10 Tips Cara Memilih Nama Perusahaan Unik

3 min read

10 tips cara memilih nama perusahaan unik

Banyak persiapan yang perlu dilakukan saat membangun bisnis. Salah satu yang tampak sepele namun penting adalah mencari nama sebagai brand. Mungkin Anda bisa menggunakan jasa, namun akan lebih baik apabila membuatnya sendiri agar sesuai dengan bisnis yang diusung. Tidak cukup hanya rangkaian kata biasa, Anda butuh nama perusahaan unik agar mampu menggaet perhatian publik.

 

Cara Memilih Nama Perusahaan Unik

 

10 tips cara memilih nama perusahaan unik
10 tips cara memilih nama perusahaan unik

1.Singkat, Mudah Diingat dan Mencerminkan Produk

Salah satu tujuan pemberian nama adalah agar perusahaan dikenal khalayak. Syaratnya adalah tidak terlalu panjang, sederhana namun tetap mengena. Berdasarkan aturan wajib, perusahaan harus memiliki nama yang terdiri dari minimal tiga kata. Khususnya bagi perusahaan lokal sehingga membedakannya dengan perusahaan milik orang asing.

Rangkaian tiga kata tersebut tidak harus memiliki arti yang saling berhubungan. Bisa saja Anda membuatnya dari gabungan nama-nama pemilik atau nama Anda dengan nama para mitra bisnis. Apabila berencana memasukannya dalam logo perusahaan maka cukup sematkan singkatan, kata yang paling menonjol atau gabungan kata.

Baca juga: 5 Konten Wajib untuk Website Perusahaan Anda

Agar tidak menimbulkan kesalahpahaman, pilihlah kata yang nyambung dengan bisnis perusahaan. Apabila perusahaan Anda bergerak di bidang tour dan travel, maka gunakan embel-embel “Tour”, “Tour & Travel” atau “Wisata”. Sebisa mungkin masukkan kata yang sudah umum dikenal banyak orang. Contohnya, PT. Perkasa Tour dan Travel atau PT. Andalas Wisata Bahari.

 

2.Jangan Ambil Kata yang Mirip dengan Perusahaan Lain

Melakukan riset diperlukan agar nama perusahaan tidak menyamai yang sudah ada. Anda bisa melakukannya melalui internet dan mengecek situs Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Dengan begitu, Anda terbebas dari tuduhan menjiplak. Dalam membuat nama unik hindari menggunakan kata yang pasaran seperti “Mandiri”, “Citra”, “Sinar”, “Abadi” atau “Cahaya”.

 

3.Hindari Menggunakan Angka, Karakter dan Kata yang Vulgar

Unik tidak berarti harus beda total dan menyimpang dari aturan. Anda harus menghindari penggunaan angka dan karakter untuk nama perusahaan. Contohnya, PT. B1ru Makmur Properti .

Penggantian huruf ‘i’ menjadi angka 1 dan huruf ‘b’ mungkin terkesan beda namun justru akan menurunkan citra perusahaan Anda. Selain itu, singkirkan kata-kata vulgar karena memiliki makna yang negatif.

 

4.Cari Inspirasi Dari Kamus

nama perusahaan unik
nama perusahaan unik

Saat mentok tidak ada ide, maka jadikan kamus sebagai referensi. Anda bisa menemukan banyak pilihan kata yang belum Anda ketahui sebelumnya. Sebagai contoh, perusahaan Anda merupakan produsen tekstil dan akan menyisipkan salah satu nama warna. Dalam kamus, ada banyak kosakata warna yang unik sekaligus indah seperti turangga, soga, nilakandi, lazuardi, dan kapisa.

 

5.Gabungan Dari Dua Kata

Cara selanjutnya untuk membuat nama perusahaan unik yakni dengan menggabungkan dua kata. Banyak perusahaan start up terkenal yang mengaplikasikannya. Sebagai contoh ‘RuangGuru’, ‘NetPlasa, ‘TemanJalan’, ‘Gilabola’, dan ‘Bridestory’. Anda harus jeli dalam melakukannya sehingga hasil penggabungan kata akan pas, enak dibaca dan punya ciri khas.

 

6.Buat dari Kata yang Diplesetkan

Ide kata yang diplesetkan juga patut Anda coba. Sebab tidak banyak perusahaan yang menggunakan cara tersebut. Selain itu, sekali Anda menemukan plesetan yang bagus maka selamanya tidak akan ada yang menyamai. Contohnya adalah ‘PegiPegi’, ‘BliBli’, ‘Qerja’, ‘SehatQ’, dan juga Qwords’ yang merupakan plesetan dari keywords. Selain terlihat unik, nama-nama yang diplesetkan juga lebih keren dan kekinian.

 

7.Pinjam Kosakata Bahasa Asing

Tidak ada salahnya jika mencari referensi nama perusahaan dari bahasa asing. Perusahaan di Indonesia paling banyak mengadopsi kata dari bahasa Inggris, misalnya ‘Female Daily’, ‘Bride Story’, dan ‘Kabar Games’. Pilihannya adalah menggunakan full rangkaian kata bahasa asing atau campur dengan kata bahasa Indonesia.

Sebaiknya cari yang maknanya merepresentasikan bisnis yang Anda geluti. Sekalipun kata tersebut terdengar unik tetapi tidak ada kaitannya dengan perusahaan maka jangan gunakan. Sebagai contoh, Anda memiliki perusahaan di bidang supplier bunga dan tanaman. Cobalah gunakan kata ‘bunga’ dalam bahasa lain, misalnya ‘kukka’ dalam bahasa Finlandia.

 

8.Hindari Menggunakan Aksara Tertentu

Nama untuk perusahaan tetap harus menggunakan alfabet latin. Mungkin Anda berpikir bahwa aksara Jepang, Korea atau Arab akan menarik perhatian. Namun, hal tersebut tidak direkomendasikan karena menyalahi aturan dan tidak semua orang bisa mengejanya.

Baca juga: Tips Memilih Nama Toko Online Unik dan Menarik

 

9.Buatlah Nama yang Fleksibel

Nama yang dilabelkan untuk perusahaan sebaiknya bersifat fleksibel. Artinya, Anda harus memilih nama yang dapat digunakan dalam kondisi apapun sehingga tidak perlu ganti. Khususnya bagi perusahaan yang berencana mengembangkan jenis produk baru. Namun, apabila Anda hanya ingin fokus pada satu produk, maka buatlah nama yang spesifik.

 

10.Manfaatkan Internet

Membuat nama bisnis yang unik dari buah pikiran sendiri memang lebih memuaskan. Tetapi, ada kalanya Anda menemui jalan buntu sehingga harus mencari solusi praktis. Salah satunya adalah melihat referensi dari website khusus pencarian nama (Company Name Generator). Nantinya, akan tersedia banyak rekomendasi nama yang bisa Anda modifikasi.

 

Penutup

 

Menggunakan nama perusahaan unik dianggap cukup efektif dalam peningkatan proses branding. Nama yang unik akan membuat orang lain tertarik dengan cepat. Walaupun tidak langsung membeli, setidaknya mereka penasaran sehingga akan mencari informasi lebih lanjut.

Tidak hanya unik, kepatutan kata dan makna juga penting diperhatikan. Pilihlah yang mengandung arti positif sehingga citra perusahaan Anda juga baik di mata khalayak. Sekaligus memberikan mindset yang baik bagi diri sendiri dan rekan kerja Anda.

Sementara itu, agar branding Anda lebih optimal, Anda juga bisa memanfaatkan website sebagai sarana publikasi dan media pemasaran produk kepada konsumen. Jangan lupa, gunakan nama domain TLD yang dipadukan dengan layanan hosting bisnis terbaik agar mampu menampung lebih banyak pengunjung.

Demikian pembahasan untuk artikel kali ini, klik bagikan atau tinggalkan jejak di kolom komentar jika sahabat Qwords memiliki pertanyaan.

Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *