Contoh Peluang Usaha di Desa (Online dan Offline)

3 min read

peluang usaha di desa

Ada banyak sekali peluang usaha di desa yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Mulai dari bisnis kuliner, usaha peternakan, budidaya tanaman, hingga industri kreatif yang ditopang dengan infrastruktur digital.

Selain alasan kedekatan dengan kampung halaman, kelebihan lain yang bisa didapatkan ketika menekuni usaha di daerah pedesaan adalah ketersediaan lahan strategis serta masih minimnya tingkat persaingan.

Baca juga: Contoh Usaha Mikro 

Nah, bagi sahabat Qwords yang saat ini berencana untuk memulai usaha di desa, tidak ada salahnya untuk membaca artikel ulasan terkait contoh peluang usaha di desa berikut ini.

 

Contoh Peluang Usaha di Desa Secara Offline

contoh peluang usaha di desa
contoh peluang usaha di desa

1.Angkringan Wifi

Angkringan merupakan sebutan untuk warung makan khas Jogja yang biasa menggunakan tenda terpal di pinggir jalan, dengan berbagai minuman khas dan makanan serba murah. Kehadiran angkringan sangat identik dengan kawasan pedesaan karena biasanya para penjual menggunakan penerangan tradisional atau lampu listrik yang tidak terlalu terang.

Jika dibandingkan dengan warung burjo atau warteg, angkringan mempunyai ciri khas tersendiri sehingga mampu menarik minat banyak orang. Terlebih jika pemiliknya ramah dan sudah menyediakan wifi sebagai pelengkap ketika ngobrol dengan sesama pengunjung.

Inovasi ini sangat cocok diterapkan di daerah pedesaan, mengingat masih jarang akses wifi gratis serta kebutuhan sosialisasi yang tidak bisa dipisahkan dari rutinitas sosial.

Menariknya, untuk membuka angkringan wifi juga tidak perlu menyiapkan banyak modal, sahabat Qwords cukup membeli aplikasi wifi (Mifi) portable yang bisa diisi sim card berbagai operator. Soal kualitas jaringan, mifi saat ini sudah bisa mengakomodir hingga 10 pengguna dengan kecepatan internet tergantung pada sinyal layanan operator yang digunakan.

2.Rental PlayStation

rental playstation
rental playstation

Siapa sih yang tidak suka main game? Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa pastinya memiliki hobi bermain game menggunakan smartphone maupun game konsol. Alhasil, bisnis seperti rental playstation menjadi peluang usaha di desa yang cukup menjanjikan.

Sayangnya, untuk memulai usaha ini diperlukan modal yang lumayan besar. Mulai dari pengadaan konsol PlayStation, monitor, biaya listrik, lisensi game, hingga sewa tempat. Akan tetapi, secara profit bisnis ini masih minim saingan sehingga peluang balik modal pun akan semakin cepat.

3.Penjahit Pakaian

Dari jaman dulu sampai sekarang, peluang usaha sebagai penjahit pakaian sangat banyak dibutuhkan. Ya, usaha ini memang tidak pandang tempat, karena baik di daerah pedesaan maupun di perkotaan skill menjahit akan selalu dibutuhkan.

4.Hidroponik

Usaha hidroponik belakangan ini semakin digemari oleh masyarakat Indonesia. Terlebih di tengah pandemi virus corona COVID-19 seperti sekarang ini dimana pemerintah menghimbau untuk membatasi aktivitas berkerumun seperti di pasar atau pusat perbelanjaan.

Hidroponik menjadi solusi kebutuhan sayuran untuk konsumsi sehari-hari, jika produksinya berlebihan, hasilnya juga bisa dijual kepada tetangga sekitar yang membutuhkan.

5.Sewa Kamera

Jika Anda bingung mencari ide peluang usaha di desa, maka bisnis sewa kamera bisa dijadikan sebagai salah satu opsi untuk Anda. Prospek usaha sewa kamera kedepannya bakal semakin cerah mengingat banyak orang membutuhkan konten yang bagus untuk diunggah di media sosial.

Menariknya, di daerah pedesaan usaha sewa kamera masih sangat terbatas karena tidak banyak orang yang paham kamera sekaligus memiliki modal besar. Bagaimana? Tertarik untuk menekuni bisnis ini?

6.Bimbingan Belajar

Bimbingan belajar adalah salah satu peluang usaha di desa yang saat ini banyak dibutuhkan. Terutama di tengah pandemi seperti sekarang dimana anak-anak sekolah diliburkan dan disuruh belajar secara mandiri.

Baca juga: Rekomendasi Usaha Rumahan di Tengah Pandemi Covid-19

Banyak orang tua yang merasa kesulitan untuk membimbing anak mereka memahami materi pelajaran, alhasil jasa bimbingan belajar secara privat atau berkelompok dijadikan sebagai pilihan yang paling tepat.

 

Contoh Peluang Usaha di Desa Secara Online

peluang usaha di desa
peluang usaha di desa

1.Jasa Pembuatan Website

Website adalah salah satu sarana promosi dan pemasaran yang sangat powerful di era digital. Dengan memiliki website sebuah bisnis atau usaha di daerah pedesaan bisa dengan mudah menjangkau calon konsumen dari seluruh dunia. Maka dari itu, jasa pembuatan website yang mudah dan terpercaya menjadi incaran banyak orang yang ingin usaha mereka semakin berkembang.

Anda bisa memulai usaha jasa pembuatan website secara mandiri atau perorangan dengan klien dari usaha kecil, mikro dan menengah. Tips dari kami, usahakan untuk mematok harga yang tidak terlalu mahal karena pengusaha di desa biasanya memiliki keterbatasan modal.

Baca juga: Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Murah

Dengan membuka jasa pembuatan website, Anda juga bisa mendapatkan klien dari seluruh dunia meskipun bekerja dari desa. Sangat menarik bukan?

 

2.Jasa Desain Grafis

desain grafis
desain grafis

Ada banyak peluang bagi desainer grafis meski tinggal di desa. Penulis sendiri memiliki teman yang rumahnya berada di pelosok Gunungkidul, dimana akses ke rumah tinggal dari kota sangat susah meski sudah ada listrik dan pipa-pipa PDAM sebagai sumber distribusi air.

Kendati demikian, profesinya adalah seorang desainer grafis yang setiap hari menghasilkan logo, banner, icon, dan ilustrasi untuk perusahaan-perusahaan Internasional. Ya, di jaman yang serba digital seperti sekarang bekerja memang bisa dari mana saja asalkan punya skill dan akses untuk terhubung ke internet.

 

3.Reseller Pakaian Online

Usaha ini bisa dibilang mirip dengan online shop. Namun, untuk memulai usaha sebagai reseller pakaian online Anda tidak memerlukan karyawan untuk produksi barang. Sebagai reseller, biasanya Anda tinggal mengambil barang dengan harga grosir dari produsen, kemudian produk pakaian yang sudah dibayar bisa dijual kembali dengan harga baru yang sudah ditambahkan dengan margin keuntungan.

 

4.Penulis Artikel / Content Writer

Selain reseller pakaian online dan jasa pembuatan website, content writer menjadi peluang usaha di desa yang sangat menjanjikan. Dalam beberapa tahun terakhir bisnis ini sudah semakin berkembang pesat dan banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan multinasional.

Tugas content writer atau penulis artikel adalah menulis konten untuk blog, website, email, dan caption di media sosial. Selain menyenangkan, pekerjaan ini juga bisa menjadi penghilang stress karena kita bebas mengekspresikan pemikiran ke banyak orang melalui tulisan.

 

Usaha Apa Yang Ingin Anda Jalankan?

Itulah beberapa contoh peluang usaha di desa secara online maupun offline. Menjalankan usaha di daerah pedesaan memang memiliki kelebihan dari segi tingkat persaingan. Namun, Anda juga harus bekerja ekstra keras agar bisnis bisa cepat berkembang.

Cobalah untuk memanfaatkan tools-tools digital, seperti Facebook Ads atau Google My Business sebagai media pemasaran. Jangan lupa juga untuk membuat website profesional menggunakan Hosting Terbaik dan nama domain TLD dari Qwords.com yang bisa didapatkan mulai dari Rp 20 ribuan per bulan.

Terlepas dari itu, apapun bisnis yang Anda jalankan, faktor yang paling penting adalah tekad dan kemauan. Jadi pastikan Anda sudah memilikinya ya!

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *