Untuk melakukan pencarian dari sumber permasalahan secara sistematik, maka seseorang membutuhkan troubleshooting jaringan. Dengan bantuan troubleshooting inilah maka setiap permasalahan yang terjadi pada komputer atau jaringan dapat terselesaikan dengan mudah dan cepat, termasuk proses penghilangan dari penyebab potensial pada suatu masalah.

Troubleshooting ini sering kali digunakan dalam berbagai bidang, misalnya untuk bidang komputer, bidang administrasi sistem, bidang elektronika atau bidang kelistrikan. Segala sesuatu permasalahan yang berhubungan pada komputer seringkali disebut sebagai troubleshooting. Sementara untuk permasalahan menggunakan software harus dilakukan pendeteksian terlebih dahulu.

Pengertian Troubleshooting Jaringan

Troubleshooting Jaringan
Troubleshooting Jaringan

Pengertian dari troubleshooting pada jaringan yaitu proses melakukan serangkaian dalam meminimalisir adanya potensi-potensi permasalahan antara satu persatu sebelum ditemukan sumber permasalahan tersebut. Dalam melakukan troubleshooting ini, maka terdapat tiga langkah pokok yang harus dilakukan, terutama untuk mengatasi troubleshooting wifi yang ada di rumah maupun di kantor.

Ketiga dari langkah pokok troubleshooting jaringan yaitu melakukan isolasi masalah, melakukan troubleshooting masalah dan menghubungi technical support apabila dibutuhkan. Secara umum komputer yang telah terhubung pada jaringan memang seringkali akan mendapat gangguan atau kerusakan, baik itu dari sisi software maupun dari sisi hardware.

Salah satu penyebab permasalahan yang sering terjadi ini yaitu karena jumlah pengguna komputer yang semakin banyak dan terhubung pada suatu sistem jaringan. Pada biasanya dalam jaringan wi-fi di kantor maupun di rumah terdapat tiga lapisan, yaitu modem atau router, internet dan juga komputer dalam jaringan.

Melalui troubleshooting ini, maka segala permasalahan yang terjadi pada komputer, termasuk pada jaringan bisa teratasi dengan sebaik mungkin. Meskipun tidak semua orang bisa melakukan cara ini, namun setidaknya Anda masih bisa mengikuti beberapa langkah yang akan dijelaskan pada ulasan di bawah. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengkhawatirkan jika Anda mengalami troubleshooting.

Baca juga : Error Pada Hosting dan Cara Mengatasinya

Langkah-Langkah Troubleshooting Jaringan

Langkah-Langkah Troubleshooting Jaringan
Langkah-Langkah Troubleshooting Jaringan

Untuk melakukan troubleshooting komputer pada jaringan, maka ada beberapa cara dan langkah yang perlu Anda ikuti supaya bisa teratasi dengan baik dan cepat. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan yang ada di bawah ini:

  1. Pastikan terdapat tanda seru

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu bahwa Anda harus memastikan bahwa pada bagian sistem systray atau pada bagian bawah pojok kanan komputer terdapat tanda seru yang berwarna kuning. Apabila komputer memiliki tanda seperti ini, maka berarti tidak dapat terkoneksi pada akses internet. Untuk bisa mengatasi hal ini silahkan ikuti langkah berikut:

  • Silahkan masuk pada bagian control panel dan pilihlah jaringan atau network and sharing Center.
  • Setelah itu Anda dapat membukanya dengan cara klik bagian change adapter setting.
  • Jika sudah silahkan klik kanan di bagian wireless network connection kemudian pilih properties.
  • Langkah selanjutnya klik 2 kali di bagian internet Protocol version 4.
  • Jika sudah, Anda dapat melihat Windows yang akan menampilkan mengenai detail dari IP address dalam komputer.
  • Silahkan kosongkan seluruh IP address dengan cara memilih obtain an IP address automatically.
  • Klik OK dan tunggulah hingga IP address yang berasal dari DHCP server hotspot muncul.
  • Selanjutnya silahkan perhatikan icon wireless connection pada systray. Komputer sudah bisa digunakan apabila tanda seru warna kuning sudah hilang.
  1. Terjadi permasalahan dibagian wi-fi card laptop

Apabila langkah yang pertama Anda mengalami kegagalan, hal ini berkemungkinan adanya permasalahan pada bagian wi-fi card komputer. Permasalahan semacam ini seringkali terjadi pada driver hardware komputer. Untuk mengatasi troubleshooting jaringan seperti ini, silahkan lihat di bagian device manager. Untuk caranya, ikuti langkah berikut:

  • Silahkan klik kanan di bagian my computer lalu pilih manager.
  • Pilihlah Device Manager.
  • Perhatikan di bagian Network adapter dan klik bagian kanan hardware wi-fi pada komputer, kemudian klik uninstall.
  • Ketika sudah terdeteksi system driver, maka akan secara otomatis dapat terinstal kembali.
  • Selanjutnya Anda dapat mengklik kanan dan silahkan memilih scan for hardware change supaya sistem dapat terdeteksi dan melakukan penginstalan ulang.
  • Jika device manager telah tertutup, maka pada hotspot wi-fi akan kembali secara otomatis, sehingga internet bisa digunakan secara normal.
  1. Adanya serangan pengguna netcut

    Apa Itu Jaringan
    Apa Itu Jaringan

Netcut adalah software pemotongan pada koneksi internet pada saat terkoneksi dalam jaringan umum,  misalnya seperti hotspot disebut sebagai netcut. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa mengikuti solusi berikut:

  • Silahkan ganti IP Anda dan gunakan software pelindung, misalnya seperti anti netcut maupun anti ARP.
  • Dengan cara ini maka penyebab dari wi-fi komputer tidak terkoneksi bisa Anda atasi dengan baik.

Secara umum komputer yang tidak terkoneksi pada hotspot area atau wifi ada beberapa alasan yang memicunya. Oleh karena itu Anda harus mengetahui permasalahan yang terjadi sebelum mengatasinya. Melalui langkah-langkah yang ada di atas, maka Anda bisa mengatasi permasalahan yang terjadi pada wifi, termasuk troubleshooting jaringan.

Perlu diketahui pula bahwa Qwords.com tidak hanya menyajikan artikel-artikel dalam hal jaringan saja, Qwords memiliki layanan Domain, Hosting, Server murah dengan pelayanan terbaik. Selain itu Qwords memiliki layanan Email Marketing Indonesia yang memungkinkan untuk Anda berkirim email sekaligus kepada ribuan pengguna. Untuk masalah harga jangan khawatir untuk paling murah 66.000/bulan saja Anda sudah bisa menikmati layanan email marketing. Tunggu apalagi jangkau pelangganmu lebih banyak lagi dengan tools email marketing.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *