Saat Anda berencana untuk membuat website, ada satu hal penting selain membeli domain yaitu pemilihan lokasi server. Memilih lokasi server hosting terbaik memang tidaklah gampang, apalagi bagi Anda yang baru pertama membuat website. Bagi sebagian orang ada yang berpendapat bahwa lokasi server tidaklah penting, tetapi itu salah besar, pemilihan lokasi server memiliki peranan penting dalam dalam proses pembuatan website.

 Lokasi server sekarang saat ini sebenarnya tersebar hampir ada disetiap Negara. Namu dari semuanya tidak bisa memberikan performa yang baik, hanya beberapa Negara saja yang memiliki server yang dapat diandalkan. Lokasi server yang ada saat ini dibagi menjadi beberapa kelompok seperti server local Indonesia, server Asia Pasifik, server Eropa dan server USA.

Google yang saat ini menjadi mesin pencari dengan pengguna terbanyak memiliki lokasi server yang tersebar diberbagai belahan dunia. Berikut lokasi server Google:

Lokasi Server Google
Lokasi Server Google
  • Server Google North America : Berkeley Country – South Carolina, Council Bluffs – Lowa, The Dallas – Oregon, Douglas Country – Georgia, Henderson – Nevada, Jackson Country – Alabama, Lenoir – North Carolina, Loudoun Country – Virginia, Mayes Country – Okalahoma, Midlothian – Texas, Montgomert Country – Tennessee.
  • Server Google South America: Quilicura – Chile.
  • Server Google Europe : Dublin – Ireland, Eemshaven – Netherlands, Frederica – Denmark, Hamina – Finland, St Ghislian – Belgium.
  • Server Google Asia: Changhua Country – Taiwan, Singapore.

Lantas untuk website yang akan Anda buat lokasi server mana yang paling pas? Silahkan lihat pembahasan tips memilih lokasi server hosting dibawah ini agar tidak salah dalam memilih.

Lokasi Server Terbaik

Tips Memilih Lokasi Server Hosting
Tips Memilih Lokasi Server Hosting

Seperti yang sudah dijelaskan diawal, sebenarnya lokasi server hampir ada ditiap negara, tetapi memang memiliki kualitas yang berbeda-beda. Saat ini, para webmaster dari Indonesia kebanyakan memilih beberapa 3 lokasi server seperti berikut:

  • Server Indonesia

Server Indonesia biasanya berlokasi di wilayah Ibu Kota Jakarta. Server ini akan sangat responsive jika pengakses utama berasal dari Negara Indonesia karena masih dalam 1 IP Address. Tetapi jika target audience Anda berasal dari luar Indonesia maka server local Indonesia tidak disarankan, selain itu dari segi kualitas server Indonesia saat ini sudah bisa disandingkan dengan server-server dari luar negeri.

  • Server Singapore

Server Singapore masih menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang mencari kecepatan akses internationalnya lebih bagus. Apalagi lokasinya tidak jauh dari server Indonesia sehingga tidak memiliki efek yang banyak. Maka dari itu banyak para webmaster yang memilih membeli lokasi server di Singapore untuk mereka yang memiliki target local Indonesia dan luar negeri.

  • Server US (East and West Coast)

United States atau Amerika Serikat menjadi central server yang ada di dunia saat ini, jadi untuk akses internationalnya jangan diragukan lagi. Untuk server Amerika ini cocok untuk Anda yang memiliki target audience dari berbagai belahan dunia. Kelebihan lainnya server hosting dari US ini memiliki harga yang paling murah.

Baca juga : Perbedaan VPS dan Dedicated Server

Tips Memilih Lokasi Server Hosting

Submarine Cable Map
Submarine Cable Map

Jika berkaca pada Google yang memiliki banyak server diberbagai Negara, yang pasti sudah diperhitungkan dengan matang tentang kelebihan dan kekurangan yang akan didapatkan. Nah berikut ini tips memilih lokasi server hosting:

1. Kenali Target Audience

Anda sebagai pemilik website harus mengetahui target audience yang menjadi calon target visitor website. Pastikan Anda mengecek kira-kira dari mana saja orang-orang tersebut berasal, jika konten website Anda menggunakan bahasa Indonesia, maka lokasi server Indonesia adalah yang paling tepat. Opsi lain jika pengunjung website Anda ada yang dari luar negeri bisa menggunakan server Sinagpore, alasannya selain lokasinya berdekatan, keceptan internasioanlnya lebih tinggi dari server Indonesia.

2. Kenali Jenis Website

Setelah mendapatkan target audience yang tepat, selanjutnya Anda bisa menentukan jenis website  apa yang akan Anda buat. Apakah membuat website pribadi, company profile, toko online, sistem informasi, blog pribadi dan lainnya. Jika sudah mendapatkan jenis website yang akan dibuat, langkah selanjutnya tinggal memilih lokasi server hosting.

Baca juga : Cara Memilih VPS Terbaik

3. Perhatikan Kecepatan Akses

Website yang menggunakan IP server Indonesia akan lebih cepat saat diakses oleh pengunjung yang menggunakan IP Indonesa karena masih satu lokasi. Jika Anda menggunakan server luar, maka saat terjadi request ke server akan melewati dulu Internet Exchange kemudian diteruskan ke server tujuan, tentunya ini akan memakan waktu sedikit lebih lama.  Jadi semakin dekat dengan server dengan pengunjung website akan semakin cepat aksesnya.

4. Dekat Dengan Internet Exchange

Internet exchange adalah tempat terhubungnya jaringan internet dari berbagai ISP (Internet Service Provider) yang ada di Indonesia. Dengan adanya internet exchange ini sambungan internet yang ada di Indonesia tidak perlu berputar-putar keluar negeri dulu baru balik ke Indonesia. Konsep penggabungan Indonesia Internet Exchange (IIX) menjadi terpusat ini memberikan akses yang lebih cepat ke lokasi server.

5. Sesuaikan Budget

Lokasi server menentukan akan menentukan seberapa harga sewanya, untuk server Indonesia saat ini memiliki harga sedikit lebih mahal jika dibanding server US atau server Eropa. Tetapi Anda jangan terpancing karena harga yang selisih sedikit, tetapi perlu diperhatikan dari kecepatan akses website saat ada pengunjung yang datang. Untuk website yang memiliki target audience seluruh dunia, server Amerika adalah paling tepat, karena lokasinya berada di pusat server dunia sehingga aksesnya lebih cepat.

6. Sesuaikan Keperluan Lain

Ada hal lain yang perlu Anda perhatikan salah satunya penggunaan email, jika Anda sering berkirim email dengan attachment file besar, maka pemilihan server di US atau Eropa adalah yang paling tepat karena lokasi pusat email public berada di Amerika dan Eropa.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan kami mengenai tips memilih lokasi server hosting terbaik. Jika ditarik kesimpulan bahwa server Indonesia lebih cocok untuk target local Indonesia, untuk server Singapore cocok untuk target Indonesia dan luar negeri. Untuk Anda yang menargetkan pengunjung dari berbagai Negara, memilih server US adalah pilihan paling tepat.

Kabar baiknya bagi Anda yang sedang mencari server VPS Indonesia, Qwords memiliki server Indonesia dan server Singapura dengan terhubung langsung kepada Internet Exchange, CDN, Facebook dan Google serta connect langsung dengan Tier 1 International Network. Selain itu kami berani memberikan jaminan pelanggan selama 30 hari untuk menjaga kepuasan pelanggan. Tunggu apalagi segera miliki VPS terbaik Anda sekarang juga.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *