Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

Cara Menentukan Topik Konten Blog dan Contohnya

4 min read

cara termudah menentukan konten pada blog

Apakah sahabat Qwords kesulitan menentukan topik blog yang tepat untuk blog ?

Menemukan topik yang menarik dan relevan menjadi langkah awal yang penting dalam mengembangkan konten blog yang sukses.

Dalam artikel ini, kami akan membahas cara menentukan topik blog yang benar beserta tipsnya.

Karena dengan menggunakan strategi yang tepat, Anda dapat menemukan topik yang menarik, menginspirasi, dan sesuai dengan minat target pembaca website.

Agar tidak salah langkah, silahkan ikuti panduan menentukan topik untuk blog dibawah ini.

Mari kita mulai!

Apa Itu Topik Konten?

Topik blog adalah fokus utama dari konten yang ada di blog dan website.

Topik blog dapat bervariasi mulai dari topik yang spesifik niche hingga topik yang lebih umum dan luas. 

Contohnya seperti website penasihathosting.com, spesifik membahas tentang review hosting.

Contoh lain seperti website Qwords.com/blog, membahas seputar dunia IT yang berkaitan dengan website.

Pemilihan topik blog yang tepat menjadi langkah penting dalam menarik pembaca, membangun audiens, dan menciptakan konten yang baik. 

Topik blog yang baik harus sesuai dengan minat dan mengetahui kebutuhan target audiens serta dapat memberikan informasi, solusi, dan hiburan yang diinginkan oleh pembaca.

Pentingnya Menentukan Topik Konten

Jika Anda saat ini belum menentukan topik konten dari suatu website, ada beberapa alasan penting kenapa Anda harus memiliki topik konten.

Google telah merilis dokumen pada bulan Mei 2023 tentang Topical Authority, untuk full linknya bisa diakses pada URL berikut https://developers.google.com/search/blog/2023/05/understanding-news-topic-authority.

Isinya topical authority berisi tentang sistem yang mempertimbangkan berbagai sinyal untuk memahami tingkat keahlian suatu publikasi dalam bidang tertentu.

Otoritas topik yang digunakan oleh Google digunakan untuk menampilkan hasil penelusuran yang lebih relevan dan bermanfaat bagi pengguna.

Misalnya, jika pengguna mencari berita tentang “WordPress”, Google akan lebih cenderung menampilkan hasil dari website yang membahas topik paling lengkap berkaitan dengan WordPress.

Lalu bagaimana cara menentukan ide topik blog yang sesuai?

Cara Menemukan Topik Konten Blog

cara termudah menentukan konten pada blog.png

Topik memang memegang peranan penting dalam memulai sebuah blog.

Kalau kita sudah menulis topik dan yang dibahas tidak menarik kan percuma, sudah rugi waktu, tenaga bahkan uang.

Berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencari topik blog yang menarik untuk dibuat:

1. Inspirasi dari Blog Lain

Jika kamu tidak memiliki ide topik yang akan dibahas, maka cara yang paling mudah adalah browsing ke blog-blog orang lain yang memiliki reputasi yang tinggi.

Selain itu setelah kamu menemukannya, kamu bisa menjadikan blog orang lain tersebut sebagai kiblat untuk menulis konten, meskipun topiknya sama tetapi isinya tidak boleh sama.

2. Membuka Forum

Salah satu ciri topik yang menarik dan populer adalah adanya forum.

Jadi kamu bisa menentukan topik dari bahasan forum tersebut, selain itu kamu juga bisa menjadikan pertanyaan-pertanyaan dari forum menjadi sebuah artikel yang menarik untuk dibaca.

menemukan forum di google
menemukan forum di google

3. Mencari Group Populer

Banyak group-group terutama di social media seperti facebook, instagram dan lainnya yang isinya ramai sekali anggotanya.

Ini bisa menjadi ide awal untuk pembuatan topik konten yang menarik, selain itu lewat group ini kamu juga bisa melakukan share setiap ada artikel yang sudah dipublish sehingga prosentase dibuka oleh anggota group akan lebih besar.

menentukan konten dari facebook
menentukan konten dari facebook

4. Mencari di Yahoo Answer dan Qoura

Coba kamu bisa search di Yahoo Answer atau Qoura untuk pertanyaan-pertanyaan yang paling sering ditanyaan.

Semakin banyak pertanyaan berate semakin banyak orang yang membutuhkan akan topic bahasan tersebut.

Selain itu kamu tinggal menjadikan pertanyaan tersebut menjadi sebuah konten pada blog yang menarik.

5. Udemy

Udemy adalah salah satu kursus berbasi online yang terbesar sampai saat ini.

Kamu tinggal menemukan topik konten yang menarik, tapi perlu diperhatikan juga untuk mencari kursus yang memiliki nilai rating bagus.

Kamu tinggal buka Udemy kemudian tuliskan sesuai dengan konten yang akan kamu buat, sebagai contoh saya menuliskan “Digital Photograaphy”.

6. Pinterest

Jika dibandingkan dengan facebook dan instagram ataupun twitter, pinterest memiliki perbedaan yaitu disini orang-orang bukan hanya menulis status atau memposting foto dan video saja, melainkan berbagi bacaan artikel yang menarik.

Memang pinteres didesain menjadi sumber mencari topik yang menarik, kamu tinggal memanfaatkan fitur search dan menuliskan topik yang sedang kamu baca.

7. Konten Hobi

Jika kamu memiliki hobi contoh saja fotografi, maka ini bisa menjadi konten pada blog yang akan kamu buat.

Selain itu nantinya dalam membuat konten pada blog kamu tidak akan mudah merasa bosan dan kekuranggan ide, karena memang sudah memiliki passion dalam bidang hobi tersebut.

menentukan-konten-blog-dari-hobi
menentukan-konten-blog-dari-hobi

8. Konten Tutorial

Tutorial sampai saat ini masih menjadi salah satu ide konten yang menarik.

Karena akan banyak orang yang akan mencari berbagai macam tutorial untuk dijadikan sebuah panduan dalam melakukan suatu hal.

Tetapi perlu dicari juga tutorial-tutorial yang memiliki peminat-peminat yang banyak sehingga tidak sia-sia dalam membuat sebuah konten.

9. Konten Review

Review juga menjadi konten yang menarik saat ini, dengan adanya review bisa menjadi referensi sebelum melakukan pembelian untuk sebuah produk baik itu berbentuk barang atau jasa.

Sekarang ini yang paling ramai mengenai review tentang barang-barang elektronik seperti smartphone, laptop dan lain sebagainya.

10. Konten Tentang Tips

Yang terakhir adalah konten yang berisi tentang tips-tips. Ada salah satu kelebihan dari konten yang isinya tentang tips, yaitu konten bersifat evergreen atau akan selalu relevan walaupun dibuka kapan saja.

Sehingga kamu cukup membuat konten sekali saja dan pengunjung  pada blog akan selalu datang sepanjang waktu.

Topik Blog yang Paling Banyak Dikunjungi

Menentukan topik blog yang banyak dikunjungi dapat menjadi tujuan yang diinginkan oleh banyak blogger. 

Meskipun popularitas topik bisa berubah seiring waktu, berikut ini adalah beberapa topik blog yang umum dan menarik banyak kunjungan menurut beberapa survey:

1. Teknologi dan Gadget

Topik seputar teknologi, gadget, aplikasi, atau perangkat terbaru menarik minat banyak orang. 

Biasanya yang dicari mengenai ulasan produk, panduan penggunaan,  tips, trik dan berita terbaru terkait.

2. Kesehatan

Kesehatan menjadi topik yang relevan dan dicari oleh banyak orang. 

Artikel tentang makanan sehat, olahraga, tips kebugaran, dan tips hidup sehat dapat menarik banyak pembaca.

Apalagi jenis konten kesehatan ini bersifat evergreen, yaitu tidak termakan oleh waktu.

3. Gaya Hidup dan Fashion

Topik gaya hidup, fashion, dan tren terkini sering kali menarik perhatian banyak orang. Topik ini meliputi artikel tentang fashion, kecantikan, gaya hidup, dan trends.

4. Pendidikan dan Pembelajaran

Artikel tentang pendidikan, materi sekolah, kuliah, contoh soal dan pengembangan pribadi dapat menarik pembaca yang mencari informasi pendidikan yang berguna.

5. Wisata

Topik tentang destinasi wisata, panduan perjalanan, pengalaman wisata, dan tips bepergian sering kali menarik minat orang-orang yang mencari inspirasi untuk liburan dan petualangan.

6. Keuangan dan Investasi

Artikel tentang keuangan pribadi, investasi, pengelolaan uang, dan tips menghemat pengeluaran dapat menarik pembaca yang ingin meningkatkan pemahaman mereka tentang keuangan.

7. Parenting dan Keluarga

Topik seputar parenting, perkembangan anak, kehidupan keluarga, dan tips mengasuh anak sering kali menarik minat para orang tua yang masih belum pengalaman.

8. Kuliner dan Resep

Artikel tentang resep masakan, tips memasak, ulasan restoran, dan panduan kuliner dapat menarik perhatian pembaca yang tertarik dengan dunia kuliner.

9. Self Improvement dan Motivasi

Topik yang berkaitan dengan pengembangan diri, motivasi, kebahagiaan, dan keterampilan pribadi sering menarik minat orang-orang yang ingin meningkatkan kompetensi diri.

10. Seni dan Kreativitas

Artikel tentang seni, kreativitas, desain, dan hobi seperti fotografi, seni lukis, dan kerajinan tangan dapat menarik pembaca yang memiliki minat dalam bidang tersebut.

Penting untuk diingat bahwa keberhasilan blog tidak hanya ditentukan oleh topiknya, tetapi dari kualitas konten, pemahaman target audiens, dan strategi marketingnya.

Apakah topik blog yang populer sudah terlalu jenuh dan sulit bersaing?

Tidak benar, meskipun topik populer mungkin memiliki persaingan yang berat, dengan pendekatan dan sudut pandang yang unik dan berbeda, Anda masih bisa berpeluang mengalahkan kompetitor.

Apakah topik blog yang sempit tidak akan menarik banyak pembaca?

Tidak benar, Fokus pada topik yang sempit justru dapat membantu menargetkan audiens yang lebih spesifik dan menjadi otoritas dalam niche tertentu.

Sehingga Anda bisa menguasai suatu topik tanpa perlu takut tersaingi oleh blog lain.

Nah demikianlah pembahasan mengenai cara termudah menemukan topik konten pada blog yang paling banyak dikunjungi untuk saat ini.

Jangan lupa juga perhatikan saat pemilihan hosting untuk blog yang anda kelola.

Jangan sampai memilih hosting yang lemot sehingga menganggu loading blog sehingga menyebabkan pengunjung blog kamu pergi, akibatnya skor bounce rate tinggi dan peringkat blog di mesin pencari menjadi menurun.

Di Qwords kami menyediakan hosting dengan uptime server 99.99% dan akses cepat dari seluruh dunia.

Jangan khawatir karena kami juga memberikan garansi 30 hari dan layanan 24 jam selama 7 hari untuk menjaga kepuasan pelanggan.

Terima kasih

Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

Review Qwords, Provider Hosting dengan Layanan…

Provider hosting yang memiliki layanan lengkap adalah Qwords, sudah lama membangun reputasi sebagai penyedia layanan hosting dengan keunggulan layanan yang lengkap dan berkualitas. Sebagai...
Eril Obeit Choiri
5 min read

6 Tips Menjadi Wirausaha Sukses dari…

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, berbagai aktivitas bisa dilakukan dengan fleksibel dan mudah. Salah satunya adalah menjalankan bisnis dari rumah. Mundur tiga hingga empat...
Jordy Prayoga
2 min read

Review Qwords, Hosting Cloud Cepat, Aman…

Qwords, mungkin ada dari beberapa pembaca blog ini yang belum mengenal secara detail tentang Qwords.  Qwords memiliki layanan utama penjualan domain hosting dengan berbagai...
Eril Obeit Choiri
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *