WhatsApp adalah sebuah media komunikasi yang telah banyak digunakan saat ini. Selain dapat digunakan pada perangkat ponsel pintar, aplikasi ini juga dapat digunakan pada laptop atau PC dengan fitur WhatsApp Web. WhatsApp Web bekerja dengan menghubungkan akun WhatsApp yang terdapat pada ponsel dengan perangkat komputer atau laptop. Terdapat beberapa panduan WhatsApp Web yang dapat Anda coba.

Cara Menggunakan WhatsApp Web

Cara Menggunakan WhatsApp Web Via Laptop Atau PC
Cara Menggunakan WhatsApp Web Via Laptop Atau PC

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa WhatsApp juga dapat digunakan pada perangkat PC maupun laptop. Dengan fitur-fitur yang sama, WhatsApp Web tentunya mempermudah pemakaian WhatsApp jika Anda sedang melakukan kegiatan dengan laptop atau PC. Untuk memudahkan Anda, terdapat beberapa panduan dalam menggunakan WhatsApp, berikut adalah beberapa di antaranya.

Baca juga: Cara Membuat Link WhatsApp Langsung Ke Chat Pribadi

Menggunakan WhatsApp Web dengan PC atau Laptop

cara menggunakan whatsapp di PC
cara menggunakan whatsapp di PC

WhatsApp Web dapat digunakan jika Anda sedang sibuk bekerja dan tidak memiliki waktu untuk membalas pesan melalui perangkat ponsel. Anda dapat membalas pesan tersebut melalui perangkat PC atau laptop sembari Anda melakukan pekerjaan. Berikut adalah panduan untuk dapat membuka WhatsApp Web pada PC atau laptop.

 

1. Anda dapat masuk ke halaman browser dan membuka situs web.whatsapp.com. Pastikan terlebih dahulu bahwa perangkat ponsel dan komputer yang Anda gunakan telah terkoneksi dengan internet.

2.Setelah membuka situs tersebut, akan terdapat QR Code pada layar PC atau Laptop Anda.

3. Langkah selanjutnya, Anda harus membuka aplikasi WhatsApp pada ponsel kemudian memilih tab ikon titik tiga pada bagian kanan atas, lalu pilih “WhatsApp Web”.

4. Lakukan pemindaian QR Code ke arah layar laptop atau PC

5. Setelah berhasil, Anda akan melihat tampilan WhatsApp yang anda miliki pada perangkat laptop atau PC yang Anda gunakan.

Kecepatan dalam membuka WhatsApp Web pada PC atau laptop akan menyesuaikan kecepatan koneksi internet yang sedang Anda gunakan. Kemungkinan Anda tidak bisa masuk ke WhatsApp Web dapat terjadi jika koneksi internet yang sedang Anda gunakan buruk.

 

Menggunakan WhatsApp Web dengan Ponsel Android

 

Walaupun WhatsApp Web dirancang untuk digunakan pada perangkat Laptop atau PC, Anda dapat mengakalinya untuk menggunakan WhatsApp Web pada perangkat ponsel. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuka satu akun WhatsApp di dalam dua ponsel yang berbeda. Berikut adalah panduan menggunakan WhatsApp Web dengan ponsel Android.

Baca juga: Cara Membuat Chat WhatsApp Di WordPress Dengan Mudah

1. Buka terlebih dahulu web browser Google Chrome yang terdapat pada ponsel Anda.\

2. Pada bagian kanan atas terdapat ikon titik tiga, tab ikon tersebut.

3. Setelah itu Anda dapat mengubah tampilan browser yang sebelumnya versi mobile menjadi versi dekstop dengan menggulirkan layar ke bawah hingga terdapat pilihan “Desktop Site” dan centang di kotak kecil di samping pilihan tersebut.

4. Lalu Anda dapat membuka situs WhatsApp Web pada web.whatsapp.com.

5. Setelah itu lakukan pemindaian QR Code yang muncul pada ponsel yang digunakan untuk membuka WhatsApp Web.

Menggunakan WhatsApp pada PC atau Laptop tanpa Membuka Browser

 

Untuk panduan WhatsApp Web cara ini, Anda perlu mengunduh aplikasi WhatsApp Web terlebih dahulu di situs resmi WhatsApp. Berikut adalah panduan untuk mengunduh aplikasi WhatsApp pada laptop atau PC Anda.

1. Anda perlu membuka situs resmi WhatsApp melalui web browser di web.whatsapp.com.

2. Sebelum mulai mengunduh, sesuaikan aplikasi dengan operasi sistem di perangkat laptop atau PC Anda. Terdapat dua variasi WhatsApp yang dapat Anda gunakan, yaitu variasi Windows dan Mac.

3. Tab Download dan tunggu hingga aplikasi berhasil terunduh. Untuk cara login pada aplikasi WhatsApp Web tidak jauh berbeda dengan aplikasi WhatsApp pada perangkat ponsel.

 

Cara Keluar dari Akun WhatsApp Web

Anda harus melakukan “logout” pada laptop atau PC yang Anda gunakan untuk membuka WhatsApp Web. Terlebih jika Anda membuka WhatsApp web melalui laptop atau PC publik yang akan digunakan banyak orang setelah Anda memakainya. Untuk mencegah terjadinya pembajakan, berikut adalah panduan untuk keluar dari akun WhatsApp yang ada pada PC Anda.

1. Pada tampilan WhatsApp Web terdapat simbol tiga titik pada bagian kiri atas layar, tab simbol tersebut.

2. Lalu terdapat pilihan “Log Out” pada bagian bawah, tab pilihan tersebut.

3. Jika berhasil, berarti Anda telah Log Out dari akun WhatsApp Web pada laptop atau PC yang Anda gunakan.

Keuntungan Menggunakan WhatsApp Web

WhatsApp Web juga memiliki beberapa keuntungan jika dibandingkan dengan aplikasi WhatsApp pada ponsel, yaitu.

Menghemat Waktu

Banyak pengusaha menggunakan WhatsApp sebagai salah satu media dalam melakukan interaksi dengan pelanggannya. Tentu dengan adanya WhatsApp Web, pekerjaan dapat lebih mudah dilakukan dan tentunya menghemat waktu karena Anda dapat menyiapkan template di laptop atau PC untuk menjawab pertanyaan pelanggan.

Lebih Nyaman

Mengetik pada media keyboard tentu lebih nyaman jika dibandingkan dengan mengetik pada layar ponsel. Dengan hal itu tentunya Anda dapat mengurangi kesalahan dalam penulisan pesan.

Pengiriman File Dokumen Lebih Mudah

File dengan kapasitas besar dan bersifat penting pasti Anda simpan pada perangkat laptop atau PC. Jadi dengan menggunakan WhatsApp Web, Anda dapat secara langsung mengirimkan file dengan kapasitas besar melalui perangkat laptop atau PC tanpa perlu melakukan pemindahan file ke ponsel terlebih dahulu.

Penutup

 

Itulah beberapa panduan Cara Menggunakan WhatsApp Web yang dapat Anda gunakan untuk mempermudah pekerjaan sehingga komunikasi menjadi lebih efektif dan efisien. Adanya WhatsApp Web juga sangat berguna bagi Anda yang memiliki waktu sedikit untuk membuka pesan melalui ponsel. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk ketinggalan update berita atau lupa merespon chat dari gebetan akibat terlalu asik main game.

Selain itu, untuk mengakomodir keperluan komunikasi, WhatsApp web juga sangat membantu para admin Online Shop dalam merespon pertanyaan pelanggan karena bisa diakses dalam beberapa perangkat yang terkoneksi internet.

Baca juga: Membuat Stiker Untuk WhatsApp

Maka dari itu, jangan ragu lagi untuk mencantumkan tombol WhatsApp di website ataupun media sosial, karena hal ini bisa membantu calon pelanggan dalam menyampaikan pertanyaan maupun kritik saran terkait produk yang Anda pasarkan.

Anda belum memiliki website? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan promo diskon cloud hosting Indonesia hingga sebesar 20 persen, serta potongan diskon beli domain dari Qwords.com untuk mulai merintis website sederhana. Sangat menarik bukan?

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *