google dan web tips

Pernahkah anda bertanya-tanya, mengapa website lain muncul di halaman utama daftar pencarian atau Search Engine Result Page (SERP) sedangkan website anda tidak? Ternyata ada rahasia di balik dapur search engine dan ada alasan mengapa Google memilih beberapa website untuk diletakkan di halaman utamanya. Kuncinya ada pada Search Engine Optimization (SEO). SEO merupakan metode untuk meningkatkan kualitas kunjungan website melalui mesin pencari. Proses dalam SEO membuat website anda visible dalam pencarian organik. Mengapa pencarian organik? Karena hasil yang ditemukan dari pencarian organik adalah situs-situs yang tidak didukung oleh iklan dan tidak membayar agar berada di halaman utama Google. Relasi antara Google, SEO, dan website dapat dijelaskan dengan sebuah analogi. Kepada siapa anda meminta pertolongan jika anda hidup jauh dari keluarga? Tentu kepada teman atau tetangga terdekat anda, bukan? Mengapa anda memilih untuk meminta pertolongan kepada mereka? Karena sudah lama kenal? Karena orang tersebut mudah dipercaya? Atau karena orang tersebut cepat dan sigap saat diminta pertolongan? Begitu pula dengan Google yang punya alasan tersendiri untuk menunjukkan atau tidak menunjukkan website anda. Lalu, apa syarat dari Google agar website anda ditunjukkan di daftar hasil pencarian?

 

  1. Judul dan konten relevan

Teman atau tetangga yang anda pilih untuk membantu anda tentu memiliki keahlian yang relevan dengan kebutuhan anda. Misalnya anda meminta bantuan untuk membawakan barang yang berat, bukan seorang anak kecil yang anda mintai bantuan, melainkan seorang laki-laki dewasa. Begitu pula dengan Google, website yang diambil adalah yang isinya relevan. Relevan maksudnya terdapat kesesuaian antara judul, deskripsi, dan konten. Ketika pencari mengetik kata kunci tertentu, maka Google akan menunjukkan beberapa situs yang menunjukkan konten yang relevan/sesuai.

 

  1. Situs dikenali

Syarat kedua, situs web anda harus dikenali agar Google menunjukkannya di halaman awal pencarian. Apa maksudnya dikenali? Website anda bukanlah website yang diblokir oleh pihak pemerintah. Pemblokiran situs akan membuat website anda tidak dikenali oleh mesin pencari. Penyebab pemblokiran bisa bermacam-macam, antara lain karena konten yang berbau pornografi, konten negatif, mengandung unsur kriminal, melanggar UU ITE, dan sebagainya. Karena itu, buatlah website untuk hal-hal yang membawa manfaat bagi orang banyak. Website dapat dikenali Google juga dikarenakan konsistensi update konten, seringnya anda posting, serta aktivitas yang berkelanjutan.

 

  1. Website dipercaya

Apa alasan anda memilih teman anda untuk menjadi partner bisnis? Pasti karena anda telah mempercayainya, bukan? Sama seperti anda, Google akan memunculkan website yang dipercaya pada hasil pencarian. Dipercaya maksudnya, website anda berisi fakta dan tidak ada unsur tipuan. Hal ini sering terjadi pada toko online abal-abal yang tidak ditampilkan oleh Google karena banyak indikasi penipuan. Google tidak akan menunjukkan website yang isi kontennya asal-asalan. Cara ampuh agar website anda dipercaya adalah dengan memberikan ekstensi yang dipercaya seperti .id, .com, .net, dan masih banyak lagi. Dengan memilih hosting dan domain di Qwords, website anda akan meningkat kredibilitasnya. Tinggal tentukan nama domain untuk situs anda, kemudian pilih ekstensi yang sesuai tema website.

Baca juga: 6 Tema Blog Paling Banyak Dicari
Baca juga: 6 Tema Blog Paling Banyak Dicari
  1. Website ringkas, cepat, dan ringan

Tak hanya pengunjung situs anda saja yang akan menyukai website ringan, Google juga menyukainya. Website yang ringan disebabkan ukuran gambar yang tidak terlalu besar, penggunaan widget yang seperlunya, dan tema bawaan yang sederhana. Google juga akan menunjukkan website anda jika kontennya ringkas, tulisan tidak bertele-tele, padat, dan to the point. Selain itu, website yang kecepatannya di atas rata-rata juga disukai. Apabila load website (buffering) lebih dari 3 detik, tab akan di-close lalu mereka akan beralih ke tab lain. Karena itu, organisasikan website anda agar kontennya ringkas, akses cepat, serta ringan jika dibuka.

 

  1. Backlink yang baik

Website akan ditunjukkan Google apabila banyak terdapat link terkait, backlink bagus, kuat, dan dapat dipercaya. Apa itu backlink? Bagaimana membuatnya menjadi link yang kuat dan dipercaya? Ibarat seorang marketing yang rajin melakukan promosi brand, backlink merupakan tools untuk mempromosikan link website anda. Misalnya anda memiliki 4 sosial media, maka upayakan di keempat sosial media itu terdapat link yang kembali mengarah pada website. Semakin banyak backlink, maka makin banyak relasi yang menunjukkan website anda sehingga traffic nya meningkat.

 

  1. Website berbayar

Seperti yang dijelaskan di pembukaan artikel, SEO menggunakan hasil pencarian jenis organik. Sesungguhnya terdapat dua jenis hasil pencarian yakni organik dan anorganik. Hasil pencarian organik adalah yang muncul tanpa didukung oleh iklan/Ad, biasanya muncul di bawah judul berupa ikon. Hasil pencarian organik adalah yang alami dan tidak berbayar, namun kekurangannya akan mudah diblok oleh pihak lain. Sedangkan hasil pencarian anorganik sudah didukung oleh iklan dan berbayar. Karena berbayar itulah, sebuah website bisa berada di daftar paling atas pencarian. Anda dapat memilih menggunakan satu di antara keduanya. Dengan memanfaatkan SEO atau pencarian organik, anda tidak perlu membayar agar website anda berada di halaman awal pencarian. Cukup dengan kemampuan menulis yang baik.

 

Sekarang anda mengetahui alasan mengapa Google memunculkan website tertentu di daftar hasil pencariannya. Semoga poin-poin di atas dapat membantu menjawab pertanyaan anda ya sahabat Qwords! Jangan lupa, jika artikel ini bermanfaat, share untuk teman-teman lainnya ya!

Baca juga: Mengapa Brand Anda Harus Punya Website?
Baca juga: Mengapa Brand Anda Harus Punya Website?

6 Replies to “Mengapa Google Menunjukkan Website Anda?

  1. Artikel ini sangat berguna sekali buat para pemula untuk melakukan optimasi website. Artikel ini belum cukup untuk menambah ilmu bagi para pemula, tapi setidaknya ada bayangan bagi para pemula. Selain pokok pikiran yang tertuang dalam artikel ini terutama point 1, saya tambahkan untuk SEO. SEO yang kuat adalah SEO ON PAGE. Website saya http://www.boatcharterkomodo.com yang saya hpstingkan di http://www.qwords.com saat ini sudah halaman 3 di google.com dengan key pencarian komodo tours

    Terimakasih

    Komodo Boat Charter
    Phone: 082341117374

  2. mempromosikan website kita itu disebut backlink ya? Apakah dengan saling berkunjung kepada website lain juga termasuk backlink yang berkualitas?
    Apa saja cara membangun backlink yang baik?

    Mohon pencerahannya.

    1. Hai kak Hendri, backlink bisa menjadi salah satu tools untuk promosi web/blog anda. Backlink bisa kita dapatkan dengan cara komentar di blog lain atau dengan mencantumkan link web/blog di beberapa media sosial anda. Singkatnya, semakin banyak orang yang melihat atau menjumpai link website anda, tingkat atensi mereka tentu akan semakin besar. Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *