Panduan Untuk Melakukan Riset Pasar

3 min read

Riset Pasar

Bagi para pebisnis, mungkin sering mengalami yang namanya trial and error saat melakukan kampanye marketing. Bisa jadi hal ini karena pebisnis tersebut belum betul-betul mengenal target pasar dengan baik. Maka dari itu, Anda perlu segera menanggulanginya dengan cara yang efektif. Misalnya, dengan melakukan riset pasar.

Riset semacam ini sangat penting demi mengembangkan bisnis Anda. Selain itu, cara penanggulangan ini juga bisa digunakan untuk memenangkan persaingan bisnis Anda dengan para kompetitor. Dengan demikian, bisnis Anda bisa kian maju dan menjadi unggulan di pasaran nasional.

Pengertian Riset Pasar

Riset Pasar
Riset Pasar

Riset pasar adalah suatu desain, pengumpulan, analisis sekaligus laporan sistematis terkait data serta segala penemuan yang dijumpai di lapangan dan relevan dengan kondisi perusahaan. Seperti yang diungkapkan oleh Marketing Association of American, riset pemasaran adalah fungsi penghubung antara pelanggan, konsumen serta masyarakat dengan pihak pemasar.

Kegiatan riset ini bisa dilakukan secara mandiri atau menggunakan jasa perusahaan riset professional. Dengan adanya riset pemasaran tentu brand bisnis Anda bisa semakin terkenal di pasaran. Peluang memperoleh laba pun akan kian meningkat. Selain itu, riset pemasaran juga bisa dikategorikan ke dalam dua jenis yakni riset primer dan sekunder.

1. Riset primer

Riset pemasaran bersifat primer dikerjakan dengan mengumpulkan informasi dari target pemasaran secara langsung. Tujuan dari dilakukannya riset ini tidak lain adalah untuk mendapatkan hasil informasi terkait kondisi pasaran terbaru. Umumnya riset primer dilakukan melalui wawancara, kuesioner, survei serta diskusi dengan sampel yang berasal dari para calon pelanggan.

2. Riset sekunder

Riset pemasaran bersifat sekunder dilakukan melalui cara analisa data yang telah diterbitkan secara umum. Berikutnya, hasil analisis informasi dan data akan dipakai sebagai suatu bahan pertimbangan guna menjadi suatu bentuk strategi pemasaran dari pihak perusahaan. Biasanya riset ini akan dikerjakan setelah melakukan riset primer.

Tujuan Riset Pasar

Strategi Marketing dengan konten pemasaran
Strategi Marketing dengan konten pemasaran

Setelah mengetahui apa itu riset pasar, berikutnya Anda perlu tahu tentang tujuan diadakannya riset tersebut. Bagi perusahaan, riset pemasaran adalah hal penting yang wajib segera dilakukan. Salah satu tujuannya adalah untuk memperluas jaringan bisnis yang dijalankan. Adapun tujuan riset pemasaran lainnya yang bisa Anda simak adalah seperti berikut.

  1. Riset pemasaran dapat membantu merek atau brand perusahaan guna memperoleh informasi terkait begitu besarnya pasar potensial suatu produk sesuai dengan target pasaran. Informasi ini kelak akan sangat berguna dalam menentukan target penjualan serta pencapaian market share di pasaran.
  2. Guna mengetahui adanya respon pasar terhadap adanya produk maupun jasa. Informasi ini nantinya akan sangat berguna khususnya produk baru sebelum resmi diluncurkan ke pasaran. Di samping itu, informasi ini juga dapat membantu penyusunan strategi marketing baru guna meningkatkan penjualan produk yang sudah ada.
  3. Mengerti dan memahami segala perilaku pelanggan yang sesuai dengan target pasaran. Saat mengetahui perilaku pelanggan dengan baik, maka brand atau merek suatu perusahaan dapat dengan mudahnya masuk ke pasaran secara efektif. Pebisnis nantinya bisa langsung menyusun strategi pemasaran yang jitu.
  4. Riset pemasaran memiliki tujuan guna mendapatkan hasil berupa data dan informasi yang diperlukan dalam rangka penyusunan upaya maupun strategi pemasaran secara keseluruhan. Di samping itu, juga sangat bermanfaat sebagai penghasil data guna melakukan evaluasi khususnya pada strategi pemasaran yang tengah berlangsung maupun sudah diimplementasikan.

Baca juga : Strategi Digital Marketing Yang Efektif Untuk Bisnis

Contoh Riset Pasar

Marketing Strategy Bisnis
Marketing Strategy Bisnis

Bagi seorang pebisnis, tentu wajib mengetahui cara melakukan riset pasar. Nantinya, Anda bisa langsung melakukan riset sendiri agar lebih efektif sekaligus hemat biaya. Untuk lebih memahami seperti apa riset pemasaran, maka ada baiknya Anda menyimak informasi berikut.

  1.     Riset pemasaran “Mie Ayam Mangkok Pangsit”

Saat hendak melakukan produksi “Mie Ayam Mangkuk Pangsit”, perusahaan tentu akan segera melakukan riset pemasaran. Hal ini penting untuk mengetahui seperti apa tingkat kebutuhan pelanggan. Riset akan dilakukan guna memahami apakah takaran mie ayam yang ada di pasaran sudah sesuai atau belum.

Berdasarkan hasil riset tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa ada target pasaran yang menghendaki adanya produk mi dengan varian penyajian unik. Maka dari itu, saat ini hadirlah produk mie ayam dengan mangkuk pangsit yang bisa sekaligus dimakan pelanggan.

  1.     Riset pemasaran “Ayam FFC”

Ketika pebisnis ingin membuka gerai makanan cepat saji berupa ayam goreng FFC, maka ia mesti melakukan riset pemasaran. Adapun informasi yang dibutuhkan meliputi deskripsi siapa target konsumen makanan cepat saji tersebut (analisa berupa gender dan usia), waktu lokasi yang ramai dilintasi target konsumen, akses menuju lokasi hingga terkait sarana maupun prasarana tertentu.

Usai mendapatkan informasi yang dibutuhkan, maka pebisnis makanan cepat saji FFC bisa langsung menentukan lokasi mana yang cukup potensial untuk menemukan prospek. Kemudian, barulah pebisnis dapat membuka gerai atau outlet makanan cepat saji FFC.

Jika Anda merupakan seorang pebisnis, tentu penting mengetahui cara riset pasar. Riset pemasaran tentu sangat penting guna mengembangkan sayap bisnis agar semakin luas dan terus merambah omset yang cukup tinggi. Terlebih lagi jika Anda ingin memenangkan persaingan dengan para kompetitor, maka riset pemasaran perlu segera dikerjakan. Selain itu Anda bisa melakukan riset pasar dengan memanfaatkan Google Trends.

Untuk memaksimalkan bisnis, Anda bisa memaksimalkan dengan menggunakan website. Keuntungan website adalah bisa menjangkau lebih luas kepada semua target pasar bisnis Anda dan bisa online 24 jam nonstop. Untuk keperluan hosting domain murah website Anda bisa menghubungi langsung pada website kami di Qwords.com dan dapatkan khusus untuk Anda.

Terima kasih

2 Replies to “Panduan Untuk Melakukan Riset Pasar”

  1. terima kasih infomasinya sangat bermanfaat bagi saya yang sedang belajar buat Blog dan berbisnis melalui blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *