Hal apa yang terbesit di benak Anda ketika mendengar kata Lorem Ipsum? Bagi sebagian Anda, mungkin sudah tahu mengenai pengertian lorem ipsum. Namun, sebagian lain, akan cukup asing dengan kata lorem ipsum.

Tidak heran, jika sebagian Anda tidak mengetahui pengertian lorem ipsum karena kata tersebut bukan merupakan Bahasa Indonesia dan padanan kata lorem ipsum sering digunakan untuk orang-orang pada bidang IT khususnya bidang desain grafis dan tulis menulis.

Lorem Ipsum sendiri akan sering ditemui bagi Anda yang berkecimpung di dunia grafis. Sebab lorem ipsum merupakan template yang berisikan teks untuk menggambarkan layout dari sebuah grafis atau pada sebuah web dalam membingkai sebuah tulisan.

Sedikit membingungkan? Di bawah akan dijeskan mengenai pengertian lorem ipsum, sejarahnya dan contoh dari lorem ipsum.

Apa Itu Lorem Ipsum?

Pengertian Lorem Ipsum
Pengertian Lorem Ipsum

Sudah disebutkan di muka, pengertian lorem ipsum adalah sebuah template/teks standar yang difungsikan untuk menempatkan elemen grafis atau untuk membingkai penempatan/penataan huruf (typesetting) di dalam sebuah layout grafis, artikel, dan bisa juga digunakan pada sebuah presentasi.

Sejarah lorem ipsum sudah muncul sejak tahun 1500an. Sejarah ditemukannya lorem ipsum berawal dari seorang tukang cetak, yang mengambil sebuah teks. Kemudian teks tersebut diacak untuk kemudian dijadikannya buku dan contoh huruf.

Profesor Bahasa latin asal Amerika Serikat, bernama Richard McClintock, menyebut bahwa lorem ipsum merupakan bagian dari sebuah naskah sastra klasik pada era 45 sebelum masehi. Tidak main-main, naskah tersebut menurut sang professor sudah berumur 200 tahun lebih.

Lorem ipsum yang sampai sekarang digunakan ternyata berasal dari sebuah penggalan paragraf bagian 1.10.32 dan 1.10.33 dari naskah de Finibus Bonorum et Malorum (Sisi Ekstrem dari Kebaikan dan Kejahatan) sebuah karya dari seorang orator, negawaran juga filsuf pada masa romawi yang bernama Cicero.

Pertanyaan selanjutnya, mengapa Anda menggunakan lorem ipsum sebagai teks standar di dalam sebuah desain?

Lorem ipsum yang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu dan sekarang masih digunakan sebagai teks standar, dianggap mempunyai persebaran teks huruf yang baik dan merata. Sehingga Anda akan melihatnya sebagai teks biasa.

Selain itu, lorem ipsum yang digunakan sebagai teks standar dimaksudkan agar orang-orang yang melihatnya tidak terpaku pada arti kalimat lorem ipsum secara harfiah. Namun, akan terfokus pada elemen desain grafis.

Mengapa Anda tidak harus terpaku pada arti teks lorem ipsum? Jawabanya karena lorem ipsum hanya sebagai sebuah dummy text saja.

Baca juga : Pentingnya Bisnis Memiliki Website

Contoh Lorem Ipsum

Pada penggunaannya sekarang, teks lorem ipsum memiliki perbedaan dengan teks asli di dalam naskah asli Cicero.

Dari berbagai sumber, contoh teks lorem ipsum berasal dari bahasa latin. Teks tersebut lalu dijadikan lorem ipsum template yang kini digunakan oleh banyak orang.

Ditambah, banyak variasi lorem ipsum. Ada huruf-huruf yang dihilangkan dari teks lorem ipsum berbahasa latin. Alasanya agar lorem ipsum tersebut tidak terasa asing dan dekat dengan basasa inggris.

Jika dibahasa Indonesiakan, lorem ipsum nyaris sulit untuk dimengerti. Selain berasal dari Bahasa latin, lorem ipsum sendiri memang hanya difungsikan sebagai contoh rangkaian teks saja.

Mengenai bagaimana contoh lorem ipsum, sekarang sudah banyak tersedia dari berbagai sumber di internet. Anda tinggal memilih, template yang sesuai yang akan Anda gunakan.

Kalimat per kalimat dari contoh lorem ipsum, nyaris sulit untuk mengungkapkan arti harfiahnya, seperti sudah disebutkan pada paragraf sebelumnya. Maka dari itu, contoh lorem ipsum digunakan agar orang-orang tidak terpaku ke dalam teksnya tetapi kepada tampilan desainnya.

Sebagian orang menganggap teks lorem ipsum tidak memiliki makna apa-apa. Bahkan, ada yang menyebut lorem ipsum bukan berasal dari Bahasa latin kendati Bahasa awal dari lorem ipsum ialah Bahasa latin.

Namun, Richard McClintock membantahnya. Menurutnya, lorem ipsum merupakan Bahasa latin dan di dalam teksnya terdapat makna.

Seiring berjalannya waktu, penggunaan lorem ipsum kini dibantu oleh berbagai perangkat lunak. Perangkat lunak tersebut berfungsi menggenerate lorem ipsum (lorem ipsum generator) secara acak. Hebatnya, kendati secara acak, teks tersebut tidak akan berulang secara berdekatan.

Akan tetapi, teks yang dihasilkan akan berbeda dari teks lorem ipsum yang sebenarnya. Bahkan hanya sedikit sekali yang mirip dengan teks lorem ipsum.

Sebab perlu ditekankan kembali, digunakannya teks lorem ipsum, hanya sebagai contoh/template, bagaimana teks dibungkus atau dibingkai dalam sebuah desain, baik untuk website, artikel dan desain lainnya.

Berbagai situs pun sudah menyediakan lorem ipsum sekaligus dengan menggeneratenya. Memudahkan Anda dalam membuat sebuah tampilan desain, artikel atau ketika akan membuat dummy website.

Perlu diketahui bahwa Qwords.com tidak hanya memberikan informasi dalam bidang teknologi dan informasi saja. Qwords memiliki layanan penjualan beli domain dan hosting murah untuk keperluan website bisnis Anda. Tunggu apalagi onlinekan bisnis Anda dengan website sekarang juga.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *