Saat akan memulai bisnis online, Anda pasti bingung untuk memulai bisnis apa. Karena saat ini banyak sekali jenis bisnis online dengan berbagai produk yang dijual. Bisnis online saat ini berbeda jauh dengan 5 tahun yang lalu saat belum adanya marketplace.

Marketplace saat ini hampir menguasai hasil pencarian di mesin pencari. Apalagi ditambah dengan adanya iklan entah itu dari Google Ads atau dari Facebook Ads yang banyak berseliweran. Ini semua bisa membuat Anda minder terlebih dahulu untuk memulai bisnis, apalagi bagi yang akan memulai bisnis dengan budget yang minim.

Sekarang ini seolah-olah pemain kecil tidak punya celah untuk melawan pebisnis kelas besar, untuk mendapatkan pembeli pun sekarang ini dirasa lebih susah jika dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Ini semua bukan menakut-nakuti Anda untuk tidak jadi berbisnis online, tetapi memang sekarang ini keadaannya seperti itu.

Bukan berarti Anda harus menyerah sebelum berperang, ada salah satu cara untuk berbisnis online yang mampu mendatangkan penghasilan yaitu dengan cara masuk ke dalam niche market yang tidak dikuasai oleh marketplace dan iklan. Lalu apa itu niche market?

Apa Itu Niche Market?

Menentukan Niche Market
Menentukan Niche Market

Niche market adalah sekelompok konsumen yang memiliki ketertarikan pada suatu produk yang lebih spesifik. Tujuan menggunakan niche market ini adalah untuk menjaring konsumen yang lebih spesifik di pasaran. Contoh niche market seperti Qwords menjual layanan hosting untuk keperluan website, untuk menarget niche market Qwords menyasar khusus pengguna website WordPress, Qwords membuat layanan Hosting WordPress yang sudah dioptimasi untuk khusus pengguna WordPress.

Namun Anda jangan salah meskipun marketnya tidak banyak, tetapi keuntungan yang didapatkan bisa bisa lebih tinggi. Anda sebagai pemilik bisnis dengan target niche market bisa lebih mudah menguasai pasar karena persaingan tidak banyak.

Perbedaan Niche Market dan Mass Market

Dalam market bisnis online, ada dua jenis market yang perlu Anda ketahui yaitu niche market dan mass market.  Lalu apa perbedaan antara niche market dan mass market itu?

Market niche berarti segmentasi pasar yang sangat spesifik seperti layanan WordPress Hosting. Jadi marketnya hanya menyasar pada pengguna WordPress saja. Sedangkan untuk mass market adalah segmentasi pasar yang cakupannya lebih luas dan umum. Sebagai contoh Qwords menjual layanan hosting yang bisa digunakan untuk semua orang sesuai dengan kebutuhannya saja.

Perbedaan keduanya antara niche market dan mass market adalah cakupan pasarnya yang satunya sangat spesifik dan satunya pasarnya lebih luas atau umum.

Kenapa Harus Niche Market?

Mungkin diantara kalian ada yang berpikiran kenapa harus memilih niche market? Padahal mass market memiliki jumlah konsumen yang lebih banyak dan berpotensi menghasilkan keuntungan yang lebih banyak. Nah berikut kami berikan alasan kenapa harus memilih niche market:

  • Kompetitor lebih sedikit

Segmen niche market memang belum banyak digarap oleh para pelaku bisnis online skala besar. Ini menjadi peluang besar yang bisa Anda kerjakan karena memiliki peluang besar. Untuk itu ini bisa jadi peluang yang menjanjikan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

  • Peluang pendapatan tinggi

    Omzet meningkat
    Omzet meningkat

Karena persaingan yang sedikit, maka peluang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar semakin tinggi. Karena target konsumen Anda yang spesifik, Anda bisa menaikan harga dari harga normal, apalagi jika tidak ada kompetitor Anda bisa melakukan monopoli harga sehingga keuntungan yang didapat lebih besar lagi.

  • Pemasaran lebih mudah

Memilih niche market memang tepat, dalam segi pemasaran tidak dipusingkan dengan target konsumen yang masih bias. Anda akan lebih mudah mengetahui calon konsumen siapa saja dan kebutuhannya apa saja. Nah disinilah Anda bisa melakukan strategi pemasaran yang tepat sesuai kebutuhan konsumen untuk menaikan omset penjualan bisnis online.

  • Loyalitas lebih tinggi

Niche market bisa membangun loyalitas kepada konsumen yang lebih tinggi, sebab dari segi konsumen yang lebih spesifik sehingga Anda sebagai pemilik bisnis online bisa melakukan pendekatan yang lebih.

  • Brand mudah dikenal

Nah alasan kenapa harus memilih niche market yang terakhir adalah brand dari bisnis Anda mudah dikenal. Karena kompetitor yang sedikit dan loyalitas konsumen yang tinggi, maka untuk mengenalkan brand kepada konsumen menjadi lebih mudah.

Baca juga : Panduan Digital Marketing Untuk Pemula

Cara Menentukan Niche Market

Market Strategi
Market Strategi

Setelah Anda memahami alasan kenapa harus memilih niche market, kini saatnya untuk bagaimana cara menentukan niche market untuk bisnis online Anda. Untuk itu silahkan ikuti pembahasannya dibawah ini:

1. Tentukan hal yang Anda suka

Dalam berbisnis secara online ada 2 cara yang bisa digunakan untuk memulai bisnis. Cara yang pertama dengan menemukan market bisnis Anda baru kemudian menjual produknya. Dan cara kedua dengan memiliki produk terlebih dahulu baru kemudian mencari target marketnya. Semuanya boleh-boleh saja tidak ada yang salah. Selain kedua cara diatas, Anda bisa memulai bisnis dari hal apa yang Anda suka. Bisnis yang dimulai dari hal yang disukai akan lebih enak saat menjalankannya.

2. Lakukan riset pasar

Setelah mendapatkan mass market dari hobi yang Anda miliki, kini saatnya untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk memastikan bahwa ada peluang bisnis yang bisa diambil. Orang-orang yang memiliki kebutuhan spesifik biasanya akan membentuk suatu grup atau komunitas secara online maupun offline. Coba bergabunglah masuk ke dalam komunitas tersebut dan lakukan riset yang mendalam tentang kebutuhannya.

3. Tentukan yang lebih spesifik

Setelah mendapatkan hasil dari riset tentang kebutuhan konsumen, kini saatnya Anda membuat segmentasi pasarnya yang lebih spesifik. Pastikan juga produk dari bisnis online yang akan Anda jual tersebut memiliki konsumen yang potensial. Tujuannya untuk memudahkan saat melakukan penjualan produk tersebut. Anda bisa memberikan pelayanan terbaik dan solusi kepada kebutuhan konsumen.

Nah bagaimana apakah Anda sudah ada gambaran bagaimana cara menentukan niche market yang tepat untuk bisnis online Anda? semua bisa Anda mulai dari sekitar Anda terlebih dahulu. Untuk Anda yang membutuhkan website untuk kebutuhan bisnis online bisa langsung menghubungi Jasa Pembuatan Website Murah dari bikin.website.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *