5 Tips Menemukan Pekerjaan Sesuai Passion

3 min read

passion adalah

Beberapa waktu lalu, ada thread viral di media sosial yang menyebut bahwa bekerja sesuai passion tidak bisa menghasilkan uang lebih banyak bagi pemula. Tentu ada pro dan kontra yang timbul bila seseorang memilih pekerjaan yang paling disukai. Namun, apakah pernyataan tersebut benar adanya?

Apa itu passion dan pengaruhnya dalam produktivitas seseorang? Passion adalah perasaan dan kenyamanan seseorang terhadap sesuatu yang disukai dalam hidup. Jika sahabat Qwords sudah berhasil menemukan passion dalam pekerjaan, maka sejatinya kesuksesan sudah menunggu Anda beberapa tahun mendatang.

Apa Itu Passion?

passion adalah
passion adalah

Passion adalah sebuah deklarasi yang tidak hanya dilakukan karena sedang trending di lingkungan sekitar. Ada proses panjang untuk bisa menemukan passion yang bisa bertahan dalam hitungan tahun, karena butuh kesabaran serta kecintaan yang mendalam terhadap suatu pekerjaan.

Baca juga: 15+ Pekerjaan Bidang IT Paling Dicari & Menjanjikan

Bekerja sesuai passion merupakan impian semua orang yang ada di dunia ini. Namun, menemukan pekerjaan yang sesuai keinginan pada kenyataannya bukanlah perkara gampang.

Apalagi ada banyak pesaing yang menginginkan pekerjaan yang sama. Jadi tak heran bila persaingan di era digital semakin ketat dan menantang bagi generasi milenial. Nah, supaya Anda bisa bekerja lebih optimal, sebaiknya ketahui 5 cara menemukan passion dalam pekerjaan yang sudah kami rangkum berikut ini.

Menemukan Passion dalam Pekerjaan

Apa Itu Passion
Apa Itu Passion

1.Menggali Informasi

Hal penting dalam menemukan pekerjaan yang sesuai passion adalah tidak terburu-buru. Anda perlu otak yang dingin dalam memecahkan sebuah masalah termasuk memilih pekerjaan yang pas. Lakukan riset dan gali informasi lebih banyak di internet atau media cetak untuk mendapatkan informasi pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dalam diri Anda masing-masing.

Kalau perlu ikuti seminar dan diskusi yang membahas tentang pengalaman di bidang pekerjaan yang Anda cari. Hal ini akan banyak membantu ketika nantinya sahabat Qwords merasa stuck dan butuh inspirasi.

2.Mempertimbangkan Keinginan Diri

Jika sahabat Qwords suka menulis, maka bisa memilih profesi penulis yang akan membuat Anda bekerja sesuai passion. Jangan tergoda memilih pekerjaan hanya karena pengaruh atau sugesti dari orang lain.

Tentu Anda memang harus mempertimbangkan gaji atau bayaran yang didapatkan dari profesi impian tersebut. Ada orang yang mengesampingkan passion demi gaji yang sesuai dengan kebutuhan hidup kekinian. Namun, Anda yang tidak merasa cocok dengan kualifikasi pekerjaan, kenapa harus bertahan?

3.Memikirkan Kenyamanan

Memang Anda bisa menghasilkan gaji yang dua kali lipat lebih besar, tapi tuntutan tinggi yang menekan perasaan bisa membuat stress meningkat lebih pesat. Cara menemukan passion dalam pekerjaan adalah memikirkan keuntungan dan kenyamanan diri sendiri.

Coba saja Anda lakukan evaluasi, apakah Anda nyaman berada di lingkungan kerja tersebut atau merasa under pressure! Memiliki passion dalam pekerjaan akan membuat skill lebih produktif dan karir bisa menanjak lebih cepat dibandingkan dengan kondisi kerja yang penuh tekanan.

4.Fokus Bekerja Sesuai Passion

Segala sesuatu yang Anda cintai akan menghasilkan karya yang luar biasa. Meski bukan hari ini, Anda bisa mendapatkan keuntungan dikemudian hari. Ada jalan berliku yang harus Anda lalui demi mendapatkan pekerjaan yang sesuai impian tersebut. Tidak perlu risau, karena Anda hanya perlu fokus pada kemampuan diri sendiri dan memaksimalkan potensi dengan sebaik mungkin.

Saat Anda mencintai pekerjaan sesuai passion, maka Anda merasa tengah menjalankan hobi bukan sekadar bekerja saja. Risiko stress yang mendera para pekerja sesuai passion lebih minim, alih-alih pekerja yang hanya bekerja untuk menghasilkan uang semata.

Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak karyawan atau pekerja kantoran yang sudah mapan tapi memutuskan untuk resign di tengah jalan. Mereka adalah contoh orang-orang yang memiliki keinginan tinggi untuk mengejar life balance di kehidupan yang hanya satu kali ini.

Ingat, bukankah semua itu tidak ada yang abadi? Bahkan sekelas CEO atau pegawai tetap pun masih bisa disingkirkan sewaktu-waktu oleh perusahaan. Karena posisi setiap orang yang dengan mudah bisa tergantikan.

5.Bersyukur

Trik menikmati kehidupan yang sesuai passion adalah bersyukur. Jika Anda memang belum bisa bekerja dengan passion, maka syukuri kondisi tersebut. Jangan menyerah untuk mencari informasi lebih banyak agar Anda bisa mencoba hal baru yang berkaitan dengan passion.

Pekerjaan yang Anda rintis sesuai passion akan menghasilkan keuntungan finansial dan kenyamanan di kemudian hari, asal Anda tidak menyerah dengan keadaan tersebut.

Baca juga: 6 Plugin Website Lowongan Kerja Terbaik

Kini Anda tidak perlu bingung mencari apa itu passion dalam pekerjaan, bukan? Yuk, gali potensi dalam diri sendiri agar Anda merasakan kenyamanan dalam bekerja! Karena bekerja sesuai dengan hati bisa menghasilkan produktivitas kerja yang lebih tinggi.

Selain itu, Anda juga akan menjadi pribadi yang selalu menghasilkan hal-hal baru sebab bekerja sesuai passion tidak ada limitasi yang membatasi diri.

Mengejar Passion di Era Digital

cara menemukan passion
cara menemukan passion

Sebagai generasi millenial, sebenarnya sahabat Qwords memiliki peluang besar untuk bisa hidup dan bekerja sesuai passion. Pasalnya, saat ini sudah tersedia banyak platform digital yang bisa digunakan untuk “menjual skill dan kemampuan diri”.  Salah satu contohnya adalah Raditya Dika yang berhasil menjadi penulis buku, comica, serta sutradara berkat passion menulis cerita di blog pribadinya.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera kejar passionmu dengan memanfaatkan website dan sosial media. Qwords.com siap menjadi partner untuk mengoptimalkan personal branding Anda dengan menghadirkan paket hosting murah gratis domain, yang bisa didapatkan mulai dari Rp 60 ribuan perbulan. Sangat menarik, bukan?

Semoga bermanfaat.

2 Replies to “5 Tips Menemukan Pekerjaan Sesuai Passion”

  1. Wah, admin fansnya Radit ya? aku tau tuh blognya Raditya dika, namanya kambingjantan.com.

    1. Hanya contoh saja kak blog yang sudah terkenal biar ssemuanya tahu.
      Jangan lupa kalau butuh domain hosting bisa pesan di Qwords ya.
      Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *