Mengenal Iklan Pay Per Click dan Keuntungannya Untuk Bisnis

2 min read

Mengenal Iklan Pay Per Click dan Keuntungannya Untuk Bisnis

Promosi bisnis melalui jejaring internet sangat efektif untuk meningkatkan penjualan produk dan jasa. Namun, bagaimana caranya? Dalam strategi marketing di internet, Pay Per Click (PPC) termasuk salah satu cara terbaik.

Di sisi lain, PPC juga ternyata membangun simbiosis mutualisme yang menguntungkan bagi pihak penerbit iklan seperti pemilik situs dan blog. Profit yang didapatkan bisa mencapai nominal luar biasa.

Untuk memahaminya lebih dalam, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

 

Apa Itu Pay Per Click (PPC)

Mengenal Iklan Pay Per Click dan Keuntungannya Untuk Bisnis
Mengenal Iklan Pay Per Click dan Keuntungannya Untuk Bisnis

PPC dapat didefinisikan dari dua sudut pandang. Dari sisi pebisnis, PPC adalah strategi periklanan digital melalui situs, blog dan media sosial agar calon konsumen mau mengunjungi situs penjualan milik sang pebisnis.

Dari sisi publisher iklan, PPC adalah sumber pemasukan yang menguntungkan. Semakin banyak jumlah klik PPC yang dikunjungi, semakin besar pula komisi yang diperolehnya.

Baca juga: Mengenal Jenis Iklan Serta Contohnya Secara Lengkap

Berikut jenis jenis pay per click berdasarkan tampilannya.

1.Search Advertising

Tampilannya berupa barisan tulisan iklan di mesin pencarian Google yang ditandai dengan logo Ad. Iklan yang tampil tentunya telah disesuaikan dengan produk atau jasa yang Anda ketik di awal.

2.Social Advertising

Iklan biasa tampil di media sosial yang Anda gunakan, seperti Facebook, Twitter, Instagram dan YouTube. Ada keterangan berupa tulisan “shop now” atau “click link” untuk memudahkan pengguna mencari info lebih lanjut.

3.Google Shopping

Saat mengetik pencarian produk di Google, Anda akan menemukan deretan kotak yang menampilkan gambar, nama dan harga produk. Itulah tampilan Google Shopping.

4.Remarketing

Iklan yang tampil di situs yang Anda kunjungi, muncul kembali di situs lain dan bahkan di feed media sosial. Remarketing bertujuan mengingatkan Anda untuk kembali mengunjungi situs pemilik iklan tersebut.

5.Display Advertising

Iklan akan tampil di semua situs partner Google. Target konsumen dapat diatur pada iklan ini.

 

Strategi Marketing Pay Per Click

Strategi marketing
Strategi marketing

Memasang iklan marketing di internet berbeda dari iklan di media promosi biasanya. Pay per click Google Adsense menggunakan sistem lelang iklan.

Pihak pengiklan akan melakukan bid (penawaran) harga untuk kata kunci yang paling relevan dengan bisnis miliknya. Kemudian, mesin pencarian Google akan menampilkan produk atau jasa tersebut di halaman awal paling atas.

Optimalisasi strategi PPC ini tergantung pada besaran bid yang ditawarkan. Jika nominal semakin tinggi, pemasangan iklan tersebut akan lebih diutamakan.

Google juga akan memperhatikan kualitas promosi dan situs penjualan dari sang pengiklan. Jika relevan dan tervalidasi dengan baik, Google akan konsisten memasang kampanye bisnis.

Mempertimbangkan PPC dibayar per satu klik, penting agar pebisnis mendapatkan kata kunci yang tepat dengan harga terjangkau. Pastikan biaya PPC tidak lebih tinggi dibandingkan besaran transaksi yang diperoleh.

 

Keuntungan Menggunakan Pay Per Click

iklan Pay Per Click Google Adsense
iklan Pay Per Click Google Adsense

PPC tidak dipaksakan untuk digunakan. Tapi, PPC punya manfaat lebih yang menguntungkan pebisnis.

1.Target Konsumen Jelas

Dengan memasang iklan PPC, pebisnis akan mendapatkan konsumen yang sesuai dengan targetnya. Kriteria konsumen jadi lebih relevan dengan produk dan jasa yang ditawarkan.

2.Efisiensi Anggaran

Anggaran pemasangan iklan jadi lebih efisien karena dapat disesuaikan dengan bujet iklah harian atau bulanan. Jika PPC membawa dampak positif, tambahkan anggaran agar iklan semakin sering muncul.

3.ROI Lebih Maksimal

Return on investment (ROI) lebih besar karena PPC hanya akan mendatangkan konsumen yang berpotensi untuk membeli produk atau jasa tertentu. Semakin aktif terjadi transaksi pembelian, ROI otomatis akan semakin tinggi.

4.Optimalisasi Strategi SEO

PPC membantu menaikkan SEO situs pebisnis menjadi yang teratas secara instan. Selain itu, PPC juga menjadi sarana untuk mencari kata kunci yang mampu mendatangkan lebih banyak pengguna situs secara organik.

Baca juga: Tips Penempatan Iklan Google Adsense Paling Efektif

 

Pay Per Click Terbaik

Iklan Google Adsense
Iklan Google Adsense

Seperti disebutkan di bahasan awal, bisnis PPC juga memberi profit besar bagi penerbit iklan. Berikut beberapa situs pay per click yang terbukti membayar mahal untuk satu kali klik pengunjung.

1.Google Adsense

Dengan syarat dan ketentuan yang cukup rumit, blogger pemula akan sulit mendaftarkan diri di Google Adsense. Namun, Google berani membayar mahal hingga jutaan rupiah untuk tiap satu klik iklan PPC.

2.Media.net

Situs PPC ini merupakan bentukan dari Yahoo dan Bing. Komisi yang diperoleh dibayarkan untuk satu klik yaitu sekitar $0,1. Dengan nominal cukup tersebut, Media.net cukup populer disasar oleh kalangan blogger.

3.MGID

Inilah situs PPC alternatif Google Adsense yang terkenal dikalangan blogger Indonesia. Untuk besaran komisi MGID tergolong tinggi di antara situs PPC lokal lainnya.

 

Kesimpulan

 

PPC terbukti efektif dalam meningkatkan brand awareness bagi pebisnis pemula. Selain itu, PPC juga membuka peluang monetisasi bagi penggiat blog. Manfaatkan segera sistem iklan pay per click sehingga bisnis dan blog Anda semakin sukses.

Adapun untuk mengantisipasi traffic membludak akibat banyaknya aktivitas direct klik, Anda bisa menggunakan paket Business Cloud Hosting dari Qwords.com yang memiliki kapasitas penyimpanan besar serta teknologi kekinian.

Bagaimana menurut Anda? Tertarik untuk mencoba?

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *