Pernahkah Anda mendengar atau mengetahui apa itu campaign? Sebagian besar dari Anda pasti belum mengetahuinya bukan dan mungkin hanya sebagian kecil yang sudah mengetahuinya. Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia marketing mungkin sudah mendengar apa itu campaign. Ya, campaign adalah isitlah yang erat dengan dunia marketing. Ulasan singkatnya dibawah ini.

Apa itu campaign?

Pengertian Dan Manfaat Campaign
Pengertian Dan Manfaat Campaign

Campaign atau marketing campaign merupakan salah satu cara dalam mempromosikan suatu produk atua jasa melalui berbagai macam media yang tidak sama misalnya radio, surat kabar atau Koran, televisi, atau platform online.

Ada juga yang mendefinisikan campaign atau marketing campaign adalah sebuah proses dari perencanaan, peningkatan, pengukuran, serta pelaksanaan akan suatu brand atau produk yang sedang Anda pasarkan.

Adanya campaign ini diharapkan bisa mendekatkan produk yang Anda buat dengan pelanggan atau konsumen. Dengan kata lain adanya campaign marketing ini bisa meningkatkan citra atau keunggulan akan suatu produk yang sedang Anda jadikan bisnis. Perencanaan yang dilakukan saat menjalankan campaign harus dilakukan secara sadar selain itu pegambilan keputusan juga dilakukan secara sadar.

Saat ini campaign yang ada bukan hanya berbentuk iklan saja namun juga bisa berupa demo akan suatu produk dari orang ke orang atau cara lainnya yang lebih kreatif. Pada dasarnya konsep dari compaign dirancanng dengan tujuan yang berbeda. salah satu tujuan adanya campaign adalah memperkenalkan produk yang masih baru, jika sudah ada produk yang dijual bisa meningkatkan daya jual, sealin itu meningkatkan brand yang ada, serta mengurangu berita yang tidak baik yang tersebar dari produk.

Adanya tujuan tersebut membutuhkan berbagai macam media agar tujuan tersebut bisa tercapai sehingga dapat menemukan teknik pemasaran campaign yang tepat. Karena dibutuhkan teknik marketing campaign yang efektif dan efisien untuk bisnis yang sedang dijalankan.

Manfaat campaign?

Market Strategi
Market Strategi

Setelah mengetahui campaign adalah sesuatu yang erat hubungannya dengan dunia marketing, akan dibahas mengenai manfaat campaign apa yang bisa Anda dapatkan ketika menjalankan campaign. Ada target bisa harus Anda dapatkan ketika menjalankan campign yaitu AIDA atau attention, interest, desire, and action. Namun selain itu ada manfaat yang bisa Anda dapatkan untuk marketing funnels yaitu:

1. Brand atau merk

Saat Anda menjalankan sautu bisnis yang berupa produk atua jasa maka membutuhkan sebuah brand atau merk sehingga mudah untuk dikenali di masyarakat. Brand yang diciptakan akan lebih baik jika mudah diingat dan mudah untuk diterima masyarakat terutama oleh target pasar. Saat menajalankan marketing campaign maka brand atau merk yang Anda buat akan menjadi lebih populer dan dikenal di masyarakat. Karena tujuan dari adanya marketing campaign adalah meningkatan citra dari brand yang Anda buat.

2. Leads

Setelah brand dari produk Anda itu meningkat citra dan kepopulerannya maka tahap selanjutnya adalah membuat para pelanggan atau konsumen yang tertarik untuk mengunjungi website dari produk Anda. Selain itu, pastikan bahwa di dalam website Anda itu ada informasi produk dengan jelas serta kalau bisa sertakan video demo produk dan lain sebagainya. Lakukan cara apapun dalam mempromosikan produk dengan menarik dan akhirnya konsumen membeli produk Anda.

3. Sales

Afiliasi Marketplace
Afiliasi Marketplace

Sales disini diartikan sebagai banyaknya penjualan yang telah dilakukan, saat leads meningkat maka sales juga akan meningkat. Saat leads sudah percaya akan produk yang Anda jual maka manfaatkan dengan sabaik mungkin dan jangan sampai membaut mereka kecewa.

4. Loyalty

Ketika brand yang Anda jual sudah mencapai tahap loyalty bukan berarti tugas Anda sudah selesai. Tahap selanjutnya yaitu mempertahankan atau meningkatkan brand yang sudah Anda buat. Bagaimanapun seiring berjalannya waktu kebutuhan sudah berbeda dan kita harus mengikuti keinginan konsumen. Saat pelanggan sudah percaya akan produk yang kita jual maka tugas kita adalah menjaga kepercayaan mereka dengan  menjual produk yang berkualitas.

Baca juga : Panduan Email Marketing Untuk Pemula

Cara menjalankan campaign?

Setelah kita tahu campaign adalah sesuatu yang memiliki banyak manfaat, pasti Anda ingin mengetahui bagaiman cara menjalankan campaign. Inilah cara menjalankan campaign yang bisa Anda lakukan:

1. Mengatur tujuan dan batasan dari marketing campaign

Menentukan tujuan yang ingin dicapai dari campaign merupakan hal yang utama yang harus dilakukan agar Anda tidak salah langkah. Selain itu, pastikan juga waktu yang dibutuhkan target pasar yang ingin Anda tuju dari produk yang Anda buat.

2. Menentukan batasan kesukesan

Batasan kesuksesan yang dimaksudkan adalah saat Anda sudah mencapai tujuan yang telah Anda buat maka campaign adalah sebaiknya dihentikan. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengevaluasi dari campaign yang telah lakukan selama ini. Mungkin dengan adanya evaluasi ini bisa menentukan target baru yang menyukai produk Anda dan melakukan campaign marketing baru dengan brand yang baru.

3. Mengatur dana campaign

Dana atau anggaran merupakan hal penting dalam campaign marketing. Kita harus mengatur anggaran pemasangan iklan di televis, di Koran dan media lainnya dengan teliti agar tidak terjadi kerugian. Selain itu, Anda juga bisa menjalankan campaign di platform gratis yang ada di media sosial.

Nah demikian pembahasan mengenai pengertian dan manfaat dari campaign. Untuk memaksimalkan campaign bisnis Anda bisa memanfaatkan layanan email marketing yang terbukti ampuh untuk meningkatkan konversi penjualan.

Strategi Email Marketing terbukti mengungguli campaign strategy lain seperti SEO, PPC dan Content Strategy. Kami memiliki rekomendasi layanan Email Marketing Murah dari MailToGo dengan harga bulanan yang murah. Tunggu apalagi gunakan email marketing untuk strategi campaign bisnis Anda.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *