10 Modal Meraih Kesuksesan Yang Perlu Diketahui

3 min read

Modal Meraih Kesuksesan

Setiap orang yang memiliki bisnis, meraih kesuksesan adalah salah satu tujuan utama. Tetapi dalam proses meraih kesuksesan tidaklah semudah yang dibayangkan, banyak faktor-faktor yang berpengaruh dalam proses meraih kesuksesan. Perlu diketahui bahwa kesuksesan tidak bisa diraih dengan instan, butuh perjuangan yang ekstra.

Kesuksesan dalam bisnis biasanya ditandai dengan omzet penjualan yang tinggi, memiliki banyak cabang, keuntungan bisnis meningkat dan lain sebagainnya. 

Definisi Sukses 

Jika mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sukses berarti berhasil atau beruntung. Sementara jika mengacu pada Wikipedia, sukses adalah suatu kehormatan yang ada kaitannya dengan pencapaian dari suatu kedudukan seseorang dalam status sosialnya, contohnya dalam bisnis.

Namun makna sukses sebenarnya lebih luas dari penjelasan diatas, sukses bisa dikatakan jika Anda selaku pemilik bisnis bisa memberikan manfaat pada diri sendiri dan orang lain atau lingkungan sekitar.

Modal Meraih Kesuksesan

Modal Meraih Kesuksesan
Modal Meraih Kesuksesan

Nah dalam prosesnya, butuh modal dalam meraih kesuksesan. Modal tidak harus uang, melainkan ada modal lain yang perlu Anda persiapkan. Lalu apa saja itu? berikut pembahasannya:

  1. Niat

Setiap tindakan membutuhkan niat awal. Seberapa niat Anda dalam bekerja akan berpengaruh pada hasil pekerjaan seseorang. Jika dilihat memang sepele, tetapi masalah niat ini banyak orang yang menyepelekannya sehingga niat awal bekerja hanya asal-asalan saja.

Seorang yang sudah niat dalam bekerja pasti akan bertanggung jawab terhadap apa yang dia kerjakan. Dalam tugasnya dia akan selalu menjaga amanahnya dan selalu menjaga agar tidak berbuat hal-hal yang merugikan pada diri dan tempat dia bekerja. Untuk itu modal utama dalam meraih kesuksesan adalah memiliki niat yang kuat. 

  1. Tekad yang kuat

Tekad merupakan motivasi kuat yang berada dalam diri seorang. Kenapa bisa demikian? Karena dengan adanya tekad, dari yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin, dari yang tidak bisa menjadi bisa, dari yang tidak ada menjadi ada, dari yang gagal menjadi sukses.

Contoh konkrit dari tekad ini adalah Thomas Alva Edison berhasil menemukan bola lampu pijar setelah melakukan 1000 kali uji coba dengan 999 kegagalan dan 1 keberhasilan. Semua ini kalau tidak memiliki tekad yang kuat mustahil bisa meraih kesuksesan dalam berbisnis. Lalu sudah berapa kali Anda mengalami gagal hingga sampai saat ini?

  1. Berani mengambil resiko dan siap gagal

Dalam tahapan meraih kesuksesan, Anda perlu melewati tahap gagal terlebih dahulu. Setiap ada ide baru yang ada dipikiran, para pebisnis akan langsung melakukan eksekusi. Ini yang dinamakan berani dalam mengambil resiko dan siap gagal.

 

Siapa tahu dari ide yang akan dieksekusi tersebut bisa menghasilkan keberhasilan. Tetapi kalau tidak berani mengambil langkah apakah menghasilkan keberhasilan? Nah inilah pentingnya berani mengambil resiko dalam bertindak sebagai modal utama meraih kesuksesan.

  1. Kerja keras

Tanpa adanya kerja keras, semua tindakan yang diambil hasilnya tidak akan maksimal. Artinya kerja keras memiliki peranan yang penting dalam menentukan kesuksesan seseorang. Niat dan tekad yang kuat dengan dibarengi kerja keras hasilnya akan memuaskan. Pepatah mengatakan tidak ada usaha yang mengkhianati hasil.

Nah kerja keras menjadi modal yang harus dimiliki untuk meraih kesuksesan. Seberapa keras kerja akan mendekatkan pada kesuksesan bisnis Anda. Karena sukses tidak bisa diraih dengan kerja semaunya saja, sukses perlu diusahakan.

Baca juga : 7 Penyebab Bisnis Stagnan yang Perlu Dihindari

  1. Jujur

Kejujuran menjadi modal utama dalam meraih kesuksesan. Dengan memiliki sifat jujur akan mendapatkan kepercayaan dari orang lain sehingga menjadikan kita dipercaya oleh banyak orang. Zaman sekarang ini mencari orang jujur sudah sulit, banyak orang yang tidak bisa dipercaya apalagi masalah keuangan.

Mungkin terselip pertanyaan di benak Anda kenapa sukses membutuhkan kejujuran? Jawabnya karena kejujuran menjadi pondasi kesuksesan dalam berbisnis, jika pondasi ini saja tidak kuat maka bangunannya akan runtuh.

  1. Memiliki komitmen yang kuat

Setelah bisnis Anda sudah berjalan dengan lancar, ada hal lain yang harus Anda ingat yaitu sebuah komitmen. Komitmen menjadi hal yang perlu Anda pegang kuat-kuat dalam menjalankan semua rencana bisnis yang sudah Anda tulis dari awal.

Karena tanpa memiliki komitmen yang kuat, semua rencana bisnis yang sudah Anda buat akan berantakan dan akhirnya bisnis berhenti ditengah jalan. Akhirnya tinggal menghitung waktu saja bisnis akan mengalami kerugian

  1. Perbanyak relasi

Sekarang ini pintar saja tidak bisa menjamin sukses. Membangun relasi yang baik dengan orang-orang baru adalah hal yang tidak kalah penting, membangun relasi ini ibaratnya seperti membangun masa depan. Mencari relasi bisa dimulai dari lingkungan sekitar terlebih dahulu.

Relasi bisnis
Relasi bisnis

Kesuksesan akan mudah diraih dengan memiliki banyak relasi. Apalagi relasi-relasi bisnis Anda memiliki kedudukan yang penting sehingga bisa membuat pekerjaan Anda semakin menjadi lancar. Untuk itu Anda perlu menjaga hubungan yang baik dengan para relasi.

Baca juga : Mengenal Bisnis Waralaba dan Contohnya

  1. Banyak belajar

Belajar tidak harus ke bangku sekolah atau kuliah, tetapi belajar disini identik dengan proses yang dijalani dalam meraih kesuksesan. Setiap ada kegagalan bisa dijadikan introspeksi terutama penyebabnya kemudian barulah dicari solusinya.

Ada banyak kegiatan belajar dalam bisnis yang bisa diikuti untuk menambah keilmuan seperti belajar dengan ahlinya, membaca buku atau mengikuti acara pelatihan. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan media internet untuk menambah wawasan, karena ada banyak sharing ilmu-ilmu yang dibagikan secara gratis.

  1. Mau menerima kritik dan saran

Kritik dan saran yang diberikan orang lain kepada kita menjadi salah satu mentor yang membimbing menuju kesuksesan dalam bisnis. Anda harus bisa menerima apa yang dikatakan orang lain, intinya jangan merasa terpojok atas kritik dan saran yang diberikan. Justru Anda harus berterima kasih atas apa yang sudah disampaikan kepada Anda.

Biasanya dalam suatu perusahaan sudah ada dewan penasehat khusus yang tugasnya memberikan kritik dan saran, tetapi untuk Anda yang masih pemula bisa meminta orang lain untuk memberikan kritik dan saran terhadap produk dan jasa yang Anda jual.

  1. Berdoa

Terkahir, modal meraih kesuksesan adalah berdoa. Silahkan lakukan nomor satu sampai Sembilan kemudian ditambah dengan memperbanyak doa, niscaya kesuksesan dalam berbisnis akan lebih mudah dicapai.

Nah demikianlah pembahasan mengenai 10 modal meraih kesuksesan yang perlu diketahui. Silahkan praktekkan nomor satu sampai sepuluh secara sungguh-sungguh.

Jangan lupa untuk melakukan strategi marketing dalam bisnis Anda, salah satunya dengan media internet dengan menggunakan website. website dipilih karena lebih efektif bisa menampilkan berbagai info yang lebih lengkap dan bisa diakses secara online. Untuk Anda yang belum memiliki website bisa pesan sekarang di Qwords.com

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *