Banyak para pemula di bidang blogger yang kebingungan dalam menentukan topik apa yang akan dituliskan. Sampai-sampai ada yang sampai pusing dan berhenti tidak jadi membuat blog karena sudah mentok tidak juga mendapatkan topik konten untuk blog.

Setiap blogger terutama yang baru terjun ke dunia internet pasti banyak yang mengalami kebingungan, termasuk sahabat Qwords apakah juga termasuk didalamnya? Jika iya maka pada kesempatan hari ini kamu dipastikan sudah tidak kebingungan lagi karena akan dibahas mengenai cara termudah menemukan topik konten pada blog terutama untuk pemula.

cara termudah menentukan konten pada blog.png
cara termudah menentukan konten pada blog.png

Dalam dunia blog, topik adalah inti dari semua tulisan yang ada. Jadi diusahakan dalam membuat topik konten pada blog usahakan satu topik saja jangan campur-campur dengan topik yang lainnya. Semakin spesifik topik yang dibahas akan semakin bagus pula blog yang dibuat, apalagi pembahasan topij yang isinya konten-konten yang membutuhkan keahlian khusus seperti topic programming, akuntansi dan lain sebagainya.

Oh iya sebelum lanjut jika kamu perlu mengetahui alasan penting melakukan update konten rutin setiap hari yang sudah dibahas di artikel sebelumnya. Silahkan baca terlebih dahulu agar lebih memahami.

Menemukan Topik Konten Blog

Topik memang memegang peranan penting dalam memulai sebuah blog. Kalau kita sudah menulis topik dan yang dibahas tidak menarik kan percuma, sudah rugi waktu, tenaga bahkan uang. Berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencari topik blog yang menarik untuk dibuat:

1. Inspirasi Dari Blog Lain

Jika kamu tidak memiliki ide topik yang akan dibahas, maka cara yang paling mudah adalah browsing ke blog-blog orang lain yang memiliki reputasi yang tinggi. Selain itu setelah kamu menemukannya, kamu bisa menjadikan blog orang lain tersebut sebagai kiblat untuk menulis konten, meskipun topiknya sama tetapi isinya tidak boleh sama.

2. Membuka Forum

Salah satu ciri topik yang menarik dan populer adalah adanya forum. Jadi kamu bisa menentukan topik dari bahasan forum tersebut, selain itu kamu juga bisa menjadikan pertanyaan-pertanyaan dari forum menjadi sebuah artikel yang menarik untuk dibaca.

menemukan forum di google
menemukan forum di google

3. Mencari Group Populer

Banyak group-group terutama di social media seperti facebook, instagram dan lainnya yang isinya ramai sekali anggotanya. Ini bisa menjadi ide awal untuk pembuatan topik konten yang menarik, selain itu lewat group ini kamu juga bisa melakukan share setiap ada artikel yang sudah dipublish sehingga prosentase dibuka oleh anggota group akan lebih besar.

menentukan konten dari facebook
menentukan konten dari facebook

4. Mencari di Yahoo Answer dan Qoura

Coba kamu bisa search di Yahoo Answer atau Qoura untuk pertanyaan-pertanyaan yang paling sering ditanyaan. Semakin banyak pertanyaan berate semakin banyak orang yang membutuhkan akan topic bahasan tersebut. Selain itu kamu tinggal menjadikan pertanyaan tersebut menjadi sebuah konten pada blog yang menarik.

5. Udemy

Udemy adalah salah satu kursus berbasi online yang terbesar sampai saat ini. Kamu tinggal menemukan topik konten yang menarik, tapi perlu diperhatikan juga untuk mencari kursus yang memiliki nilai rating bagus. Kamu tinggal buka Udemy kemudian tuliskan sesuai dengan konten yang akan kamu buat, sebagai contoh saya menuliskan “Digital Photograaphy”.

6. Pinterest

Jika dibandingkan dengan facebook dan instagram ataupun twitter, pinterest memiliki perbedaan yaitu disini orang-orang bukan hanya menulis status atau memposting foto dan video saja, melainkan berbagi bacaan artikel yang menarik. Memang pinteres didesain menjadi sumber mencari topik yang menarik, kamu tinggal memanfaatkan fitur search dan menuliskan topik yang sedang kamu baca.

7. Konten Hobi

Jika kamu memiliki hobi contoh saja fotografi, maka ini bisa menjadi konten pada blog yang akan kamu buat. Selain itu nantinya dalam membuat konten pada blog kamu tidak akan mudah merasa bosan dan kekuranggan ide, karena memang sudah memiliki passion dalam bidang hobi tersebut.

menentukan-konten-blog-dari-hobi
menentukan-konten-blog-dari-hobi

8. Konten Tutorial

Tutorial sampai saat ini masih menjadi salah satu ide konten yang menarik. Karena akan banyak orang yang akan mencari berbagai macam tutorial untuk dijadikan sebuah panduan dalam melakukan suatu hal. Tetapi perlu dicari juga tutorial-tutorial yang memiliki peminat-peminat yang banyak sehingga tidak sia-sia dalam membuat sebuah konten.

9. Konten Review

Review juga menjadi konten yang menarik saat ini, dengan adanya review bisa menjadi referensi sebelum melakukan pembelian untuk sebuah produk baik itu berbentuk barang atau jasa. Sekarang ini yang paling ramai mengenai review tentang barang-barang elektronik seperti smartphone, laptop dan lain sebagainya.

10. Konten Tentang Tips

Yang terakhir adalah konten yang berisi tentang tips-tips. Ada salah satu kelebihan dari konten yang isinya tentang tips, yaitu konten bersifat evergreen atau akan selalu relevan walaupun dibuka kapan saja. Sehingga kamu cukup membuat konten sekali saja dan pengunjung  pada blog akan selalu datang sepanjang waktu.

Nah demikianlah pembahasan mengenai cara termudah menemukan topik konten pada blog yang paling banyak dikunjungi untuk saat ini. Jangan lupa juga perhatikan saat pemilihan hosting untuk blog yang anda kelola. Jangan sampai memilih hosting yang lemot sehingga menganggu loading blog sehingga menyebabkan pengunjung blog kamu pergi, akibatnya skor bounce rate tinggi dan peringkat blog di mesin pencari menjadi menurun.

Di Qwords kami menyediakan hosting dengan uptime server 99.99% dan akses cepat dari seluruh dunia. Jangan khawatir karena kami juga memberikan garansi 30 hari dan layanan 24 jam selama 7 hari untuk menjaga kepuasan pelanggan.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *