Tutorial 4 Cara Mudah Membuat File ISO Dengan Cepat

3 min read

Cara membuat file iso

Bagi para pengguna laptop maupun netbook, sekarang ini penggunaan DVD rom sudah jarang sekali terpakai. Seiring dengan berkembangnya zaman serba digital saat ini, CD/DVD sudah mulai banyak ditinggalkan oleh penggunanya. Bahkan ada beberapa brand laptop yang sudah mulai menghilangkan fitur DVD-ROM karena sudah tidak terpakai dan juga mengejar desain yang ramping.

Para pengguna laptop sekarang lebih memilih menggunakan file ISO untuk melakukan berbagai keperluan install software dan aplikasi. Selain tidak memerlukan DVD-ROM, jenis file ini lebih simple bisa disimpan di flashdisk atau hardisk komputer. Tidak seperti CD/DVD yang memiliki bentuk fisik sehingga merepotkan kalau mau dibawa kemana-mana.

File ISO memungkinkan membuat CD/DVD menjadi bentuk file dengan format ISO dengan menggunakan beberapa software Windows. Anda bisa mendapatkan beberapa software pembuat file ISO ini secara gratis seperti Daemon, PowerISO, UltraISO dan Nero.

Apa Itu File ISO

Cara membuat file iso
Cara membuat file iso

Mungkin diantara sahabat Qwords ada yang belum tau tentang apa itu file ISO. Nah file ISO adalah arsip dari file yang isinya berasal dari CD/DVD. Lebih mudahnya file ISO adalah CD/DVD dalam bentuk file. Perlu diketahui bahwa ISO kepanjangan dari International Organization for Standardization.

Cara Membuat File ISO

Untuk Anda yang penasaran bagaimana cara membuat file ISO, silahkan pilih satu dari lima cara yang sudah kami rangkung berikut ini. Silahkan pilih sekiranya paling gampang dan cepat.

1. Membuat File ISO Dengan Daemon

Daemon adalah salah satu tools untuk membuat file ISO sejak dari dulu. Program ini sudah banyak digunakan sejak dulu dan tentunya gratis tanpa biaya. Anda tinggal download Daemon saja pada website resminya secara gratis kemudian install pada komputer Anda. Nah berikut cara membuat file ISO dengan Daemon tools.

  • Pertama, masukan CD/DVD pada optical drive laptop atau komputer yang Anda gunakan.
  • Kedua, tunggu CD/DVD sampai terbaca, kemudian silahkan buka aplikasi Daemon Tools yang sudah kita install sebelumnya.
  • Ketiga, setelah muncul pada dashboard Daemon tools silahkan pilih “Create Disk Image” berbentuk logo plus.

    Membuat file ISO Daemon
    Membuat file ISO Daemon

  • Keempat, silahkan cari optical drive yang Anda gunakan untuk membuka CD/DVD.

    Cari lokasi optical drive
    Cari lokasi optical drive

  • Kelima, jika sudah silahkan pilih Save as .ISO dan berikan nama file tersebut.

    Save format file ISO
    Save format file ISO

  • Keenam, silahkan pilih tombol start untuk memulai membuat file ISO dan tunggu prosesnya hingga selesai.

2. Membuat File ISO Dengan Nero

Nero juga tidak kalah lengkap dengan Daemon Tools sebelumnya. Nero memiliki fitur untuk burning CD dan DVD untuk Anda yang ingin menggandakannya. Selain itu Anda juga bisa membuat file ISO dari CD/DVD yang dimiliki. Caranya cepat dan mudah untuk dilakukan, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Pertama silahkan download Nero terlebih dahulu dan lakukan install sampai selesai. Nero ini gratis jadi Anda bisa menggunakannya secara bebas, silahkan Download Nero melalui link tersebut.
  • Kedua, buka aplikasi Nero kemudian saat sudah masuk dashboard silahkan pilih menu Rip and Burn > Burn Data Disc.

    Pilih Rip and Burn
    Pilih Rip and Burn

  • Ketiga, silahkan pilih file yang akan dijadikan ISO dari data CD/DVD. Kemudian pilih “Add” dan cari lokasi CD/DVD yang akan dijadikan file ISO.
  • Keempat, jika sudah ketemu silahkan pilih “Add” dan pastikan semua file CD/DVD sudah masuk semua, Klik “Next” pada bagian bawah.

    Burning file ISO dengan Nero
    Burning file ISO dengan Nero

  • Kelima, silahkan beri nama file ISO yang akan Anda buat, jika sudah silahkan pilih “Burn” dan tunggu prosesnya hingga selesai.

    Proses membuat file ISO
    Proses membuat file ISO

3. Membuat File ISO Dengan PowerISO

Dari namanya sudah jelas bahwa aplikasi ini adalah tools untuk membuat file ISO. Semua file yang ada pada CD, DVD bahkan Bluray sekalipun bisa disalin dan dijadikan file ISO. Anda juga bisa membuka file ISO dengan bantuan PowerISO ini. Untuk menggunakannya silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Pertama, install terlebih dahulu aplikasi PowerISO
  • Kedua, setelah terinstall dengan benar pada bagian dashboard pilih “Add” dan silahkan cari file yang akan Anda buat ISO. Jika sudah ketemu silahkan pilih “Add” sehingga sudah tampil pada dashboard depan.

    Membuat file ISO dengan PowerISO
    Membuat file ISO dengan PowerISO

  • Ketiga, silahkan pilih menu “Save” kemudian pilih jenis file “ISO” dan “Save”. Silahkan tunggu prosesnya hingga selesai.

    Save format file ISO
    Save format file ISO

4. Membuat File ISO Dengan UltraISO

Rekomendasi aplikasi keempat yang sering digunakan untuk membuat file ISO adalah UltraISO. File ini memiliki fungsi seperti file lainnya dimana bisa untuk membuat file ISO, Mount and Unmount file. Untuk cara penggunaannya juga simple, silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Pertama, lakukan install UltraISO hingga selesai terlebih dahulu, jika Anda belum punya silahkan download terlebih dahulu.
  • Kedua, silahkan buka UltraISO kemudian pada dashboard silahkan pilih menu “File” pada pojokan atas dan pilih “Open CD/DVD”, jika sudah silahkan cari file yang akan Anda buat ISO.

    Open file UltraISO
    Open file UltraISO

  • Ketiga, jika sudah lengkap semuanya silahkan kembali lagi ke menu “File” dan pilih “Save as”, untuk jenis file pilih .ISO dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Nah bagaimana mudah bukan cara membuat file ISO? Silahkan pilih mana tools yang menurut Anda paling baik dan mudah digunakan. Keuntungan menyimpan file dengan format ISO adalah lebih aman tidak seperti pada CD/DVD yang rawan baret sehingga menjadi rusak.

Perlu diketahui bahwa Qwords selain menyajikan artikel-artikel dalam bidang IT dan website, Qwords memiliki layanan penjualan domain hosting terbaik untuk berbagai keperluan pribadi, organisasi, bisnis dan perusahaan. Qwords memiliki server dengan uptime mencapai 99.99% dengan layanan support selama 24/7 seminggu full. Tunggu apalagi segera miliki websitemu sekarang juga.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *