satu yang populer, terlebih bagi para pengguna Windows, beberapa yang masuk ditangani WinSCP diantaranya SFTP, SCP, FTP, dan WebDey. Keunggulan aplikasi ini adalah didukung dengan fitur SSH password, keyboard interaktif, public key hingga Otentikasi Kerberos.

Selain itu, aplikasi ini sudah terintegrasi dengan Pageant disertai dukungan penuh keontetikan kunci public dengan SSH, meski demikian tidak ada kelebihan tanpa kekurangan. Kekurangan yang dimiliki WINSCP, hanya dapat digunakan pada sistem operasi berbasis Windows.

  • GFTP

    GFTP Linux FTP
    GFTP Linux FTP

Berbeda dengan WINSCP, fungsi GFTP sebagai FTP adalah salah satu FTP Client yang dapat digunakan dan diterapkan pada sistem operasi Linux. GFTP merupakan proyek dengan sumber terbuka, artinya aplikasi ini dapat dikembangkan dan dipakai oleh siapapun.

Nah demikianlah pembahasan mengenai penjelasan lengkap tentang pengertian FTP dan fungsinya.  Jika masih ada pertanyaan silahkan tambahkan pada kolom komentar dibawah ini. Perlu diketahui pula bahwa Qwords selain menyajikan informasi-informasi tentang dunia IT, Qwords juga memiliki layanan Hosting Murah dengan spesifikasi yang mumpuni untuk keperluan website. Miliki hostingmu sekarang juga dengan layanan terbaik dari Qwords.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *