Istilah Unicorn dan Decacorn menjadi sangat familiar di Indonesia lantaran perkembangan perusahaan Startup Indonesia yang semakin pesat. Namun ternyata, tingkatan dalam dunia Startup tidak hanya Unicorn dan Decacron. Ada satu istilah lainnya yang menggambarkan level tertinggi dalam dunia Startup. Istilah ini dikenal sebagai Hectacorn.

Apa Itu Hectacorn?

Mengenal Hectacorn
Mengenal Hectacorn

Sama seperti Unicorn dan Decacorn, istilah Hectocorn juga digunakan untuk menggambarkan tingkatan dalam dunia Startup. Perbandingan dari segi nilai valuasi, perusahaan Hectacorn memiliki nilai valuasi jauh lebih tinggi 10 kali lipat daripada perusahaan Decacorn.

Apabila Unicorn diberikan untuk perusahaan Startup yang memiliki valuasi sebesar 1 miliar dolar AS dan Decacorn diberikan pada perusahaan dengan valuasi sebesar 10 miliar dolar AS, maka lain halnya dengan Hectacorn. Dikutip dari Tech In Asia, Hectocorn diberikan kepada perusahaan Startup dengan valuasi di atas US$100 miliar.

Oleh karena itu, hingga saat ini perusahaan Startup yang termasuk ke level Hectacorn masih tergolong langka.

Contoh Startup Hectacorn

Menjadi level tertinggi dalam tingkatan dunia Startup, membuat gelar Hectacorn tidak dapat dimiliki oleh sembarang Startup. Bahkan di Indonesia, saat ini masih belum ada perusahaan yang masuk ke level Hectacorn. Beberapa perusahaan Startup Indonesia seperti Tokopedia, Traveloka, OVO, dan Bukalapak saat ini masih menjadi Unicorn. Sedangkan diposisi Decacorn, Indonesia diwakili oleh perusahaan Gojek.

Sedangkan untuk skala dunia, sudah ada perusahaan Startup yang berhasil ada di level Hectacorn. Hal ini diungkapkan melalui hasil riset yang dikeluarkan oleh Hurun Research Institute, yang mengungkapkan bahwa saat ini baru ada satu Startup yang berhasil menyandang status Hectacorn, perusahaan tersebut adalah Ant Financial dengan nilai valuasi sebesar US$ 150 miliar.

Namun melalui sumber yang berbeda yakni hasil lembaga riset pasar global, Kantar, yang merilis 2019 100 Top BrandZ, ada beberapa perusahaan besar skala dunia yang berhasil menjadi Hectacorn. Beberapa diantaranya adalah:

1. Google

Google
Google

Perusahaan yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey pada tahun 1998 ini diketahui memiliki nilai valuasi sebesar $309 miliar. Nilai ini sukses membuat Google menjadi salah satu Hectacorn dunia karena memiliki nilai valuasi lebih dari US$100 miliar.

2. Apple

Apple
Apple

Perusahaan Startup kedua yang berhasil menjadi Hectacorn adalah Apple. Perusahaan Apple didirikan pada tahun 1976 di Amerika Serikat oleh Steve Jobs, Steve Wozniak & Ronald Wayne. Apple disebut-sebut memiliki nilai valuasi di atas US$ 100 miliar, yakni sekitar $309,5 miliar.

Baca juga : Perbedaan Unicorn dan Decacorn

3. Microsoft

Microsoft
Microsoft

Sebagai salah satu perusahaan besar di dunia, Microsoft juga berhasil menjadi salah satu Hectacorn dunia dengan nilai valuasi sebesar $251 miliar. Perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tahun 1975 ini merupakan perusahaan multinasional Amerika Serikat yang bergerak untuk mengembangkan, membuat, memberi lisensi, dan mendukung berbagai produk dan jasa terkait dengan.

4. Facebook

Facebook
Facebook

Didirikan pada tahun 2004 oleh Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes, Facebook berhasil menyusul tiga perusahaan besar di atas sebagai salah satu Hectacorn dunia.  Perusahaan layanan jejaring sosial ini diketahui memiliki nilai valuasi di atas US$100 miliar, yakni sekitar $159 miliar. 

5. Visa

Visa
Visa

Perusahaan pembayaran yang didirikan oleh Dee Hock pada tahun 1958 ini diketahui memiliki nilai valuasi sebesar $178 miliar. Nilai valuasi ini berhasil membuat Visa melampaui Facebook.

6. Amazon

Amazon
Amazon

Perusahaan teknologi multinasional Amerika yang dijuluki sebagai  salah satu perusahaan teknologi Big Four bersama Google, Apple, dan Facebook ini juga berhasil menjadi salah satu Hectacorn dunia. Perusahaan yang didirikan oleh Jeff Bezos ini kabarnya memiliki nilai valuasi di angka $131,2 miliar, dimana angka ini membuat perusahaan  teknologi multinasional Amerika ini mengalahkan Tencent, sebuah perusahaan milik China.

7. Tencent

Tencent
Tencent

Ma Huateng bersama rekannya berhasil mendirikan salah satu perusahaan besar milik China, yakni Tencent.  Kiprah Tencent sebagai salah satu perusahaan besar di China ini pernah mengalahkan posisi Facebook dalam hal nilai valuasi perusahaan.

Namun untuk saat ini, perusahaan Tencent harus berpuas diri dengan dengan nilai valuasi sebesar $130,9 miliar. Angka ini membuat Tencent berhasil menjadi salah satu perusahaan Hectacorn di dunia.

Nilai valuasi tersebut tentu dapat berubah seiring dengan perkembangan dan inovasi masing-masing Startup tersebut. Selain itu, perusahaan yang sudah menjadi Hectacorn dunia tersebut juga perlu waspada, sebab persaingan mereka tidak hanya sebatas dengan sesame Hectacorn saja.

Perusahaan Startup tingkat Decacorn juga memiliki peluang yang sangat besar untuk menjadi Hectacorn. Sebab perkembangan nilai valuasi perusahaan Startup Decacorn tergolong sangat signifikan.

Semua website tersebut diatas memiliki website profesional untuk bisnis. Untuk itu anda bisa memulai dengan memiliki website untuk keperluan bisnis, rekomendasi dari kami layanan Cloud Hosting Bisnis dari Qwords. Dengan harga mulai dari 150.000/bulan Anda sudah bisa mendapatkan hosting bisnis dengan kapasitas 30GB. Upgrade bisnismu sekarang juga dengan hosting yang lebih baik.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *