Mengenal Layanan Google Suite Secara Lengkap Untuk Bisnis

3 min read

Mengenal Google Suite

Kordinasi dalam pekerjaan antar satu bagian dengan bagian lain tidaklah segampang yang dibayangkan. Apalagi lokasi antar satu bagian dengan bagian lain berjauhan atau beda lokasi, tentunya ini sangat rawan terjadi misskomunikasi antar kedua bagian, akhirnya yang terjadi hasil pekerjaan tidak sesuai yang diharapkan.

Solusinya yang paling gampang adalah mencari software atau tool untuk kolaborasi secara online antar bagian dengan bagian lainnya. Mungkin yang paling banyak dibutuhkan saat ini adalah selalu terhubung dengan layanan email, hangouts chat, calendar dengan akses ke cloud storage secara online untuk kolaborasi antar bagian. Selain itu Anda juga membutuhkan layanan produktifitas seperti Google Docs, Sheets, Slides, Form, Sites, App Maker dan Google Keep.

Apa Itu Google Suite

Mengenal Google Suite
Mengenal Google Suite

G Suite atau Google Suite adalah salah satu layanan yang dimiliki oleh Google yang memiliki berbagai fitur yang berguna untuk menyelesaikan permasalahan produktivtas dalam bisnis. Pertama kali muncul pada 28 Agustus tahun 2006 dengan nama ‘Google App for Work’. Setelah itu pernah berganti nama lagi menjadi ‘Google App for Your Domain’. Dan akhirnya berubah nama menjadi sama seperti sekarang ini yaitu Google Suite atau bisa juga G Suite.

Sekarang ini sudah banyak para binsis yang menggunakan layanan Google Suite dikombinasikan dengan custom domain name pada email. Jika Anda menggunakan layanan Google Suite berbayar, Anda tetap bisa menggunakan layanan email sama seperti Google, hanya beda ekstensi email saja. Berikut kami berikan contohnya agar lebih jelas:

  • com@gmail.com, ini masih menggunakan layanan email Google biasa, terlihat dari ekstensi email masih menggunakan gmail.com.
  • sales@qwords.com, nah kalau ini sudah menggunakan layanan Google Suite sehingga ektensi email bisa dicustom sesuai dengan domain yang Anda miliki, tidak perlu login ke layanan email hosting roundcube, horde atau Squiremailn yang ada pada panel hosting.

Dengan menggunakan email bisnis, prosentase email dibalas akan lebih besar jika dibandingkan dengan menggunakan email pribadi, jadi penggunaan email bisnis menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan saat ini.

Baca juga  : Panduan Belajar Digital Marketing Untuk Pemula

Fitur Google Suite

Google Suite
Google Suite

Ada beberapa fitur yang membantu Anda sehingga lebih produktivitas dalam bekerja, lalu apa saja fitur yang dimiliki Google Suite? Berikut penjelasannya:

1. Connect

  • Gmail, Anda akan mendapatkan email dengan ekstensi @perusahaan Anda, jika nama perusahaan Anda AB Marketing, maka Anda akan mendapatkan email nama@abmarketing.com. Dengan menggunakan email bisnis custom domain.
  • Calendar, dengan calendar Anda akan mudah dalam penjadwalan dengan team untuk target, dateline dan lain sebagainnya.
  • Currents, fitur dari G Suite yang memungkinkan semua bisa berdiskusi secara online untuk membahas suatu permasalahan.
  • Hangouts Chats, fitur chat dengan memanfaatkan email dan isa juga untuk mengirim gambar.
  • Hangouts Video, hangouts video memungkinkan Anda video call dengan team lain yang lokasinya berbeda.

2. Create

  • Docs, Docs ini mirip dengan Microsoft Word untuk pengolahan kata.
  • Sheets, Sheet ini lebih mirip dengan Microsoft Excel, fungsinya lebih ke pengolahan angka dan data.
  • Google Slides ini lebih ke Microsoft Power Point, Anda bisa berkolaborasi secara online untuk membuat semua ini.
  • Form, Google Form lebih ke form isian secara online, Anda bisa mengcustom apa saja yang akan ditampilkan dan disuruh ngisi. Data yang sudah diisi akan terhubung otomatuis dengan Google Drive.
  • Sites, Google Sites memungkinkan Anda untuk membuat website dengan team secara online. Disini sudah disediakan templatenya tinggal drag dan drop saja sudah jadi.
  • App Maker, tool ini memungkinkan Anda untuk membuat aplikasi untuk keperluab bisnis.
  • Keep, tool ini lebih ke notes untuk mencatat hal penting agar tidak lupa.

3. Access

  • Drive, Google drive memungkinkan Anda untuk menyimpan berbagai file dengan kapasitas yang sudah disediakan. Umumnya untuk versi berbayarnya akan mendapatkan kapasitas yang lebih besar.
  • Google Cloud Search, fitur yang memungkinkan Anda untuk mencari file yang disimpan di cloud dengan mudah.

4. Control

Pada bagian control ini berfungsi lebih ke manage user, devices dan keamanan akun Google Suite. Fiturnya ada Admin, Vault, Mobile dan Workinsights.

Harga Google Suite

Untuk Anda yang tertarik menggunakan layanan Google Suite, ada 3 pilihan paket yang bisa Anda beli. Untuk yang masih bingung tersedia juga free trial selama 14 hari. Berikut daftar harga Google Suite terbaru.

  • Paket Basic

Paket basic adalah yang terbawah dengan harga $4.20/user/bulan. Anda akan mendapatkan paket aplikasi professional dengan kapasitas penyimpanan sebesar 30GB.

  • Paket Business

Paket business untuk harga sewanya $10.20/user/bulan. Anda akan mendapatkan paket aplikasi yang lebih lengkap dengan penyimpanan sampai 1 TB setiap pengguna.

  • Paket Enterprise

Paket enterprise menjadi paket termahal untuk layanan Google Suite, untuk sewa perbulannya $25/user/bulan. Dari segi fitur yang didapatkan akan lebih lengkap dengan kemampuan kontrol yang lebih.

Harga Paket Google Suit Qwords
Harga Paket Google Suit Qwords

Kabar baiknya di Qwords juga menyediakan layanan Google Suite Murah dengan fitur yang lebih lengkap, cek saja pada gambar diatas.

Harga yang dicantumkan diatas masih dalam masa promo, untuk harga normalnya yang pasti akan lebih mahal. Untuk memaksimalkan email bisnis menggunakan Google Suite, Anda perlu mengkombinasikan dengan email marketing tools. Email marketing memungkinkan Anda untuk mengirim email kesemua database kontak yang Anda miliki.

MailToGo adalah layanan email marketing murah dari Qwords.com, cukup dengan biaya 66.000/bulan Anda sudah bisa menikmati layanan email marketing dengan unlimited contact. Tunggu apalagi miliki email marketingmu sekarang juga dengan MailToGo.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *