Error establishing a database connection pada WordPress merupakan salah satu error yang paling banyak dijumpai oleh pengguna WordPress. Jika kamu menjumpai masalah ini tidak perlu panik yang berlebih, karena untuk memperbaikinya tidaklah terlalu rumit, Ada tips mudah mengatasi error establishing a database connection pada WordPress yang bisa kamu coba.

Tips Mudah Cara Mengatasi Error Establishing a Database Connection pada WordPress
Tips Mudah Cara Mengatasi Error Establishing a Database Connection pada WordPress

Jika mengalami masalah sepeti ini segeralah diperbaiki, karena jika sudah terjadi website atau blog tidak bisa diakses sehingga pengunjung website akan hilang, sales menurun atau bahkan potensi untuk mendapatkan keuntungan menjadi berkurang.

Mungkin kamu kebingungan kenapa kok bisa error establishing a database connection, padahal sebelumnya normal-normal saja. Nah pada artikel kali ini kami akan membahas secara lengkap mengatasi error establishing a database connection secara lengkap.

Apa itu error establishing a database connection

Sebelum lanjut, kamu perlu tahu dulu bahwa error establishing a database connection itu apa sih?. Error ini terjadi karena PHP tidak bisa berkomunikasi dengan Database. CMS WordPress menyimpan semua datanya di MySQL Database yang isinya meliputi post data, page data, meta data, plugin WordPress, settings, login data dll. Selain itu ada beberapa jenis file yang tidak masuk dalam database WordPress terutama file-file yang berhubungan dengan coding php, css javascript dll. Keduanya jika normal akan saling berhubungan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pengunjung website.

Mengatasi-Errorestablishing a database connection
Mengatasi-Errorestablishing a database connection

Ketika ada pengunjunng website/blog datang, PHP akan melakukan eksekusi kode halaman yang diminta oleh pengunjung dan diteruskan ke bagian database, jika sudah ketemu kemudian akan ditampilkan dibroswer pengunjung. Jika proses ini berjalan lancar maka tidak ada pesan error yang muncul, tetapi jika error maka akan tampil pesan error establishing a database connection pada broswer seperti gambar diatas.

Penyebab error establishing a database connection

Perlu sahabat qwords ketahui bahwa ada beberapa penyebab yang sering ditemui pada WordPress, berikut daftarnya:

> Database Corrupt

Database corrupt bisa terjadi terutama saat melakukan editing coding yang tidak benar sehingga menyebabkan masalah koneksi ke database WordPress.

> Login credential untuk database salah

Login credential user dan password yang berbeda dengan yang ada di cPanel hosting sehingga terjadi error.

> Server hosting down

Penyebab server hosting down biasanya terjadi karena memang server sedang ada perbaikan atau server hosting yang kamu gunakan tidak kuat menampung jumlah pengunjung yang datang sehingga database menjadi error tidak bisa diakses.

> Plugin bermasalah

Penggunaan plugin WordPress yang bermasalah bisa membuat error database WordPress, karena adanya perubahan pada script coding yang dilakukan oleh plugin. Kamu bisa baca terlebih dahulu daftar plugin WordPress terbaik yang wajid kamu ketahui pada artikel sebelumnya.

Sebelum lanjut ke cara mengatasi error establishing a database connection, pastikan dulu kamu tahu username dan password akun cPanel mu dulu, Jika tidak tahu silahkan cari email dari penyedia hosting saat pembelian hosting baru.

Cara Mengatasi Error Establishing a Database Connection

1. Cek Credential Database

Masalah ini sering ditemui terutama bagi kamu yang baru saja migrasi database ke server hosting baru. Cek nama database dan username apakah sudah sama atau belum. Jika berbeda berarti itu penyebab dari error establishing a database connection.

Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mengatasinya:

  • Login ke akun cPanelmu dan buka di File Manager > public_html > nama domain/subdomainmu > wp_config.php
Wp-config di cPanel
Wp-config di cPanel
  • Buka wp-config.php dengan pilih menu edit dibagian atas
  • Cek pada DB_NAME dan DB_USER pastikan sama keduanya.
Cek DB Name dan DB User
Cek DB Name dan DB User

2. Repair Database

Dalam beberapa kasus lain, error establishing a database connection tidak hanya tulisan itu saja, tetapi ada tambahan info error isinya “One or more database tables are unavailable. The database may need to be repaired”. Nah kalau menjumpai seperti ini berarti ada file database yang rusak, untuk memperbaikinya bisa ikuti langkah dibawah ini:

  • Login ke akun cPanel mu dan buka di File Manager > public_html > nama domain/subdomainmu > wp_config.php
Wp-config di cPanel
Wp-config di cPanel
  • Buka wp-config.php dengan pilih menu edit dibagian atas
  • Lalu tambahkan script define( ‘WP_ALLOW_REPAIR’, true); dibawah <?php
Menambahkan Coding Repair Database
Menambahkan Coding Repair Database
  • Save dan kemudian coba
  • Akses repair database dengan domainanda.com/wp-admin/main/repair.php
Wordpress Database Repair Info
WordPress Database Repair Info
  • Pilih Repair Database

 

3. Mematikan Plugin WordPress

JIka dua langkah diatas masih tidak bisa mengatasi, maka cara yang ketiga ini dengan mematikan semua plugin yang sudah terinstall. Tenang saja, unntuk plugin hanya dimatikan sementara saja, nanti bisa dikembalikan seperti awal lagi. Caranya sebagai berikut:

  • Login ke akun cPanelmu dan buka di File Manager > public_html > nama domain/subdomainmu
Wp-config di cPanel
Wp-config di cPanel
  • Masuk ke wp-content > plugin
Wp-content untuk mematikan plugin
Wp-content untuk mematikan plugin
  • Rename pada tiap folder plugin dengan tambahan –disabled
Rename plugin WordPress
Rename plugin WordPress
  • Lakukan ganti pada tiap plugin dan cek apakah ada perubahan atau tidak

4. Hubungi Penyedia Server Hosting Yang Kamu Gunakan

Jika semua cara diatas sudah kamu lakukan dan hasilnya sama saja tetap masih error establishing a database connection, maka coba hubungilah ke penyedia server hosting. Beritahulah kepada bagian teknikalnya perihal masalah yang sedang kamu alami.

Nah demikianlah pembahasan mengena tips mudah mengatasi error establishing a database connection. Perlu diperhatikan pula saat pemilihan penyedia jasa server hosting supaya mencari yang selalu fast respond dalam menangani masalah. Di Qwords kami meyediakan CS yang selalu online 24 jam 7 hari yang siap membantu kamu dalam menyelesaikan semua masalah domain hosting.


Terima Kasih

2 Replies to “Tips Mudah Mengatasi Error Establishing a Database Connection Pada WordPress

  1. Terima kasih informasinya ini yang dicari, ternyata ada kesalahan saat input username dan password di database. Jadi muncul error seperti di atas. Hmm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *