Mengenal Apa Itu Merchant dan Bagaimana Cara Kerjanya

2 min read

merchant adalah

Saat ini masyarakat Indonesia tengah hingar bingar terkait fenomena belanja tanpa menggunakan uang tunai dan kartu. Cashless society semakin berkembang mengikuti teknologi yang berhasil mengubah gaya hidup dalam bertransaksi. Minat yang tinggi terhadap hal ini juga sangat didukung dengan adanya promo merchant. Merchant adalah kemudahan pembayaran yang praktis digunakan dimanapun Anda barada.

Maraknya promo merchant juga merupakan wujud kampanye pembayaran digital guna membiasakan masyarakat agar lebih sering bertansaksi dengan uang elektronik. Salah satu promo yang sedang naik daun ialah adanya cashback hingga mencapai 60% dari penyedia merchant tertentu.

Apa Itu Merchant

merchant adalah
merchant adalah

Bagi masyarakat milennial tentu tidak asing dengan istilah merchant. Merchant adalah penjual suatu barang maupun jasa yang memiliki bentuk usaha tertentu dan melakukan kerjasama dengan penyedia layanan pembayaran e-money dari bank bersangkutan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa merchant merupakan sistem pembayaran non tunai atau cashless untuk pembelian produk tertentu.

Merchant dapat dikategorikan ke dalam dua jenis yakni merchant perorangan dan berbadan hukum. Merchant perorangan merupakan merchant yang dimiliki oleh perseorangan tanpa adanya tata cara dan sistematika lain terkait pendirian usaha berbadan hukum tertentu. Pengertian merchant jenis ini terbilang cukup berbeda dengan merchant berbadan hukum.

Merchant yang memiliki badan hukum didirikan berdasarkan tata cara maupun sistematika pendirian usaha berbadan hukum tertentu. Baik itu merchant perorangan maupun badan hukum, apabila Anda mendaftarkan diri sebagai mitra merchant tersebut maka langkah berikutnya adalah adanya penerimaan ID penjual produk.

Cara Kerja Merchant

Cara Kerja Merchant
Cara Kerja Merchant

Merchant memiliki sistem kerja tersendiri untuk melayani tiap-tiap konsumennya. Cara kerja tersebut tentu selaras dengan sistem perbankan yang menaungi merchant tersebut. Adapun cara kerja dari suatu merchant di antaranya ialah seperti berikut.

1. Pendaftaran

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan pembayaran non tunai dengan sistem merchant perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu pada penyedia layanan tersebut. Jangan lupa untuk memberikan pengisian data yang benar. Nantinya data ini akan tersimpan dalam database perusahaan sebagai ID pengenal yang menerangkan bahwa Anda telah resmi menjadi mitra dari merchant tersebut.

Dengan menjadi mitra dari suatu merchant, maka Anda wajib menaati segala peraturan dan ketentuan yang diberikan oleh penyedia layanan tersebut. Maka dari itu, sebelum mendaftarkan diri sebagai mitra merchant sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu dengan detail terkait hal-hal apa saja yang menjadi ketentuan dari penyedia layanan tersebut.

2. Verifikasi

Setelah melakukan pendaftaran, berikutnya merchant telah memiliki data virtual office sebagai mediator dalam transaksi diskon virtual hingga mata uang virtual untuk nantinya ditransfer kepada bakal pembeli. Sistem kerjanya tentu akan memberikan kecepatan pengenalan data yang diberikan oleh mitra sebelumnya dalam transaksi pembayaran.

Dengan adanya sistem cashless ini tentu sangat memudahkan Anda untuk melakukan pembelian produk tertentu. Anda tidak perlu repot membawa uang untuk membeli suatu barang. Apabila Anda telah menjadi mitra merchant, maka bisa langsung melakukan scan kode mitra Anda untuk memudahkan segala transaksi.

3. Pengiriman produk

Cara kerja terkahir dari merchant ialah tahapan pengiriman produk. Setelah proses scan barcode merchant dilakukan, maka pihak bersangkutan akan langsung melakukan pengiriman produk yang telah disepakati. Anda hanya perlu menunggu beberapa saat untuk mendapatkan produk yang diinginkan sebelumnya.

Baca juga : Begini Cara Berjualan Produk Digital

Produk yang Dijual Merchant

Merchant adalah bentuk kemudahan transaksi non tunai yang patut Anda miliki di masa ini. Dengan merchant, Anda dapat memiliki sejumlah produk yang diinginkan tanpa perlu repot membawa uang tunai maupun kartu lainnya. Lantas, apa saja sih produk yang dijual merchant?

1. Segala produk informasi

Merchant menjual segala produk yang berkaitan dengan informasi. Produk-produk informasi yang biasa dijual merchant bisa berupa buku elektronik, software, mp3 dan video. Di sejumlah laman internet terdapat begitu banyak merchant yang mengistimewakan kegiatan mereka dalam upaya produksi informasi.

Biasanya merchant yang mengistimewakan produk informasi tertentu juga bergabung dengan affliasi network. Affliasi network adalah sistem bisnis yang memiliki sistem kerja pembayaran jasa kepada seseorang apabila ia berhasil menjual barang maupun jasa merchant melalui internet atau via online. Tidak heran jika adanya fenomena merchant juga beriringan dengan maraknya affiliate marketing.

2. Segala produk fisik

Merchant juga menjual segala produk fisik. Beberapa produk fisik yang dijual oleh merchant di antaranya buku-buku, kendaraan, produk rumah tangga, minuman, makanan dan sebagainya. Dari sekian banyak produk yang dijual merchant tentu memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan. Misalnya, produk yang harus Anda lihat serta produk yang tidak perlu dilihat secara langsung sebelum melakukan pembelian.

Sejatinya merchant adalah wujud praktis untuk memudahkan Anda dalam bertransaksi. Anda bisa membeli segala produk yang diinginkan tanpa perlu ribet membawa uang tunai. Mudah saja, tinggal scan barcode merchant dan dapatkan produk yang diinginkan. Anda bisa puas berbelanja tanpa repot dan menguras banyak waktu.

Perlu diketahui pula bahwa Qwords juga sudah menjadi merchant untuk melakukan pembayaran secara cashless. Anda bisa melakukan pembelian hosting murah di Qwords dengan melakukan pembayaran via gopay, dana, ovo, link aja, doku dan kredivo. Tunggu apalagi miliki website dengan layanan dari Qwords.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *