Seiring perkembangan jaman dan teknologi, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pastilah mengenal istilah Google. Banyak orang di dunia menggunakan Google sebagai mesin pencari di internet, meski demikian banyak orang yang belum mengetahui siapa saja pendiri Google sehingga bisa memunculkan mesin pencari internet nomor satu di dunia ini.

Karena manfaatnya yang sangat besar, oleh masyarakat Indonesia tak sedikit menjuluki Google dengan sebutan ‘Mbah Gugel’. Hal ini tak lepas dari kemampuan Google sebagai mesin pencari, tak jarang banyak para pelajar dan mahasiswa yang menggunakan Google sebagai tempat mencari referensi bacaan.

Siapa Pendiri Google

Mengenal Pendiri Google
Mengenal Pendiri Google

Berdirinya mesin pencari nomor satu di dunia maya ini merupakan hasil dari kerja keras, jika kewirausahaan dan keberuntungan. Pendiri Google terdiri dari dua orang pria, yakni Larry Page dan Sergey Brin. Kedua orang ini merupakan mahasiswa Pascasarjana Doktoral di Stanford University California, Amerika Serikat.

Pertemuan Larry Page dan Sergey Brin di tahun 1995 menjadi cikal bakal bedirinya Google, di tahun  berikutnya kedua orang ini bekerja sama untuk membangun sebuah mesin pencari yang awalnya diberi nama BackRub.

BackRub berasal dari sebuah algoritma, algoritma yang membentuk sebuah peringkat berdasarkan banyaknya backlink dari sebuah laman, halaman atau website. Awal mula pengerjaan, proyek ini dibuat pada server Stanford University selama lebih dari satu tahun.

Setelah itu mesin pencari yang mereka buat didaftarkan sebagai Google.com pada 15 September 1997. Setahun berlalu, pada tahun 1998 Larry Page meluncurkan buletin bulanan dengan nama Google Friends Newsletter. Buletin ini berisi mengenai informasi mengenai perusahaan.

Nama Pendiri Google

Sejarah Google Berdiri
Sejarah Google Berdiri

Pendiri Google adalah Lawrence Edward Larry Page, pria kelahiran Lansing, Michigan, Amerika Serikat pada 26 Maret 1973 merupakan salah satu pendiri bersama Sergey Brin. Sementara, sang rekan memiliki nama panjang Sergey Mikhalovich Brin, pria kelahiran Moscow tanggal 21 Agustus 1973.

Kedua orang ini lahir dari keluarga terpandang di negaranya masing-masing, orang tua Larry merupakan seorang professor ilmu komputer di Universitas Michigan dan juga guru pemrograman komputer di kampus yang sama.

Rumah keluarga Larry dipenuhi dengan majalah komputer, sains hingga teknologi, hal inilah yang menyebabkan salah satu pendiri dari Google ini terbenam ke dunia komputer. Larry mengaku mulai tertarik pada komputer sejak usia enam tahun dengan mempelajari komputer generasi pertama.

Larry mendapatkan gelar Bachelor of Science pada bidang rekayasa komputer dari University of Michigan pasca lulus dari East Lansing High School. Ia pun melanjutkan karier belajarnya di Universitas Stanford, Inggris, tempat dimana ia bertemu Sergey Brin.

Sementara, Sergey merupakan pengusaha asal di Amerika Serikat yang mempelajari mengenai ilmu komputer dan matematika. Sergey Brin merupakan presiden teknologi pada Google dan mempunyai net worth yang diperkirakan mencapai 18,7 miliar dollar.

Keluarga Sergey Brin sangat terpandang di Rusia, ayah dan ibunya merupakan ahli matematika lulusan Moscow State University. Ketika masih berumur enam tahun, keluarga Sergey memutuskan untuk pindah ke Amerika Serikat.

Sang ayah juga merupakan profesor di department matematika University of Maryland, salah satu orang yang memiliki peran besar terhadap ketertarikan Brin kepada matematika. Sergey Brin lulus dari University of Maryland dengan gelar Bachelor Science di tahun 1993.

Ia kemudian melanjutkan karier pendidikan di Stanford University melalui jalur beasiswa dari National Science Foundation. Sergey sukses mendapatkan gelar master pada Agustus 1995, selain itu Brin juga merupakan pendiri Google dengan gelar MBA dari IE Bussines School.

Baca juga : Apa Itu Google Adsense?

Lahirnya Google

Google Garage
Google Garage

Larry Page bersama Sergey Brin mulai memperkenalkan Google di tahun 1998, awalnya tak mudah kedua orang ini membesut mesin pencari di internet ini. Keduanya bahkan sempat merasa tidak cocok, karena perbedaan setiap topik yang dibicarakan.

Meskipun pada akhirnya keduanya sepakat karena sama-sama memiliki ketertarikan dengan mesain pencari atau search engine. Google berdasarkan pada teknologi PageRank yang sudah dipatenkan tentunya, hal ini memudahkan mereka membuat dasar struktur link antara situs web.

Siapa sangka perjalanan Google dimulai dari sebuah garasi, bisa dibayangkan kesuksesan yang dicapai kedua orang ini melewati jalan yang berliku-liku. Proyek ini dikerjakan Larry dan Brin mulai tahun 1996.

Ketika awal berdiri, mesin pencari ini mendapat suntikan investasi senilai 100 ribu dolar atau setara dengan Rp1,3 miliar dari Co-founder Sun, Andy Betcholsheim. Keduanya juga mendapat kantor pertama berupa sebuah garasi milik Susan Wojcicki, sosok yang kini menjadi CEO YouTube.

Mulai saat itu, Google memperkerjakan tim sales, sejak saat itu proyek ini semakin berkembang pesat. Hal inilah yang memaksa Google kemudian pindah ke The GooglePlex di Mountain View, California, Amerika Serikat.

Selain sebagai pendiri Google, Larry Page juga pernah menjadi CEO perusahaan di tahun 2011 hingga 2015. Sementara Google masih dipimpin Page pada 2015 untuk melakukan restrukturisasi dengan mendirikan perusahaan induk bernama Aphabet Inc.

Perlu diketahui bahwa Qwords.com tidak hanya membahas tentang dunia IT saja, tetapi Qwords memiliki layanan penjualan Domain, Hosting, Server, SSL, Tools Email Marketing dan masih banyak lagi. Untuk Anda yang saat ini belum memiliki website untuk keperluan bisnis, bisa segera memesan layanan Cloud Hosting Murah dari kami untuk keperluan website bisnis Anda. Tunggu apalagi miliki website mu sekarang juga.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *