Panduan Memilih Komputer Server Yang Paling Bagus

2 min read

Panduan Memilih Komputer Server

Pada pembahasan sebelumnya, kami sudah menjelaskan tentang perbedaan VPS dan Dedicated Server. Nah pada kesempatan kali ini kami ingin melanjutkan pembahasan mengenai server, secara kedua layanan hosting tersebut menggunakan server. Lalu apa itu komputer server dan apa bedanya dengan komputer biasa?

Komputer Server

Panduan Memilih Komputer Server
Panduan Memilih Komputer Server

Sebelum membahas mengenai komputer server, dalam dunia komputer ada 2 jenis komputer yang banyak digunakan yaitu komputer client dan komputer server. Mungkin bagi yang masih awam dalam dunia komputer menganggap semua komputer sama saja, padahal aslinya berbeda jika dilihat dari spesifikasinya. Tetapi tidak ada salahnya kita membahas mengenai komputer server dan panduan untuk memilih komputer server yang paling bagus.

Komputer server adalah komputer yang memiliki tugas untuk melayani client yang ada pada suatu jaringan. Umumnya komputer server memiliki spesifikasi yang tinggi mulai dari prosesor yang kuat, RAM yang besar dan kapasitas hardisk/SSD yang besar. Untuk Anda yang masih bingung membedakan antara komputer server dan komputer biasa, berikut kami berikan ciri-ciri komputer server secara lengkap :

  • Berdiri Sendiri

Maksudnya berdiri sendiri adalah komputer server menjadi pusat dari semua data dan informasi yang diakses oleh komputer client melalui internet, jadi jika tidak ada client sekalipun komputer server masih bisa berdiri sendiri. Berbeda dengan komputer client yang masih membutuhkan komputer server untuk menjalankan semua kegiatannya. Umumnya server dan client terhubung dengan satu jaringan terpusat, jadi sewaktu server bermasalah maka semua komputer client akan terdampak.

  • Spesifikasi Tinggi

Karena menjadi pusat dari semua data dan informasi, komputer server haruslah memiliki spesifikasi yang tinggi agar bisa menjalankan semua proses yang direquest dari client. Untuk spesifikasi prosesor biasa menggunakan inti prosesor yang banyak dengan kecepatan Ghz yang tinggi. Untuk RAM yang pasti kapasitasnya besar karena tugasnya memproses semua request dari client dan yang terakhir penyimpanan haruslah sudah menggunakan SSD dengan kapasitas besar.

  • Menggunakan Sistem Operasi Khusus

Komputer server memiliki sistem operasi yang berbeda tidak menggunakan sistem operasi pada komputer biasa seperti Windows 10, Windows 8 atau Windows 7. Server umumnya menggunakan Microsoft Windows Server, Ubuntu Server, CentOS Server, Unix Server dan masih banyak lagi.

Sekarang ini server yang paling banyak digunakan berasal dari OS Linux karena bersifat open source, untuk Windows masih kalah dengan pengguna Linux karena dari segi harga untuk lisensi server Windows memiliki harga yang lebih mahal.

Baca juga : Perbedaan Shared Hosting dan Cloud Hosting

Jenis Server

Microsoft Windows Server 2019
Microsoft Windows Server 2019

Sebelum memilih komputer server yang paling baik, Anda perlu mengetahui jenis-jenis server yang populer apa saja, berikut pembahasannya:

  • Server Web

Server web menjadi tempat penyimpanan file yang biasa diakses melalui web browser dari komputer client.

  • Server Email

Server email berfungsi untuk memfasilitasi pengiriman dan penerimaan email antar user.

  • Server FTP

Server FTP dapat diakses dari jarak jauh dengan bantuan program FTP Client, fungsinya untuk memindahkan file-file dengan cepat melalui File Transfer Protocol.

Selain 3 jenis server tersebut sebenarnya masih ada jenis server lainnya yang memiliki fungsi berbeda. Jika Anda ingin membuat server sendiri sebenarnya mudah, tinggal install OS server kemudian lakukan konfigurasi, agar hasilnya maksimal jangan lupa perhatikan spesifikasi hardware yang akan digunakan.

Memilih Komputer Server

Spesifikasi Komputer Server
Spesifikasi Komputer Server

Ada 3 hal penting dalam memilih komputer untuk kebutuhan server yang memiliki fungsi paling vital, tidak sembarangan spesifikasi komputer bisa dijadikan server. Ini karena server memiliki fungsi dan tugas yang lebih berat dibandingkan komputer biasa, berikut tips memilih komputer server:

  • CPU

Saat membeli komputer, pasti yang akan dilihat adalah dari spesifikasi prosesornya. Prosesor pada server menjadi otak dari mesin. Jadi jika otaknya bagus maka kinerjanya akan semakin cepat. Ada 2 brand prosesor yang banyak digunakan sebagai server saat ini yaitu Intel dan AMD, tetapi dari keduanya Intel masih mendominasi komputer server saat ini.

Selain itu ada hal penting lainnya yaitu jumlah core pada prosesor, semakin banyak core maka semakin cepat pula saat pemrosesannya. Jangan lupa cari prosesor yang mempunyai Giga Hertz (GHz) yang tinggi, GHz menjadi acuan kinerja core dalam satu detik, semakin tinggi berarti semakin cepat pula prosesor bekerja.

  • RAM

Random Access Memory atau RAM adalah memory penyimpanan sementara ketika komputer dijalankan, jadi semakin besar kapasitas RAM maka proses akan berjalan dengan cepat tanpa menunggu antrian data dan informasi diproses. Jika memungkinkan Anda bisa mencari kapasitas RAM yang paling besar agar server Anda mampu menerima traffic yang besar pula.

  • Penyimpanan

Yang terakhir adalah tentang ruang penyimpanan, Anda bisa memilih menggunakan hardisk atau SSD, tetapi sekarang ini nampaknya semua sudah beralih menggunakan SSD agar lebih cepat saat membaca data pada server. Untuk besarnya kapasitas Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan website yang akan Anda bangun, semakin besar maka semakin mahal pula biaya yang akan Anda keluarkan untuk invest membeli SSD.

Kesimpulan

Komputer yang digunakan untuk server memiliki spesifikasi yang tinggi mulai dari prosesor, RAM serta penyimpanan dan tidak semua komputer bisa dijadikan sebagai server. Nah demikian pembahasan mengenai panduan memilih komputer server yang paling bagus. Untuk Anda yang membutuhkan VPS Server Murah bisa mendapatkannya di Qwords.com. Tenang saja Qwords sudah menggunakan hardware server kelas atas jadi bisa dipastikan kecepatan server tinggi. Tunggu apalagi segera miliki VPS Server Anda sekarang juga.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *