Semua orang pasti pernah secara tidak sengaja menghapus file penting berupa video, musik, gambar, atau dokumen yang ada di komputer  laptop, dan flashdisk. Contohnya, saat hendak mengecek adanya virus di laptop dengan aplikasi antivirus seperti Avira, AVG, dan lain sebagainya akan ada file yang mungkin terbaca sebagai virus, meski hanya file biasa. Jadi, ketika laptop dibersihkan, file yang terbaca sebagai virus itu juga akan  ikut terhapus.

Nah, bisa jadi suatu saat file yang sudah dihapus itu malah dibutuhkan. Kalau file itu berasal dari internet, mungkin Anda masih bisa megunduh ulang meskipun  itu  akan  menghabiskan kuota. Akan tetapi, kalau file tersebut adalah hasil jerih payah kita yang belum sempat di backup, maka Anda perlu mencari dan mempelajari cara mengembalikan file yang terhapus.

Bagaimana caranya? Simak selengkapnya pembahasan di bawah ini!

Cara Ampuh Mengembalikan File yang Terhapus

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer
Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer

Tak perlu bingung tentang bagaimana cara mengembalikan file yang tak sengaja terhapus di komputer, laptop dan flashdisk. Coba 4 cara berikut ini.

1.Menggunakan PC Inspector File Recovery

file recovery
file recovery

Untuk menggunakan PC Insperctor File Recovery Site Anda perlu mengunduhnya dulu. Kalau sudah diunduh, buka dan jalankan software nya. Selanjutnya ikuti langkah yang ada di petunjuk.

Di dashboard software ada tiga pilihan yaitu find lost drive, find lost data, dan recover deleted files. Pilihan tersebut disesuaikan berdasarkan fungsi yang Anda butuhkan.

Baca juga: Cara Mengecilkan Ukuran File JPG

Untuk cara mengembalikan file yang terhapus, Anda pilih “recover deleted files” kemudian klik opsi “select logical drive”. Dari situ Anda akan digiring ke daftar drive yang ada di komputer Anda.  Lalu, pilih di disk mana file Anda terhapus dan klik centang berwarna hijau di bagian  bawah tampilan  untuk melakukan scanning. Tunggu hingga proses scanning selesai. Kemudian   lihat status file jika “good” maka file masih aman dan bisa kembali. Klik kanan di file itu dan klik opsi ”save to” lalu pilih lokasi untuk menyimpan. Tunggu lagi proses restore sampai selesai dan file Anda akan pun kembali.

 

2.Mencoba Fitur Previous Version

Anda bisa mencoba fitur previous version, untuk cara mengembalikan file yang terhapus di laptop. Tapi sebelum  itu, ingat dulu dimana Anda meletakkan file yang  sudah  terhapus itu. Kalau  sudah, masuk dalam folder tersebut lalu klik kanan. Pilih “previous version”.  Menggunakan perintah ini sama dengan mengembalian folder pada versi dulu saat file belum terhapus dari laptop Anda.

 

3.Menggunakan Recycle Bin

recycle bin qwords
recycle bin qwords

Teknik mengembalikan file yang terhapus menggunakan  recycle bin merupakan cara yang paling umum digunakan. Semua komputer maupun laptop pasti punya tool ini karena ini merupakan tool bawaan pabrik. Jadi, Anda tidak perlu download aplikasi atau software.

Pertama, buka tool atau icon recycle bin. Dari situ, Anda akan menemukan file terdahulu yang sudah terhapus baik secara tidak sengaja maupun di sengaja. klik kanan di file dan  lanjut pilihlah opsi  restore. Dengan otomatis, file akan kembali ke disk tempat Anda menyimpan terdahulu. Cara ini tergolong yang mudah diingat dan  digunakan. Meski terlogong mudah, recycle bin termasuk salah satu cara mengembalikan file yang terhapus permanen yang banyak digunakan sampai saat ini.

 

4.Software Recuva

recuva qwords.com
recuva qwords.com

Recuva merupakan software yang banyak digunakan sebagai cara mengembalikan file yang terhapus di flasdisk. Bagaimana caranya? Pertama, masukkan flashdisk Anda ke laptop atau komputer. Untuk Anda yang belum punya Recuva, unduh dan  install software recuva terlebih dahulu. Bisa diunduh melalui situs resmi mapun software hasil crack.

Baca juga: Cara Menggunakan FileZilla untuk Upload File ke Web Hosting

Setelah berhasil diinstal, buka Recuva. Di tampilan awal Recuva, Anda akan diminta menentukan jenis file yang akan Anda kembalikan. Pilihlah opsi all files” dan next”. Di kolom dialog selanjutnya yakni “file location”, pilihlah opsi “in  spesific location” lalu “browse”, giring ke drive flashdisk tempat file terhapus. Lalu klik next”. Di kolom dialog  Recuva selanjutnya, centang enable feep scan” danstart”.

Recuva selanjutnya akan melakukan  scanning, tunggulah beberapa saat. Setelah itu, akan  ada tampilan file dengan beragam warna. File yang masih bisa dikembalikan lagi akan berwarna hijau. Jika berwarna kuning, artinya bisa dikembalikan tapi bisa jadi file sudah rusak. Sedangkan warna merah artinya tidak bisa dikembalikan lagi. Nah, untuk mengembalikan file, centang di kotak sebelah kiri file. Terakhir, pilih “recover”. Tunggu sampai proses recover selesai.

 

Backup File Penting dengan Layanan Cloud Hosting

 

Itulah empat cara mengembalikan file yang terhapus dengan mudah dan ringkas untuk diterapkan. Kini Anda sudah tidak perlu khwatir lagi kalau file penting tidak sengaja terhapus. Tapi tetap, langkah terbaik untuk mengamankan file Anda ialah dengan mem-backup data penting agar semua tersimpan dengan rapi dan aman.

Salah satu media penyimpanan file yang saat ini banyak digunakan oleh perusahaan maupun perorangan adalah teknologi cloud server. Sebagai top 5 provider cloud hosting di Indonesia, Qwords.com hadir menawarkan layanan Business Cloud Hosting dengan kapasitas penyimpanan hingga 130GB yang bisa diakses super cepat dari mana saja berkat teknologi Ultafast SSD dan Litespeed API.

Paket super optimal yang dirancang untuk para pebisnis ini juga semakin menarik dengan banderol harga mulai dari Rp150 ribuan/bulan. Jadi, tunggu apalagi segera amankan data Anda dengan fasilitas backup berbasis cloud di Qwords.com.

Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *