Cara Mudah Mempercepat Koneksi Internet Dengan CMD

3 min read

Mempercepat koneksi internet

Internet sekarang ini menjadi kebutuhan dasar semua orang. Tetapi permasalahan utamanya adalah koneksi internet di Indonesia saat ini belum bisa dikatakan layak untuk disandingkan dengan Negara Asia lainnya.

Menurut data dari The Sean Post, kecepatan internet kabel di Asia Tenggara tertinggi dari Singapura mencapai 199,62 Mbps. Apakah koneksi internet rumah Anda sudah mencapai setengahnya? pasti jawabnya adalah belum. Jika sudah pasti harganya mahal dan paling hanya dipakai oleh kantor-kantor skala besar saja, untuk pemakaian pribadi paling banyak kecepatan sekitar 10 Mbps saja.

Nah agar lebih jelasnya kami berikan peringkat kecepatan internet di Asia Tenggara berikut ini:

Internet Speed Asia
Internet Speed Asia

Bagaimana setelah melihat grafik diatas Indonesia dengan Negara lain memiliki perbedaan yang cukup signifikan bukan? Sebelum melanjutkan silahkan cek dulu kecepatan internet yang Anda gunakan saat ini berapa kecepatannya. Anda bisa membuka website cek speed internet yang banyak tersedia, kami mencontohkan dengan speedtest.net, berikut hasilnya.

Speedtest Internet
Speedtest Internet

Untuk hasil speed test internet diatas termasuk kencang jika dibandingkan dengan rata-rata kecepatan internet di Indonesia saat ini sekitar 16.65 Mbps. Nah saat ini Anda tidak perlu khawatir karena kami telah membuat tutorial untuk mempercepat koneksi internet dengan CMD (Command Prompt). Cara ini terbukti sudah banyak dilakukan oleh banyak orang untuk menaikan kecepatan internet yang dipakai. Berikut pembahasannya.

Baca juga :  Cara Tes Kecepatan Internet Paling Akurat

Mempercepat Koneksi Internet dengan CMD

Sebelum memulai, pastikan Anda sudah membuka command prompt (CMD) sebagai administrator. Administrator adalah hak akses tertinggi yang mengizinkan untuk melakukan perubahan pada sistem. Untuk mengakses command prompt silahkan pergi ke search Windows kemudian tuliskan ‘cmd’, jika sudah keluar icon aplikasinya klik kanan dan pilih ‘Run as Administrator’. Jika ada popup windows silahkan pilih ‘Allow’.

Nah berikut kami sudah membuat 5 cara mudah mempercepat koneksi internet dengan command prompt.

1. Reset alamat IP

Banyak hal yang bisa mempengaruhi koneksi internet yang Anda gunakan, salah satunya adalah konflik IP dengan user lain. Solusinya Anda tinggal melakukan reset alamat IP saja. Banyak kasus dengan melakukan reset alamat IP saja koneksi internet sudah bisa normal kembali.

Anda bisa menggunakan perintah pada command prompt untuk melakukan reset IP dengan menuliskan perintah berikut:

–          Ipconfig/release

Silahkan masukan perintah di atas kemudian enter, silahkan tunggu prosesnya sampai selesai.

–          Ipconfig/renew

Silahkan masukan perintah untuk melakukan renew IP kemudian tekan enter. Tunggu prosesnya sampai selesai.

Renew
Renew

Jika keduanya sudah Anda lakukan silahkan tes kecepatan internet apakah sudah kembali normal atau belum. Jika masih belum normal silahkan lakukan flush DNS pada cara selanjutnya.

2. Flush DNS

Flush DNS adalah perintah pada command prompt yang berfungsi untuk melakukan reset cache DNS resolver. Fungsi flush DNS ini akan menghapus cache DNS lama menggantinya dengan cache DNS baru. Informasi-informasi yang dirubah seperti domain, DNS, website dan name servernya.

Berikut cara untuk melakukan flush DNS, silahkan masukan perintah “ipconfig/flushdns” kemudian tekan enter. Tunggu prosesnya sampai muncul tulisan “Successfully flushed DNS Resolver Cache”.

Flush DNS
Flush DNS

3. Netsh

Netsh memiliki fungsi untuk melakukan konfigurasi pada pengaturan jaringan yang ada kaitannya dengan koneksi internet. Jika Anda mengalami gangguan koneksi atau lemot saat membuka suatu website, maka Anda dapat melakukan perintah netsh pada command prompt.

Dibawah ini beberapa perintah netsh yang bisa Anda gunakan, ada banyak perintah yang akan Anda masukan. Jika sudah benar maka akan muncul status “Ok”. Sebelum memasukan perintah-perintah dibawah ini Anda harus memasukan perintah “netsh” terlebih dahulu, berikut daftar perintah netsh:

–          int tcp set global chimney=enabled

–          int tcp set global autotuninglevel=normal

–          int tcp set supplemental (Alternative command untuk pengguna Windows 7 ada di akhir)

–          int tcp set global dca=enabled

–          int tcp set global netdma=enabled

–          int tcp set global ecncapability=enabled

–          int tcp set global congestionprovider=ctcp (Untuk Pengguna Windows 7)

Silahkan masukan semua perintah di atas, setelah itu lakukan restart komputer untuk menjalankan konfigurasi netsh ini.

Perintah netsh
Perintah netsh

4. Reset Winsock

Cara keempat untuk mempercepat koneksi internet dengan command prompt adalah melakukan reset winsock. Perlu Anda ketahui bahwa Winsock adalah seting yang isinya konfigurasi koneksi pada komputer. Jika kerusakan ini terjadi, biasanya Anda tidak bisa membuka website walaupun internet terhubung, selain itu winsock juga bisa menjadi salah satu penyebab internet lambat.

Nah untuk melakukan reset winsock, caranya cukup mudah. Silahkan Anda membuka command prompt terlebih dahulu kemudian masukan “netsh winsock reset” kemudian tekan enter. Setelah selesai Anda diharuskan untuk melakukan restart komputer untuk menyelesaikan proses reset winsock ini.

Mempercepat koneksi internet
Mempercepat koneksi internet

5. Mempercepat streaming

Cara terakhir untuk mempercepat koneksi streaming dengan CMD. Jika Anda membutuhkan kecepatan internet untuk streaming video yang lebih cepat, Anda bisa memasukan beberapa perintah pada command prompt, mungkin bisa jadi internet provider yang Anda gunakan melakukan pembatasan kecepatan sehingga tidak bisa maksimal. Untuk itu Anda bisa memasukan perintah berikut:

netsh advfirewall firewall add rule name=”YouTubePerformanceHack” dir=in action=block remoteip=173.194.55.0/24,206.111.0.0/16 enable=yes

Perintah ini berfungsi untuk mencegah ISP melakukan pembatasan koneksi pada saat streaming. Tunggu proses ini hingga muncul tulisan “Ok”.

Kesimpulan

Jika Anda mengalami koneksi internet yang lambat, silahkan lakukan 5 cara diatas secara berurutan. Jika masih  ada kendala coba cek FUP internet atau tanyakan pada ISP yang Anda gunakan apakah sedang Anda trouble atau tidak.

Selain itu jika saat mengakses suatu website tetapi loadingnya lama, bisa jadi website tersebut menggunakan hosting yang spesifikasinya rendah. Kami memiliki rekomendasi hosting murah dengan spesifikasi tinggi dari Qwords, dengan harga 30 ribuan Anda sudah bisa mendapatkan hosting unlimited untuk kebutuhan akses website yang cepat.

Terima kasih

2 Replies to “Cara Mudah Mempercepat Koneksi Internet Dengan…”

  1. terima kasih atas tipsnya
    sudah saya coba cara yg pertama, langsung ada kenaikan, yg sebelumnya speed 9 naik jadi 11 mbps

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *