Panduan Lengkap Membuat Website Berita Yang Baik

3 min read

Panduan Membuat Website Berita

Perkembangan informasi melalui media website akhir-akhir ini semakin menjamur. Banyak website-website berita baru yang bermunculan dengan ciri khasnya masing-masing. Hal ini tidak lepas dari kemudahan dalam membuat website dengan bantua CMS untuk berbagai keperluan, salah satunya website berita.

Membuat website berita tidak harus seperti website portal berita di Indonesia semacam Detik, Kompas, CNN dll yang memiliki banyak topik pembahasan. Jika ingin meniru seperti portal berita tersebut Anda perlu mengeluarkan banyak modal awal dan tim yang besar.

Solusi paling mudah adalah dengan membuat website berita yang berfokus pada pembahasan tertentu atau khusus wilayah tertentu saja. Misalnya Anda berlokasi di Jogja maka bisa membuat website berita lokal dengan artikel tentang berita-berita lokal saja. Opsi lain jika Anda menyukai tentang perkembangan komputer, maka Anda bisa membuat website berita dengan pembahasan tentang dunia komputer atau lain sebagainya.

Panduan Lengkap Membuat Website Berita

Panduan Membuat Website Berita
Panduan Membuat Website Berita

Nah agar Anda tidak salah langkah dalam membuat website berita, Kami sudah menyiapkan beberapa urutan panduan untuk memulainya.

1. Memilih Nama Domain

Langkah pertama dalam pembuatan website berita adalah membeli nama domain. Nama domain berfungsi sebagai alamat saat pengunjung mengakses website berita yang Anda miliki. Contoh saja domain website berita lokal BeritaJogja.com, JogjaOnline.com, JogjaUpdate.id dan masih banyak lainnya.

Untuk pembelian nama domain terlengkap, Anda bisa membelinya salah satunya di Qwords.com. Tersedia lebih dari 500 ekstensi nama domain yang bisa Anda pilih sesuai dengan website berita yang akan dibuat.

2. Memilih Server Hosting

Setelah mendapatkan domain, langkah selanjutnya Anda perlu membeli layanan hosting. Hosting berfungsi sebagai penyimpan semua file pada website agar bisa diakses secara online. Untuk paket yang dibeli pastikan sesuai dengan kebutuhan website yang akan dibangun.

web hosting terbaik Indonesia
web hosting terbaik Indonesia

Rekomendasi pembelian server hosting untuk keperluan website berita, Kami memiliki rekomendasi hosting bisnis dari Qwords dengan harga 150.000/bulan dengan kapasitas hardisk sampai 30GB. Untuk spesifikasi hardwarenya sudah sangat mumpuni untuk membuat website berita, jika pengunjung overload Anda bisa melakukan upgrade paket diatasnya melalui customer service Qwords.

3. Memilih Engine

Engine ini adalah bahasa pemrograman yang akan digunakan untuk membangun website berita. Karena di awal kita akan membuat website berita sekelas lokal atau topik tertentu saja, maka saran yang lebih baik Anda menggunakan CMS WordPress.

Jika Anda tahu, hampir seluruh website portal berita di Indonesia saat ini menggunakan CMS WordPress sebagai engine. Jika dilihat sekilas memang tidak terlihat, karena banyak fitur dan fungsi yang sudah diatur sesuai dengan kebutuhan. Banyak sekali template WordPress berita dan berbagai plugin pendukung yang bisa dipilih.

4. Memilih Template Website

Template website juga perlu Anda perhatikan. Untuk lebih gampangnya Anda bisa langsung saja membeli template website berita dari developer terkenal atau opsi lain bisa mencari template website berita gratis yang banyak di share di internet.

Themes WordPress
Themes WordPress

Bentuk template website berita ini berbeda dengan niche website lainnya, paling terlihat adalah dari banyaknya kolom dan kategori yang tampil pada halaman depan website. jika sudah ketemu langsung saja install themes WordPress news.

5. Membuat Menu dan Kategori Berita

Menu dan kategori berita ini tergantung dari topik utama dari bahasan website berita. Agar aman dari persaingan website portal berita nasional, Anda disarankan untuk memilih topik bahasan berita yang tidak banyak memiliki pesaing dengan pencarian bulanan yang besar.

6. Mempelajari Teknik Penulisan Berita

Teknik penulisan website berita berbeda dengan kebanyakan tulisan website yang ada di blog. Berita yang ditampilkan adalah berita yang nyata dan benar-benar terjadi. Jadi artikel berita yang diupload adalah asli bukan hanya karangan atau tulis ulang dari penulis saja.

mengasah skill menulis
mengasah skill menulis

Dalam pemilihan bahasa, website berita menggunakan bahasa yang lebih jelas, dipadatkan dan baku. Selain itu pastikan konten yang sudah terpublish tidak terkena copyright atau plagiat dari website lain.

7. Memahami Pedoman Kebijakan Media Cyber

Agar Anda tidak salah dalam membuat website berita, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu tentang pedoman kebijakan media cyber. Anda harus memahami apa saja yang boleh dilakukan dan tidak boleh untuk dilakukan dalam website berita.

Nah untuk lebih jelasnya Anda bisa membaca peraturannya di websitenya dewanpers.or.id tentang pedoman kebijakan media cyber.

8. Memahami Copyright dan License

Tidak hanya sebatas kebijakan saja, Anda juga perlu memahami mengenai copyright dan license. Copyright berhubungan dengan tulisan yang dibuat dengan melakukan copy paste dari sumber lain tanpa melakukan edit dan mencantumkan sumber.

Untuk License lebih ke materi gambar dan foto yang digunakan dalam berita. Pastikan bahwa foto dan gambar yang digunakan bebas digunakan tidak ada lisensi dan copyright.

9. Memperhatikan Keamanan Website

Faktor keamanan website juga perlu diperhatikan dalam membangun website berita. Siapa juga yang mau merasakan jika website yang sudah dibangun dari awal kena hack orang yang tidak bertanggung jawab, sehingga website berita tidak bisa dibuka bahkan dihapus secara permanen oleh hacker.

cyber crime
cyber crime

Jika Anda sudah membeli layanan server hosting dari Qwords didalamnya sudah termasuk fitur proteksi keamanan website. Pastikan juga untuk menambahkan fitur backup file agar saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan file-file penting masih ada dan aman, tinggal melakukan restore saja.

10. Pelajari SEO

Nah yang terakhir dalam pembuatan website berita adalah menerapkan kaidah SEO yang benar. Tujuannya agar website berita yang Anda buat bisa bersaing dengan website sejenis yang ada di SERP Google. Jika Anda masih bingung silahkan buka tentang panduan SEO untuk pemula pada artikel sebelumnya.

Kesimpulan

Membuat website berita dapat dilakukan oleh siapa saja, bukan berarti Anda asal-asalan dalam membuatnya. Agar tidak salah langkah Anda bisa mengikuti panduan lengkap membuat website berita yang baik diatas. Tetap konsisten untuk membangun website berita menjadi besar dan sukses.

Bagaimana apakah Anda sudah siap untuk membangun website berita dengan mengikuti panduan diatas? Jika sudah segeralah untuk memulainya sekarang juga. Jika sudah memiliki pengunjung harian yang banyak jangan lupa untuk melakukan monetisasi dengan iklan sehingga bisa menghasilkan keuntungan.

Selamat Mencoba!

One Reply to “Panduan Lengkap Membuat Website Berita Yang…”

  1. Lengkap sekali panduannya untuk memulai portal berita sederhana. Semoga dapat segera meluncurkan portal berita seperti panduan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *