Seiring perkembangan jaman, jenis usaha dan profesi kian beragam mengikuti permintaan konsumen. Ada yang menekuni usaha sebagai jasa web desain, jasa pengelolaan sosial media, dan lain sebagainya. Namun, tahukah Anda jjika ada beberapa usaha rumahan yang sejak dulu hingga sekarang masih banyak dibutuhkan?

Salah satu contohnya adalah usaha jahit baju dan cuci pakaian (Laundry). Pernahkan Anda berpikir untuk memiliki usaha menjahit di rumah?

Mungkin Anda belum pernah memikirkannya. Padahal, usaha rumahan ini termasuk salah satu usaha dengan permintaan pasar yang begitu besar, mulai dari permintaan menjahit seragam kantor, seragam bridesmaid, hingga seragam keluarga ketika lebaran.

Untuk memulai usaha jahit pakaian juga relatif mudah, yang Anda butuhkan hanyalah peralatan dan skill menjahit dasar. Peralatan menjahit bisa Anda beli. Skill menjahit pun bisa Anda kuasai dengan mengikuti kursus, baik yang gratis maupun berbayar. Malas keluar rumah? Anda pun bisa belajar secara otodidak melalui internet.

Peluang Usaha Menjahit

Peluang Usaha Rumahan yang Tidak Lekang Oleh Waktu
Peluang Usaha Rumahan yang Tidak Lekang Oleh Waktu

Jadi, seberapa besar peluang usaha menjahit ini? Untuk Anda yang mulai melirik bisnis ini ataupun untuk Anda yang masih ragu dengan prospek masa depan usaha ini, berikut kami berikan ulasan lengkapnya.

1. Modal yang terjangkau

modal usaha
modal usaha

Usaha menjahit tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Modal yang Anda butuhkan untuk memulai usaha ini relatif terjangkau, yaitu sekitar Rp5.000.000. Modal tersebut nantinya akan dibelikan mesin jahit baru dan perlengkapan jahit lainnya.

Jika anggaran Anda kurang dari itu, Anda masih tetap bisa membuka usaha menjahit. Anda bisa mengakalinya dengan membeli mesin jahit bekas yang harganya bisa separuh dari harga mesin jahit baru.

Untuk promosinya, Anda bisa menggunakan cara yang gratis. Misalnya promosi melalui sosial media di komunitas tertentu, promosi melalui mulut ke mulut atau melalui relasi Anda. Dengan demikian, modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

2. Banyak Permintaan

peluang usaha jahit baju
peluang usaha jahit baju

Membuka usaha rumahan jasa menjahit memiliki peluang yang sangat besar karena banyak permintaan. Tidak semua orang memiliki skill menjahit dengan baik dan tidak semua orang memiliki peralatan menjahit sehingga banyak orang yang membutuhkannya.

Jika Anda bisa menjahit berbagai macam pola pakaian, Anda bisa menerima order jahitan seragam dari berbagai instansi. Atau bisa juga mengkhususkan usaha Anda untuk menjahit dress atau pakaian pesta. Selama jahitan Anda rapi dan tepat waktu, dijamin dalam waktu singkat, Anda sudah balik modal dan mendapat pelanggan setia.

3. Bisa Mulai dengan Pola yang Sederhana

contoh pola jahit sederhana
contoh pola jahit sederhana

Jika Anda belum bisa menjahit dengan pola yang rumit, itu tidak jadi masalah. Anda bisa memulai dengan pola yang sederhana, misalnya menjahit hijab, gorden, sprei, dan sebagainya.

Yang paling penting, Anda memiliki kemauan untuk terus belajar dengan pola-pola yang lebih rumit. Dengan demikian, kemampuan Anda bisa bertambah dan Anda bisa mengerjakan pesanan jahit yang lebih banyak.

4. Keuntungan yang Menggiurkan

profit yang menggiurkan
profit yang menggiurkan

Anda bisa mendapatkan keuntungan berlipat dari usaha rumahan ini. Karena dikerjakan di rumah sendiri, Anda tidak perlu menyisihkan keuntungan untuk sewa ruko. Anda pun bisa mematok tarif sendiri untuk setiap jahitan yang Anda buat.

Misalnya, Anda mematok tarif Rp200.000 perjahitan. Jika Anda bisa mengerjakan 30 jahitan dalam satu bulan, Anda bisa memperoleh pendapatan kotor sebesar Rp6.000.000 per bulan. Jika tarif dan jumlah jahitan yang bisa Anda kerjakan lebih dari itu, tentu pendapatan Anda akan semakin besar.

5. Bisa Memproduksi Pakaian Untuk Dijual Kembali

jual pakaian hasil rancangan sendiri
jual pakaian hasil rancangan sendiri

Kalau jahitan sedang sepi, Anda bisa menjahit pakaian untuk dijual kembali. Anda bisa memproduksi hijab, blouse, dress, dan sebagainya sesuai dengan permintaan pasar. Jadi, meskipun permintaan untuk jasa menjahit sedang sepi, Anda tetap memperoleh pemasukan dari pakaian-pakaian yang Anda produksi sendiri.

 

Penutup

 

Bagaimana? Tertarik untuk menggeluti usaha ini? Tidak hanya menawarkan keuntungan yang menggiurkan, usaha rumahan jasa menjahit ini juga menjadi salah satu usaha yang tidak lekang waktu.

Terlebih lagi, modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar yang penting Anda memiliki skill menjahit yang baik sehingga hasilnya rapi dan memuaskan.

Nah, untuk mempromosikan jasa menjahit pakaian agar lebih dikenal, Anda bisa memanfaatkan sosial media dan website sebagai upaya menarik pelanggan. Bikin website Anda semakin kredibel dengan ekstensi nama domain .COM atau .ID.

Selain itu, gunakan juga paket Cloud Hosting Indonesia dari Qwords.com yang sudah dilengkapi fitur Unmetered bandwidth, Ultrafast SSD, dan Litespeed API. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *