Sering kali themes WordPress yang sudah kita install memiliki navigasi yang kurang sempurna, salah satunya pada bagian menu yang kurang lengkap. Menu yang ada pada website berisi link-link yang mengarah pada halaman tertentu. Setiap website pastinya memiliki jumlah menu yang berbeda-beda tergantung dari jenis websitenya. Untuk letak menu biasanya berada pada header website, tetapi ada beberapa menu yang letaknya di footer.

Bagi anda yang belum puas dengan menu yang ada, cara membuat menu di WordPress sebenarnya cukup mudah, tetapi sebelum membuat menu Anda perlu tahu kira-ira menu apa saja yang dibutuhkan oleh pengunjung website. Dalam penambahan menu juga jangan terlalu banyak, karena akan terkesan kurang rapi.

Solusinya bagi Anda yang memiliki banyak menu bisa dibuat menjadi mega menu seperti yang ada pada kebanyakan marketplace atau bisa juga dengan sub kategori menu, nantinya menu yang dipasang model drop-down sehinggga tidak terlalu memakan banyak tempat. Agar load saat membuka mega menu lancar, anda perlu menggunakan Hosting Indonesia yang cepat agar terhindar dari delay saat membuka menu.

Tips Membuat Menu Navigasi

Sejarah WordPress
Sejarah WordPress

Sebelum melanjutkan alangkah baiknya Anda mengetahui tips membuat menu navigasi agar website anda menjadi lebih terstruktur dan lebih  rapi. Berikut pembahasannya:

1. Logo Untuk Halaman Utama

Biasanya untuk setiap logo website memiliki arah tautan link menuju ke halaman utama. Fungsi ini nantinya akan membantu pengunjung website jika ingin kembali ke halaman utama dari website Anda.

2. Maksimal 7 Menu

Menurut penelitian otak manusia memiliki memori yang pendek maksimal hanya bisa mengingat 7 item saja. Nah ini bisa diaplikasikan kepada jumlah menu yang ada pada website, maksimal gunakan 7 menu yang tampil pada bagian header atas. Selain mudah diingat, website juga bisa terlihat rapi tidak terkesan penuh karena kebanyakan menu.

3. Gunakan Drop Down Menu

Agar tidak banyak menu berjejer kesamping, coba manfaatkan fitur drop down menu. Gabungkan menu-menu yang masih dalam satu kategori menjadi satu menu utama. Untuk maksimal drop down menu yang disarankan berjumlah tiga saja, jika lebih dari tiga lebih baik menggunakan mega menu.

4. Gunakan Mega Menu

Mega Menu Pada Website
Mega Menu Pada Website

Nah yang terakhir menggunakan mega menu. Mega menu adalah versi lengkapnya dari drop down menu. Menu ini cocok bagi website yang memiliki banyak menu seperti yang ada pada toko online, website perusahaan dan website besar lainnya.

Baca juga : Daftar Themes WordPress Terbaik

Cara Membuat Menu WordPress

Jika Anda sudah tahu tentang tips membuat menu website yang baik, sekarang waktunya untuk menambahkan menu baru pada WordPress dengan mudah, jika anda belum tahu silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Pastikan Anda sudah login pada akun WordPress, jika belum tahu cara login silahkan buka pada artikel cara login WordPress dengan mudah.

    Cara Login WordPress
    Cara Login WordPress

  2. Ada 2 pilihan antara kategori atau halaman yang bisa Anda tambahkan untuk menjadi menu baru, bisa disesuaikan dengan kebutuhan website.
  3. Untuk menambahkan kategori baru silahkan klik pada ‘Post’ lalu ‘Category’, silahkan isikan kategori yang akan ditampilkan, kami mencontohkan dengan ‘Kategori Baru’ jika sudah silahkan pilih ‘Add New Category’. Jika benar nantinya kategori yang sudah ditambahkan akan berada pada sebelah sampingnya.

    Kategori Untuk Menu
    Kategori Untuk Menu

  4. Untuk menambahkan halaman menjadi menu, caranya silahkan klik pada ‘Pages’ lalu ‘Add New’, beri judul sesuai yang Anda inginkan, kami mencontohkan dengan ‘Halaman Baru’ jika sudah silahkan klik publish.

    Menambahkan Halaman Baru

  5. Jika keduanya sudah, silahkan buka pada menu ‘Appearance’ kemudian ‘Menus’, Anda akan dihadapkan dashboard Menus WordPress. Anda bisa menambahkan Kategori dan Halaman menjadi menu.

    Buat Menu Berdasarkan Halaman dan Kategori
    Buat Menu Berdasarkan Halaman dan Kategori

  6. Pastikan sebelumnya Anda membuat ‘Menu Name’ baru, kami mencontohkan dengan nama ‘Header’ kemudian klik ‘Save Menu’.

    Buat Menu Baru di Structure
    Buat Menu Baru di Structure

  7. Untuk memasukan ‘Pages’, silahkan klik pada menu ‘Pages’ kemudian berikan tanda centang pada halaman yang akan dimasukan menu, kemudian klik ‘Add to Menu’.

    Menambahkan Menu Berdasarkan Halaman
    Menambahkan Menu Berdasarkan Halaman

  8. Untuk menambahkan ‘Categories’ menjadi menu, silahkan berikan tanda centang pada kategori yang ingin dimasukan menu, kemudian klik ‘Add to Menu’.

    Menambahkan Menu Berdasarkan Kategori
    Menambahkan Menu Berdasarkan Kategori

  9. Jika semuanya sudah ditambahkan pada Menu Stucture, silahkan pilih ‘Primary Menu’ untuk menampilkan menu pada bagian atas, kemudian klik ‘Save Menu’.

    Save Menu
    Save Menu

  10. Jika semuanya sudah silahkan cek pada alamat website Anda apakah sudah berhasil atau belum, selain itu cek apakah link tujuan sudah benar sesuai yang Anda inginkan ataukah belum.

    Menu Baru Pada Website
    Menu Baru Pada Website

Demikian pembahasan mengenai cara membuat menu di WordPress dengan mudah, untuk Anda yang menggunakan themes WordPress berbayar, mungkin menu akan terisi secara otomatis melalui kategori yang sudah Anda buat. Tetapi untuk themes versi gratis jarang ditemui seperti ini, Anda perlu menambahkan secara manual.

Untuk Anda yang ingin membuat menu diatas header, nampaknya perlu menambahkan function baru pada script coding themes, sudah tersedia banyak tutorial yang membahas tentang ini atau Anda bisa menggunakan Jasa Pembuatan Website. Jika Anda kendala dalam proses penambahan menu baru pada WordPress, silahkan tuliskan dikolom komentar dibawah.

Terima kasih

One Reply to “Cara Membuat Menu di WordPress Dengan Mudah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *