Ada banyak peluang usaha di sekitar kita yang bisa dijadikan sebagai sumber pendapatan. Salah satunya yakni peluang bisnis jual beli domain unik. Sebagaimana kita ketahui, saat ini nama domain menjadi alat yang cukup ampuh untuk mengakomodir branding online sebuah perusahaan, baik yang sudah established maupun yang masih bersifat rintisan.

Nama domain akan terus dibutuhkan oleh banyak orang. Pasalnya, setiap usaha yang ingin membuat website bisa dipastikan bakal membutuhkan domain sebagai pengganti IP Address untuk memudahkan konsumen dalam mengakses konten.

Usaha jual beli nama domain pun bisa menjadi pilihan terbaik jika Anda sedang mencari model bisnis minim investasi. Karena meski sudah banyak pemain profesional yang terjun di bisnis ini namun setiap tahun selalu ada saja celah baru seiring permintaan website yang semakin tinggi.

Berdasarkan data harga domain saat ini, untuk bisa memulai investasi nama domain Anda hanya membutuhkan modal ratusan ribu rupiah saja. Sementara potensi keuntungan yang bisa diperleh bisa mencapai jutaan rupiah atau bahkan puluhan juta, tergantung kejelian Anda dalam menjual nama domain kepada orang yang tepat.

Trend Jual-Beli Domain di Indonesia

Menilik Peluang Bisnis Jual Beli Nama Domain Unik
Menilik Peluang Bisnis Jual Beli Nama Domain Unik

Di Tanah Air, pasar bisnis jual beli domain sendiri sudah terbentuk cukup lama. Terutama seiring perkembangan startup digital dan infrastrutur internet yang semakin meluas ke berbagai daerah di Indonesia.

Peluang Bisnis Jual Beli Nama Domain Unik

 

Sebelum memulai bisnis jual beli domain, hal pertama yang harus Anda kuasai adalah skill mendapatkan nama domain unik. Lalu, apa sih nama domain unik itu? Bagaimana ciri-ciri dan cara menemukannya?

Apa Itu Nama Domain?

Apa Itu Domain Inilah Pengertian dan Contoh Ekstensi Domain Untuk Website
Apa Itu Domain Inilah Pengertian dan Contoh Ekstensi Domain Untuk Website

Berdasarkan laman wikipedia, Domain adalah istilah yang dipakai untuk mnyebut suatu alamat website yang terdiri dari huruf, angka, dan simbol tertentu. Nama domain bersifat unik dan hanya ada satu di seluruh dunia, jadi Anda tidak akan pernah menemukan nama domain yang sama.

Lantas, bagaimana dengan cara menentukan nama domain unik?

Unik merupakan kata sifat yang bisa diartikan berbeda-beda. Jadi, definisi nama domain unik di sini bisa dikategorikan dalam berbagai macam selera. Para pemburu domain unik biasanya memiliki patokan umum yang digunakan. Misalnya seperti memiliki kata pendek, terdiri dari 4-7 karakter, tidak menggunakan tanda hubung dash (-), mencerminkan nama brand, atau mudah dingat.

Contoh Nama Domain Unik

macam-macam domain
macam-macam domain

Berikut ini merupkan beberapa contoh nama domain unik yang bisa Anda jadikan sebagai patokan atau referensi untuk belajar.

  1. Hotels.com

Nama domain hotels.com berhasil terjual Rp143 miliar pada tahun 2001 silam. Memiliki nama domain ini tentu bisa meningkatkan pendapatan bagi pemilik hotel atau agen wisata guna menyasar orang-orang yang sedang liburan.

  1. Insure.com

Insure.com belum lama dibeli dengan harga sekitar Rp208 miliar. Nama domain yang mencerminkan lini bisnis asuransi ini dianggap QuinStreet layak dijadikan sebagai investasi sehingga mereka membelinya pada tahun 2009 dengan harga berkali-kali lipat dari harga normal.

  1. LasVegas.com

Beruntunglah bagi Anda yang bisa menemukan nama domain dengan kata kunci nama sebuah kota. Pemilik domain LasVegas.com menjadi contoh nyata kesuksesan dari dunia maya setelah berhasil menjual domain tersebut seharga USD90 juta (sekitar Rp1,17 triliun) pada tahun 2005.

 

Cara Bisnis Jual Beli Nama Domain

 

Hampir sama seperti bisnis online pada umumnya, selain memerlukan kegigihan dan usaha ekstra Anda juga wajib memiliki faktor keberuntungan untuk bisa sukses di ranah dunia maya.

Komponen pertama yang perlu diperhatikan ketika memulai bisnis jual beli nama domain adalah menemukan registrar domain terpercaya. Di Indonesia, ada banyak registrar domain yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan utama, salah satunya yakni Qwords.com yang menyediakan pilihan hingga 500+ ekstensi nama domain dengn harga kompettif dikelasnya.

Kedua, Anda harus jeli dalam melihat peluang. Hal ini sangat dibutuhkan untuk bisa menemukan nama domain unik yang diincar banyak orang. Contohnya, ketika masa awal peluncuran domain .ID beberapa tahun lalu, banyak orang langsung memborong nama domain unik satu kata. Selain itu, momen pemilihan presiden biasanya juga menjadi lahan favorit bagi para pemburu domain.

Trakhir, agar bisa mendapatkan harga maksimal maka Anda harus bisa menemukan pembeli yang tepat. Sistem penjualan nama domain premium sendiri bisa dilakukan via marketplace lelang domain atau ditawarkan secara langsung kepada end user, Anda bisa memilih salah satu atau kedua-duanya.

Jadi, bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menekuni bisnis online jual beli domain unik ini? Jika tertarik, Anda bisa mulai dengan membuat akun di portal Qwords.com agar semakin memudahkan dalam berburu nama domain yang menurut Anda bakal banyak dicari atau sekadar layak dijadikan sebagai koleksi.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *