Istilah ERP memang masih terdengar asing bagi orang awam. Bagi dunia bisnis, kehadiran ERP adalah tonggak baru sejarah yang membuat roda usaha terus berputar. ERP banyak digunakan dalam dunia bisnis profesional. ERP adalah software yang bisa menjadi solusi untuk mengelola kegiatan operasional perusahaan. ERP memiliki kepanjangan dari Enterprise Resource Planning.

Apa Itu ERP

Pengertian ERP
Pengertian ERP

ERP merupakan sistem yang bisa mengintegrasikan proses masing-masing lini manajemen perusahaan. ERP bisa membuat proses operasional perusahaan jadi lebih transparan dan punya akuntabilitas yang tinggi. ERP berperan penting dalam meningkatkan kepercayaan publik terhadap sebuah perusahaan.

ERP adalah syarat wajib jika sebuah perusahaan ingin bersaing dalam pasar internasional. ERP punya fungsi yang sangat penting untuk mengintegrasikan keputusan yang diambil oleh banyak pihak. Terlebih pada perusahaan besar dan kompleks yang punya cukup banyak departemen. ERP berfungsi untuk mengintegrasikan agar tiap departemen tidak mengalami mispersepsi.

Pengertian ERP

ERP adalah konsep perencanaan dan pengelolaan sumberdaya perusahaan. ERP bukan hanya terdiri dari 1 jenis software saja. Tapi ERP terdiri dari beberapa kelompok/paket aplikasi program yang terintegrasi satu dengan lainnya. Program-program multi modul ini dibangun untuk melayani serta mendukung berbagai fungsi operasional perusahaan.

Dalam bahasa awam, ERP adalah seperangkat software yang dipakai oleh sebuah perusahaan untuk mengelola kegiatan harian usaha mereka. ERP bisa digunakan untuk mengelola pengadaan barang/jasa, sistem produksi, keuangan, SDM, dan lain sebagainya. ERP menyediakan data yang bersifat real-time, sehingga pemimpin perusahaan bisa lebih mudah membuat keputusan.

Sejarah Software ERP

Sejarah ERP
Sejarah ERP

Ternyata software ERP sudah ada sejak era setelah Perang Dingin atau sekitar tahun 60an sampai 70an. Untuk mempelajari sejarah perkembangan ERP, ada beberapa tahap yang harus Anda tahu yaitu:

1. Tahun 1960-1970an

Pada periode ini, MRP masih merupakan konsep yang sudah diterapkan pada sektor manufaktur. Khususnya, konsep ini diterapkan dalam bidang manajemen inventaris dan mengontrol proses produksi. Konsep ERP kemudian terus berkembang sesuai dengan kebutuhan dalam bidang manufaktur.

Hingga akhirnya pada tahun 1970an terciptalah Material Requirements Planning (MRP) yang bisa digunakan untuk menjadwalkan proses produksi manufaktur, mengecek inventaris, mengecek saldo, dan juga status perusahaan.

2. Tahun 1980an

MRP mulai dikembangkan lebih lanjut agar lebih bermanfaat besar dalam industri manufaktur. Pada era ini MRP kemudian berubah nama menjadi MRP-II (Material Resource Planning). Karena menggunakan kata “material”, maka software ini menekankan pada keluar-masuknya bahan baku dan juga hasil produksi, mencatat aliran kas, dan juga saldo perusahaan.

3. Tahun 1990an

Lonjakan besar terjadi pada tahun 1990an berkat kemunculan teknologi komputer Y2K. Perusahaan berlomba-lomba untuk menerapkan sistem digitalisasi pada industri mereka. banyak juga perusahaan yang mengubah total sistem operasional perusahaan dengan menggunakan ERP.

Pada tahun 1990 Pila Gartner Group menciptakan sistem operasi berbasis internet yang diberi nama ERP. Barulah pada tahun 1998 berdiri NetSuite untuk operasional bisnis berbasis internet. netSuite bisa digunakan oleh seluruh perusahaan di dunia, asalkan mereka terhubung dengan koneksi internet saat itu.

4. Tahun 2000an

Pada tahun 2000an Gartner Group memperbaharui sistem yang mereka bangun dengan mengeluarkan ERP jilid II. Canggihnya, ERP-II ini memiliki basis data cloud. Dengan sistem penyimpanan data secara online, maka software ini memberikan kecanggihan akses dan fleksibilitas tingkat tinggi.

Seseorang bisa memantau status dan kondisi operasional perusahaannya dari manapun ia berada asalkan memiliki koneksi internet. Saat ini software sudah berkembang menjadi ERP SaaS atau Software as a Service paling banyak diminati oleh para pelaku UKM. Software ERP SaaS menawarkan fleksibilitas tinggi, namun dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Baca juga : Cara Membuat Bisnis Plan Yang Benar

Keuntungan Menggunakan Software ERP

kesepakatan kerjasama
kesepakatan kerjasama

Jika Anda memiliki bisnis UKM, tidak ada salahnya menggunakan ERP. Software canggih ini bisa membantu Anda mengelola usaha, karena memiliki beberapa keuntungan berikut:

  1. Mengoptimalkan efisiensi pekerjaan para staf kantor. Data-data yang diperlukan oleh karyawan bisa diakses real-time. Para staf dan juga pemangku kebijakan bisa membuat planning atau keputusan dengan data tersebut tanpa harus mencari data secara manual.
  2. Meningkatkan kerjasama dan kolaborasi antar departemen perusahaan.
  3. Penghematan biaya operasional karena semuanya dilakukan serba online dan otomatis.
  4. Data perusahaan bisa disimpan dengan lebih aman pada server tanpa resiko rusak atau hilang.
  5. Pemilik usaha bisa membuat perkiraan bisnis yang lebih akurat dengan data real-timenya.

Implementasi ERP

Ada 3 tingkatan ERP yang umumnya digunakan saat ini oleh perusahaan yaitu:

  1. On Premise Enterprise Planning yang mengharuskan perusahaan memiliki server lebih dulu. Keunggulannya, biaya pemeliharaan jadi ringan.
  2. Cloud Enterprise Planning, dimana data perusahaan akan disimpan dalam server online cloud. Biaya instalasi software ini lebih murah dan tidak membutuhkan tempat besar. CEP cocok digunakan pada usaha skala kecil sampai menengah.
  3. Hybrid Enterprise Resource Planning adalah gabungan antara penyimpanan via server dan juga cloud. Sebagian data perusahaan yang masih diolah disimpan pada server pribadi. Sebagian lainnya disimpan dalam cloud. Sistem penyimpanan mirip dengan back-up data dari server ke cloud.

Seiring berkembangnya teknologi digital, operasional bisnis kini jadi lebih mudah. ERP jadi salah satu solusi bagi kelangsungan bisnis. ERP bisa membantu mensinkronkan banyak data perusahaan dalam waktu lebih singkat.

Ditengah persaingan bisnis yang semakin ketat saat ini, Anda harus bisa bersaing dengan perusahaan lain. Menjalankan bisnis tanpa memiliki website untuk media promosi ternyata kurang efektif, maka dari itu untuk Anda yang saat ini belum memiliki website bisa langsung menghubungi layanan pembuatan website di alamat bikin.website, ada banyak pilihan menarik website dengan berbagai bidang bisnis yang siap digunakan.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *