5 Aplikasi Terbaik Untuk Membuat Video Animasi

3 min read

Aplikasi Untuk Membuat Video Animasi

Membuat video animasi dapat menjadi aktivitas yang bisa sahabat Qwords lakukan untuk menyalurkan hobi. Kegiatan ini juga bisa dilakukan seorang youtuber yang ingin menampilkan konten menarik di channel miliknya.

Di samping itu, video animasi juga sangat bagus untuk melakukan branding. Bahkan, bisa juga untuk mendongkrak keperluan konversi penjualan bisnis.

Tampilan audio visual dari video animasi tentunya sangat menarik dan mudah diingat. Layaknya iklan televisi, pastinya secara otomatis akan melekat di ingatan audiens.

Lantas, kira-kira bagaimana sih cara membuat video animasi itu? Berikut sudah kami rangkum langkah-langkah lengkap dengan daftar aplikasinya.

Mengenal Apa Itu Video Animasi

apa itu video animasi
apa itu video animasi

Video animasi adalah gambar bergerak yang berasal dari berbagai macam kumpulan objek dan disusun secara khusus sehingga akan bergerak sesuai alur semestinya dalam hitungan waktu. 

Jenis objek yang dimaksud di antaranya seperti gambar manusia, gambar hewan, tulisan teks, gedung dan masih banyak lagi. 

Selain itu, video animasi juga dapat didefinisikan sebagai hasil dari pengolahan gambar tangan menjadi gambar yang bergerak secara komputerisasi. 

Tentu sahabat Qwords ingat bahwa proses pembuatan tayangan kartun tempo dulu menggunakan gambar tangan berlembar-lembar sebelum menjadi satu video kesatuan.

Video animasi memberikan manfaat yang begitu baik bagi kegiatan sehari-hari. Misalnya, media iklan, hiburan, presentasi, pelengkap, alat bantu hingga terkait ilmu pengetahuan. Seluruh manfaatnya pasti akan sangat terasa jika digunakan secara bijak. 

Cara Membuat Video Animasi 

Cara Membuat Video Animasi 
Cara Membuat Video Animasi

Dalam menciptakan sebuah video animasi, ternyata bisa Anda lakukan dengan menerapkan beberapa langkah sederhana. 

Baca juga: 100% Mudah! Download Video TikTok Tanpa Watermark

Bahkan cuma dengan enam langkah yang sangat simpel. Beberapa cara untuk membuat video animasi adalah seperti berikut. 

  1. Lakukan penyusunan naskah. Tentukan apa saja tujuan pembuatan video tersebut, target penonton, pesan yang hendak disampaikan, urutan video, tata bahasa, panjang naskah sampai reaksi apa yang diharapkan. 
  2. Buatlah storyboard yang bertujuan untuk memvisualisasikan ide cerita dari naskah-naskah buatan. 
  3. Tentukan jenis video animasi yang diinginkan. Misalnya, animasi 2D, 3D, motion graphics, stop motion, animasi whiteboard, tipografi atau infografik. 
  4. Buatlah voice over sesuai naskah. Usahakan buatlah voice over terlebih dahulu sebelum animasinya. Hal ini agar nantinya apabila ada kesalahan akan jauh lebih gampang untuk menggantinya dalam bentuk animasi ketimbang voice over. 
  5. Buatlah video animasi. Anda dapat menggunakan sejumlah aplikasi video animasi dengan bantuan perlengkapan komputer khusus. 
  6. Tambahkan background musik agar terasa lebih menarik. Pastikan efek musik yang diberikan sesuai dengan tema. 

Aplikasi Membuat Video Animasi 

Tahukah Anda, bahwa terdapat sejumlah aplikasi yang dapat digunakan untuk menciptakan video animasi? 

Software membuat video animasi berikut tentunya cukup familiar bagi Anda yang gemar berkreasi dengan hal-hal bersifat visual. 

1.Pencil2D Animation 

Aplikasi ini ditujukan untuk menciptakan video animasi 2D di PC atau laptop. Software ini juga sangat ramah kepada pemula.  

2.Synfig Studio 

Dengan mekanisme yang gampang, Synfig Studio dapat digunakan untuk menciptakan video animasi secara praktis. Tampilan user interfacenya juga tidak pernah ketinggalan zaman. 

3.Blender

Aplikasi ini khusus dibuat untuk menciptakan video animasi dalam bentuk 3D. Aplikasi membuat video animasi gratis ini dapat menjadi pilihan terbaik dengan pilihan fitur mutakhir.  

4.Stick Nodes 

Aplikasi Stick Nodes menawarkan banyak fitur menarik bagi Anda yang ingin menciptakan video animasi terbaik. Terutama bagi Anda yang ingin menciptakan animasi menggunakan karakter Stickman. 

5.FlipaClip 

Software ini khusus ditujukan bagi pengguna smartphone yang ingin berkreasi dengan membuat video dalam bentuk animasi. Fitur yang ditawarkan tentu tidak kalah dari aplikasi serupa khusus PC. 

Tips Membuat Video Animasi 

Tips membuat video animasi
Tips membuat video animasi

Untuk mendapatkan video animasi terbaik, maka sebaiknya Anda memahami beberapa tips pembuatannya terlebih dahulu. Kiranya dengan menerapkan tips berikut dapat membuat hasil kreasi video Anda berkualitas. 

1.Perhatikan Dasar Animasi Tradisional 

Dalam membuat sebuah video animasi yang bagus, maka sebaiknya Anda memperhatikan dengan cermat bagaimana dasar animasi tradisional. 

Hal-hal yang menjadi dasar animasi tradisional di antaranya pembuatan naskah, storyboard, ilustrasi, model karakter, sketsa animasi dan gambar frame kunci. 

Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan alur gerakan, melengkapi gerakan antara frame kunci, memeriksa alur, merapikan gambar hingga memproses animasi. Dengan begini, maka video animasi buatan Anda bisa bagus. 

2.Lakukan Eksperimen

Eksperimen yang dimaksud adalah dengan mencoba membuat berbagai macam animasi.

Misalnya, stop motion, animasi gif, memakai pojok halaman buku, menggunakan PC, memakai bantuan aplikasi PC dan smartphone hingga mencoba machinima. 

3.Tingkatkan Kualitas Animasi 

Terakhir, cobalah untuk meningkatkan kualitas animasi kreasi Anda. Fokuskan pada bagian ekspresi wajah, penceritaan, sentuhan metode squash and stretch, kolaborasi teori warna, komposisi, bentuk perspektif, 3D, anatomi sampai mengikuti kursus. 

Baca juga: 5 Tipe Video yang Bantu Tingkatkan Bisnis

Pada dasarnya, Anda harus tekun dan serius dalam melatih diri jika ingin ahli dalam membuat video animasi

Karena untuk bisa menciptakan video animasi bagus tidak segampang seperti membalikkan telapak tangan. Ada proses dan waktu yang harus didedikasikan untuk belajar berkreasi dengan baik. 

Terlepas dari itu, jika Anda butuh media untuk menampilkan portofolio karya video animasi. Salah satunya Anda bisa membuat website khusus berisi berbagai konten promosi.

Bedanya dari YouTube dan media sosial, dengan menggunakan website pribadi Anda bisa lebih leluasa untuk mengatur desain serta jenis-jenis konten. 

Penggunaan nama domain TLD yang bisa dibeli di Qwords mulai dari Rp 100 ribuan per tahun juga membantu brand Anda lebih dikenal. Ibarat pepatah, kita bisa sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *