Mengenal Pekerjaan Seorang System Manager

2 min read

Pekerjaan Seorang System Manager

Sistem komputer di perusahaan adalah bagian penting yang menunjang kemajuan perusahaan atau organisasi. Dengan menggunakan sistem komputer, pekerjaan setiap divisi perusahaan menjadi tertata, mudah dan dapat menyelesaikan setiap pekerjaannya dengan lebih cepat. Sayangnya, sistem komputer tidak selalu berjalan dengan baik. Oleh karena itu, dibutuhkan system manager.

Mungkin tidak sedikit yang awam dengan posisi ini. Padahal posisi ini dalam perusahaan sangatlah vital. Nah, bagi yang ingin melamar ke pekerjaan bidang IT atau ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai profesi tersebut di artikel ini kita akan membahasnya secara lengkap. Agar makin paham berikut ulasannya.

Apa Itu System Manager

Manager sistem adalah orang yang bertanggung jawab untuk keberlangsungan sistem komputer yang digunakan di perusahaan. Profesi ini punya tanggung jawab untuk memastikan proses backup bisa berjalan dengan baik, mengawasi pemasangan, membeli software dan hardware hingga menyediakan infrastruktur teknologi ICT untuk keperluan organisasi.

Tak hanya itu, mereka juga punya kontribusi untuk standar kualitas serta perencanaan strategi di organisasi atau perusahaan. Seorang manager sistem bekerja di semua ukuran organisasi di industri serta sektor pelayanan dalam perusahaan.

Biasanya mereka akan beroperasi dan bekerja sama dengan teknisi, hardware dan programmer yang selanjutnya melaporkan pekerjaannya ke manager terkait. Siapapun yang ingin melamar pekerjaan di posisi ini harus memiliki kemampuan-kemampuan sebagai berikut:

  1. Jiwa kepemimpinan yang kuat dalam organisasi
  2. Bisa bekerja sama dengan baik di semua tingkat organisasi
  3. Memiliki kemampuan untuk berkontribusi dan juga mengimplementasikan strategi organisasional dalam organisasi

Itu tadi informasi mengenai apa itu system manager. Dilihat dari pengertiannya, posisi ini akan bekerja dengan beragam sistem komputer yang diterapkan di perusahaan terkait. Berapa gaji yang diperoleh per bulannya? Untuk gaji, mereka punya nominal berbeda-beda karena disesuaikan dengan jobdesk yang dibebankan.

Namun dilihat dari rata-rata gaji system manager di Indonesia untuk profesi ini menyentuh angka Rp 7 juta  hingga Rp 10 juta per bulan. Tentu nominal yang gaji yang lumayan besar tapi juga sepadan dengan tanggung jawab yang harus ia lakoni selama bekerja.

Tugas Seorang System Manager

Tugas Sistem Manajer
Tugas Sistem Manajer

Seorang manager sistem punya tanggung jawab untuk mengimplementasikan teknologi di struktur organisasi. Tak hanya itu, mereka juga punya kewajiban untuk mengatur kerja dari business analyst, support specialist dan juga computer programmer.

Pemegang jabatan ini biasanya dipilih pekerja yang benar-benar ahli di bidang teknis serta dapat memahami prinsip bisnis serta manajemen dengan baik. Kewajiban untuk peranannya juga bergantung pada perusahaan yang mempekerjakan posisi ini. Untuk lebih rinci, berikut tugas-tugas yang harus mereka selesaikan:

  1. Mengevaluasi kebutuhan pengguna serta fungsionalitas sistem serta memastikan fasilitas di ICT dapat memenuhi kebutuhan perusahaan dengan baik
  2. Mendevelop, merencanakan dan juga mengimplementasikan sistem keuangan ICT dan mendapat harga kompetitif jika cocok dan memastikan biaya juga efektif di proposal yang sudah diajukan
  3. Mereka harus menjadwalkan upgrade dan juga backup keamanan dari software dan sistem hardware yang digunakan perusahaan
  4. Mencari kembali sistem dan juga memasang sistem baru yang sudah ditemukan
  5. Memastikan sistem running dapat berjalan dengan lancar dari sistem ICT seperti email, layanan print dan juga software anti virus
  6. Memastikan software dapat lisensi resmi
  7. Memastikan jaringan aman untuk digunakan pengguna dari jarak jauh
  8. Menjaga keamanan data dari masalah eksternal dan juga internal
  9. Menyiapkan user yang mengandalkan support dan juga nasehat yang pas
  10. Mengatur dan memecahkan situasi krisis dimana melibatkan beragam teknis yang kompleks, mulai dari perangkat software dan juga hardware
  11. Melakukan pembelajaran serta pelatihan terhadap staf pendukung ICT, baik yang baru atau yang sudah profesional
  12. Harus selalu mengupdate teknologi terbaru untuk perusahaan
  13. Merencanakan, mengkoordinasi atau mengarahkan kegiatan-kegiatan di bidang pengolahan data elektronik, analisa sistem, pemrograman komputer hingga teknologi informasi lain untuk membantu keefisienan dan keefektifan alur pekerjaan di perusahaan
  14. Mengembangkan sumber informasi komputer, kontrol data dan sistem keamanan jika ada bencana, termasuk IT Business Continuity Planning)

Baca juga : Tugas dan Tanggung Jawab Product Manager Dalam Bisnis 

Contoh pekerjaan system manager

Pekerjaan System Manager
Pekerjaan System Manager

Dalam sistem perusahaan, ada beberapa pembagian pekerjaan di profesi ini. Tidak heran mereka bekerja dalam satu tim untuk mencapai tujuan yang diharapkan perusahaan yang mempekerjakannya. Berikut contoh pekerjaannya:

  1. Direktur Jasa Computing
  2. Manager Pengolahan Data
  3. Direktur Pengembangan Aplikasi
  4. Direktur Sistem Informasi
  5. Supervisor Sistem Informasi
  6. Direktur Teknologi Informasi
  7. Manager Teknologi Informasi
  8. Direktur MSI (Manajemen Sistem Informasi)
  9. Manager Layanan Teknis

Menilik dari perkembangan digital di era sekarang, posisi system manager memang sangat diperlukan dalam perusahaan. Tidak heran karena menyangkut pengelolaan dan mengembangan sistem. Untuk menduduki posisi ini, setidaknya Anda harus berpendidikan S1 atau lebih dengan background pendidikan linier dengan pekerjaan.

Perlu sahabat Qwords ketahui selain menyajikan artikel tentang website, perkembangan IT, bisnis dan marketing, Qwords memiliki layanan penjualan nama domain, hosting, server, email marketing, VPN dan juga keperluan website lainnya.

Bagaimana? jika perusahaan atau tempat kerja anda membutuhkan layanan pembuatan website bisa langsung pesan di bikin.website saja, tinggal ajukan konsep dan kebutuhan, nantinya tim kami akan dengan sigap membangun website sesuai dengan pesanan dan tentunya ada revisi jika tidak sesuai dengan pesanan.

Masih tertarik dengan posisi system manager ini? Jangan lupa selalu asah skill agar bisa langsung siap menghadapi dunia kerja.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *