Bagi yang sering berkutat dengan dunia website atau digital marketing, tools analisa website seperti Alexa Rank tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Namun, mungkin banyak pula yang belum tahu apa itu Alexa Rank serta bagaimana fungsi dan cara kerjanya.

Nah, untuk membantu agar lebih mengenal lebih baik lagi terkait apa itu Alexa Rank pada artikel kali ini sudah kami tuliskan penjelasan tentang Alexa Rank yang disertai dengan cara kerja, sejarah, serta tips cara merampingkan ranking Alexa.

mengenal alexa rank indonesia
mengenal alexa rank indonesia

Bagaimana Sejarah Kemunculan Alexa?

Bagi para pemula, Anda tentu ingin mengetahui sejauh mana kepopuleran blog atau website yang Anda buat. Sebenarnya ada banyak cara untuk menganalisa sebuah website, namun yang paling dikenal dan menjadi patokan banyak orang adalah Alexa Internet inc. atau yang biasa disingkat sebagai Alexa.

Baca juga: 7 Manfaat Internet Untuk Kehidupan Yang Perlu Anda Tahu

Di awal kemunculannya, Alexa merupakan sebuah perusahaan yang didirikan tahun 1996 di California, Amerika Serikat. Kemudian tiga tahun berselag atau tepatnya pada tahun 1999, Alexa diambil alih oleh Amazon, sebuah perusahaan internet besutan Jeff Bezos.

Sejak berdiri, Alexa memang terfokus dalam bidang pengumpulan data traffic website dengan tujuan untuk membantu bisnis digital lebih berkembang. Alexa memiliki berbagai produk, salah satu di antaranya seperti wayback machine yang notabene merupakan sebuah arsip internet. Namun, produk mereka yang paling terkenal dan menjadi patokan untuk analisa web adalah Alexa rank.

Apakah itu Alexa Rank?

 

Alexa Rank merupakan produk dari Alexa Internet Inc. tools ini hadir dalam bentuk berupa layanan metric yang mampu menyusun peringkat website sesuai popularitasnya. Data-data traffic tersebut berfungsi untuk memfasilitasi para pengguna seperti blogger dan webmaster untuk mengetahui informasi mengenai peringkat suatu situs atau website.

Alexa Rank mampu mendata berapa banyak jumlah orang yang mengakses atau menggunakan suatu website dalam kurun waktu tiga bulan terakhir dengan menggunakan gabungan pageviews dan reach.

Bagaimana Sistem Kerja Alexa Rank?

Menurut penjelasan dari laman resmi Alexa Internet Inc. Alexa Rank merangking popularitas jutaan website di dunia dengan cara menghitung dan mengkombinasikan jumlah pengunjung website setiap hari dengan jumlah pageview dalam kurun waktu tiga bulan terakhir.

Data tersebut mereka kumpulkan dari para pengguna internet yang menggunakan salah satu extension browser baik di Google Chrome, Internet Explorer, atau Mozilla Firefox yang terinstal script Alexa di dalamnya.

Alexa kemudian memakai algoritmanya untuk memperbaiki data-data yang cenderung bias untuk memberi data yang lebih akurat. Ada pula website-website yang memiliki coding Alexa di dalamnya sehingga sistem Alexa bisa langsung mengetahui berapa jumlah pengunjung yang mengakses website tersebut secara akurat, dibanding menggunakan data yang dikumpulkan dari penggunaan user internet.

 

Bagaimana Cara Cek Alexa Rank website?

Jika Anda ingin mengetahui bagaimana popularitas website atau blog Anda dengan Alexa Rank, Anda bisa mengeceknya dengan cara yang cukup mudah.

Anda tidak perlu menginstall widget atau extensions untuk melihat peringkat website Anda. Anda hanya perlu mengakses situs resmi Alexa di alexa.com. Seletah itu, kemudian Anda cukup mendaftarkan blog atau website Anda agar bisa memperoleh script Alexa yang akan dipasang pada bagian header blog atau website Anda.

Untuk melihat popularitas suatu website, Anda juga cukup menuliskan domain website yang ingin dicek, kemudian klik Find. Setelah itu Alexa akan langsung menunjukkan halaman yang berisi data – data yang sangat detail dari website tersebut, seperti bounce rate, jumlah halaman yang diakses pengunjung, dan juga total berapa lama waktu yang dihabiskan para pengunjung di website tersebut.

Ranking atau peringkat ini tersedia secara global dan menurut negara. Apabila Anda menggunakan fasilitas berbayar Alexa, Anda bahkan bisa melihat letak geografis pengunjung suatu website. Menarik bukan?

 

Kesimpulan

Itu tadi merupakan penjelasan mengenai Alexa Rank yang dapat membantu Anda untuk mengetahui peringkat dan popularitas website Anda. Dengan mengetahui data-data pengunjung yang mengakses situs, maka sedikit banyak dapat membantu agar Anda bisa lebih mengoptimalkan website atau blog yang sedang dikelola.

Terutama menyangkut soal kecepatan akses website dan tampilan yang belakangan ini menjadi isu sensitif di mata search engine maupun pengguna.

Baca juga: Cara Mengecek Kecepatan Website Dengan Mudah

Selebihnya, dengan berbekal data dari Alexa Rank, Anda bisa mengambil langkah strategis seperti memindahkan lokasi server hosting ke tempat yang paling dekat dengan lokasi meyoritas pengunjung, hingga menyesuaikan template blog dengan target usia rata-rata pembaca agar mereka semakin betah berlama-lama.

Bagaimana? Cukup banyak bukan manfaat yang bisa didapatkan dari menggunakan tools garapan Amazon ini?

Sekarang tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan Anda apakah akan mencoba menggunakan Alexa versi gratis dengan fitur terbatas atau memanfaatkan tools lain yang banyak tersedia di jagat dunia maya.

Terlepas dari itu, Apapun pilihan tools analitik website yang Anda pilih, jangan lupa untuk menggunakan pakt VPS Indonesia dari Qwords.com untuk memaksimalkan speed serta reliabilitas website bisnis Anda.

Semoga bermanfaat

 

2 Replies to “Mengenal Alexa Rank, Layanan Analisa Website Besutan Amazon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *