Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

Panduan Memilih Komputer Server yang Bagus & Tepat

4 min read

Memilih komputer server

Apakah sahabat Qwords bingung memilih spesifikasi komputer server yang tepat untuk kebutuhan bisnis?

Memilih komputer server yang sesuai dapat menjadi tugas yang membingungkan, karena ada banyak pilihan dan spesifikasi server.

Dalam artikel ini kami akan membahas panduan memilih komputer server yang sesuai dengan kebutuhan sistem Anda.

Karena memilih komputer server yang tepat menjadi langkah penting menuju efisiensi, keandalan, dan kesuksesan bisnis.

Mari kita mulai!

Apa Itu Komputer Server?

Komputer Server

Komputer server adalah jenis komputer yang dirancang khusus untuk memberikan layanan, sumber daya, fungsi jaringan kepada pengguna dalam suatu jaringan.

Dalam dunia komputer, ada 2 jenis komputer yang banyak digunakan yaitu komputer client dan komputer server.

Mungkin bagi yang masih awam dalam dunia komputer menganggap semua komputer sama saja, padahal aslinya berbeda jika dilihat dari spesifikasinya.

Tetapi tidak ada salahnya kita membahas mengenai komputer server dan panduan untuk memilih komputer server yang paling bagus.

Komputer server biasanya memiliki spesifikasi hardware yang lebih kuat, kapasitas penyimpanan yang lebih besar, dan koneksi jaringan yang lebih cepat daripada komputer biasa.

Lalu bagaimana dengan bentuk komputer server?

Ciri Komputer Server Seperti Apa?

Untuk Anda yang masih bingung membedakan antara komputer server dan komputer biasa, berikut kami berikan ciri-ciri komputer server secara lengkap :

1. Berdiri Sendiri

Maksudnya berdiri sendiri adalah komputer server menjadi pusat dari semua data dan informasi yang diakses oleh komputer client melalui internet, jadi jika tidak ada client sekalipun komputer server masih bisa berdiri sendiri.

Berbeda dengan komputer client yang masih membutuhkan komputer server untuk menjalankan semua kegiatannya.

Umumnya server dan client terhubung dengan satu jaringan terpusat, jadi sewaktu server bermasalah maka semua komputer client akan terdampak.

2. Spesifikasi Tinggi

Karena menjadi pusat dari semua data dan informasi, komputer server haruslah memiliki spesifikasi yang tinggi agar bisa menjalankan semua proses yang direquest dari client.

Untuk spesifikasi prosesor biasa menggunakan inti prosesor yang banyak dengan kecepatan Ghz yang tinggi.

Untuk RAM yang pasti kapasitasnya besar karena tugasnya memproses semua request dari client dan yang terakhir penyimpanan haruslah sudah menggunakan SSD dengan kapasitas besar.

3. Menggunakan Sistem Operasi Khusus

Komputer server memiliki sistem operasi yang berbeda tidak menggunakan sistem operasi pada komputer biasa seperti Windows 10, Windows 8 atau Windows 7.

Server umumnya menggunakan Microsoft Windows Server, Ubuntu Server, CentOS Server, Unix Server dan masih banyak lagi.

Sekarang ini server yang paling banyak digunakan berasal dari OS Linux karena bersifat open source, untuk Windows masih kalah dengan pengguna Linux karena dari segi harga untuk lisensi server Windows memiliki harga yang lebih mahal.

Baca juga : Perbedaan Shared Hosting dan Cloud Hosting

Jenis Server

Microsoft Windows Server 2019
Microsoft Windows Server 2019

Sebelum memilih komputer server yang paling baik, Anda perlu mengetahui jenis-jenis server yang populer apa saja, berikut pembahasannya:

1. Server File

Server ini bertanggung jawab menyimpan dan mengelola file-file dalam jaringan. Pengguna dapat menyimpan, mengakses, dan berbagi file melalui server file ini.

2. Server Web

Server web digunakan untuk menyimpan dan meng-host situs web. Mereka menerima permintaan HTTP dari klien dan mengirimkan halaman web yang sesuai sebagai respons.

3. Server Aplikasi

Server aplikasi digunakan untuk menjalankan aplikasi untuk berbagai kebutuhan. Server menyediakan semua resource untuk menjalankan aplikasi server-side dan mengelola permintaan dari klien.

4. Server Database

Server database menyimpan dan mengelola basis data. Server memungkinkan pengguna untuk mengakses, mengelola, dan mengedit data dalam basis data melalui query yang sesuai.

5. Server Email

Server email bertanggung jawab untuk mengelola pengiriman, penerimaan, penyimpanan, dan pengiriman email antara pengguna.

6. Server DNS

Server DNS mengonversi nama domain menjadi alamat IP dari nama domain yang dicari oleh pengguna.

7. Server Proxy

Server proxy berfungsi sebagai perantara antara klien dan server. Server memfasilitasi lalu lintas jaringan dengan menyediakan caching, filtering, dan fungsi keamanan tambahan.

8. Server Game

Server game digunakan untuk memfasilitasi interaksi antara pemain dalam permainan, menyediakan penyimpanan data permainan, dan menjalankan logika permainan.

Terdapat juga jenis server khusus lainnya, seperti server streaming media, server virtual, dan masih banyak lagi server dengan fungsi-fungsi spesifik.

Lalu bagaimana cara memilih komputer server yang sesuai dengan kebutuhan spesifik yang Anda cari?

Cara Memilih Komputer Server

Spesifikasi Komputer Server
Spesifikasi Komputer Server

Ada 3 hal penting dalam memilih komputer untuk kebutuhan server yang memiliki fungsi paling vital, tidak sembarangan spesifikasi komputer bisa dijadikan server.

Ini karena server memiliki fungsi dan tugas yang lebih berat dibandingkan komputer biasa, berikut tips memilih komputer server:

1. Menentukan Kebutuhan

Identifikasi kebutuhan bisnis atau proyek dengan mempertimbangkan faktor seperti jenis aplikasi, jumlah pengguna yang akan dilayani, kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan, dan persyaratan kinerja lainnya.

2. CPU

Saat membeli komputer, pasti yang akan dilihat adalah dari spesifikasi prosesornya. Prosesor pada server menjadi otak dari mesin.

Jadi jika otaknya bagus maka kinerjanya akan semakin cepat. Ada 2 brand prosesor yang banyak digunakan sebagai server saat ini yaitu Intel dan AMD, tetapi dari keduanya Intel masih mendominasi komputer server saat ini.

Selain itu ada hal penting lainnya yaitu jumlah core pada prosesor, semakin banyak core maka semakin cepat pula saat pemrosesannya.

Jangan lupa cari prosesor yang mempunyai Giga Hertz (GHz) yang tinggi, GHz menjadi acuan kinerja core dalam satu detik, semakin tinggi berarti semakin cepat pula prosesor bekerja.

2. RAM

Random Access Memory atau RAM adalah memory penyimpanan sementara ketika komputer dijalankan, jadi semakin besar kapasitas RAM maka proses akan berjalan dengan cepat tanpa menunggu antrian data dan informasi diproses.

Jika memungkinkan Anda bisa mencari kapasitas RAM yang paling besar agar server Anda mampu menerima traffic yang besar pula.

3. Penyimpanan

Yang terakhir adalah tentang ruang penyimpanan, Anda bisa memilih menggunakan hardisk atau SSD, tetapi sekarang ini nampaknya semua sudah beralih menggunakan SSD agar lebih cepat saat membaca data pada server.

Untuk besarnya kapasitas Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan website yang akan Anda bangun, semakin besar maka semakin mahal pula biaya yang akan Anda keluarkan untuk invest membeli SSD.

4. Skalabilitas Server

Perhatikan kemampuan server untuk ditingkatkan. Pertumbuhan bisnis yang berkembang mungkin memerlukan peningkatan spesifikasi server tambahan. Pastikan layanan server dapat dengan mudah saat ingin upgrade

5. Fitur dan Keamanan

Pastikan komputer server memiliki fitur keandalan dan keamanan yang memadai, seperti uptime server, perlindungan terhadap serangan keamanan, dan backup data yang rutin. 

6. Budget

Tetapkan anggaran yang sesuai untuk komputer server. Bandingkan harga dan fitur dari beberapa provider yang berbeda untuk mendapatkan harga terbaik yang sesuai dengan budget.

7. Ulasan dan Rekomendasi

Baca ulasan pengguna dan rekomendasi dari sumber-sumber terpercaya. Pendapat pengguna lain yang telah menggunakan layanan server dapat memberikan gambaran tentang kinerja, keandalan, dan kepuasan pengguna.

8. Konsultasikan dengan Ahli

Jika perlu, konsultasikan dengan ahli IT yang berpengalaman dalam memilih komputer server. 

Bagaimana sahabat Qwords, sudah menemukan server yang sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini?

Saya Mau Server Bagus Harga Terjangkau

Apakah semakin mahal komputer server, semakin baik kinerjanya?

Tidak benar, harga bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan kinerja komputer server.

Faktor seperti spesifikasi hardware, kebutuhan bisnis, dan optimisasi perangkat lunak juga berperan penting.

Apakah semua data harus disimpan di server lokal?

Tidak benar, dalam beberapa kasus penyimpanan data di cloud dapat menjadi pilihan yang lebih efisien dan aman, tergantung pada kebutuhan bisnis Anda.

Kesimpulan

Komputer yang digunakan untuk server memiliki spesifikasi yang tinggi mulai dari prosesor, RAM serta penyimpanan dan tidak semua komputer bisa dijadikan sebagai server.

Nah demikian pembahasan mengenai panduan memilih komputer server yang paling bagus. Untuk Anda yang membutuhkan VPS Server Murah bisa mendapatkannya di Qwords.com.

Tenang saja Qwords sudah menggunakan hardware server kelas atas jadi bisa dipastikan kecepatan server tinggi. Tunggu apalagi segera miliki VPS Server Anda sekarang juga.

Terima kasih

Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

5 Tips Memilih Payment Gateway yang…

Kemudahan transaksi akan membuat bisnis Anda bisa lebih berkembang dengan cepat. Sebab, kini proses transaksi telah memanfaatkan teknologi sehingga menjadi lebih efisien. Teknologi yang...
Jordy Prayoga
1 min read

Long-tail vs Short-tail Keywords, Apa Bedanya…

Dalam optimasi SEO, keyword menjadi elemen penting yang dapat mempengaruhi peringkat website di halaman hasil mesin pencari.  Dua jenis keyword yang sering menjadi perdebatan...
Eril Obeit Choiri
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *