Apa Itu Market Share dan Bagaimana Cara Mengukurnya

3 min read

Apa Itu Market Share dan Bagaimana Cara Mengukurnya

Market share adalah faktor yang sangat penting bagi perusahaan, terutama di era pasar ekonomi modern dimana pasar digital mulai mengandalkan teknologi canggih untuk melakukan akuisisi pasar.

Faktanya, hingga saat ini masih banyak pengusaha yang belum begitu memahami terkait pentingnya market share. Padahal, peran market share sendiri sangatlah besar bagi kelangsungan bisnis scara jangka panjang.

Nah, untuk lebih memahami tentang pengertian dan cara mengukur market share bisnis, berikut sudah kami rangkum penjelasan selengkapnya.

 

Apa itu Market Share?

Apa Itu Market Share dan Bagaimana Cara Mengukurnya
Apa Itu Market Share dan Bagaimana Cara Mengukurnya

Untuk mengenal segala sesuatu tentang market share, setidaknya Anda perlu memahami secara mendasar seputar market share itu sendiri. Market share adalah bagian penting perusahaan untuk mengetahui data permintaan.

Data ini menunjukkan seluruh segmen pasar yang terbagi ke dalam golongan tertentu, mulai dari gender, kelas ekonomi, dan sebagainya. Data seputar market share memang harus diperbarui secara konsisten agar lebih akurat.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Sales dan Marketing

Menurut definisi market share itu sendiri, memang data yang terdapat di dalam penjelasan hanya menunjukkan waktu dan tempat tertentu saja. Namun, dari data pangsa pasar ini, Anda bisa mengetahui potensi penjualan yang bisa dihasilkan.

Dari persentase penjualan produk perusahaan, Anda bisa melakukan analisa langkah apa yang harus diambil selanjutnya. Semua ini dilakukan sebagai antisipasi agar perusahaan tidak terjebak pada jurang yang sudah terlihat dari data pangsa pasar.

Banyak perusahaan yang membuat market share untuk mencari strategi bisnis atau pemasaran dalam beberapa waktu ke depan. Sebab dari data market share, Anda lebih mudah menganalisis siapa pesaing dan pelanggan pada produk yang dijual.

 

Jenis-Jenis Market Share

market share
market share

Untuk mengenal lebih jauh terkait market share, maka sahabat Qwords harus mengenali jenis market share yang menjadi target perusahaan. Pasalnya, setiap perusahaan akan mengetahui pangsa pasarnya sebelum dan setelah melakukan analisis terhadap penjualan produknya selama ini.

Berdasarkan ilmu macam macam market share, Anda dapat menggolongkannya ke dalam dua jenis berbeda. Kedua jenis market share terbagi antara nilai dan volume yang mana memiliki tolak ukur tersendiri dalam setiap jenisnya.

Untuk jenis market share yang memiliki wujud nilai, berarti keseluruhan dari pangsa pasar tersebut dihitung berdasarkan total segmen penjualan. Dari sini, dapat difokuskan bahwa perusahaan menghitung seluruh data berdasarkan capaian harga.

Sedangkan pada jenis market share berwujud volume, keseluruhan datanya dihitung berdasarkan data penjualan yang mengacu pada jumlah unit. Jadi, jenis market share ini berfokus pada total barang yang saat ini sudah terjual di pasar.

Pada umumnya, kedua jenis market share yang telah disebutkan tadi tidak bisa berada di titik linier sejajar. Misalkan kemungkinan perusahaan memiliki nilai yang tinggi, namun bisa saja volume market share cenderung rendah.

Bagi Anda yang menggeluti dunia saham, sangat penting untuk mengetahui bagaimana market share pada sebuah perusahaan. Keseluruhan angka inilah yang akan berpengaruh pada pertumbuhan nilai dan volume pada perusahaan nantinya.

 

Cara Mengukur Market Share

cara mengukur market share
cara mengukur market share

Mengukur seberapa tinggi tingkat keberhasilan perusahaan memang bisa dilakukan melalui data yang dianalisis dalam market share. Akan tetapi, tahukah Anda mengenai cara mengukur pangsa pasar yang ada pada sebuah perusahaan?

Cara menghitung market share perusahaan haruslah dilalui dengan tahap analisis dan riset pada pasar yang menjadi segmen penjualan. Maka dari itu, Anda sebagai pengusaha harus mengerti siapakah pasar yang akan dijadikan target ke depan.

Dari proses analisis pasar inilah, Anda akan melihat seberapa besar potensi yang mampu dimunculkan pada pemilihan pasar tersebut. Ketahui dulu siapa dan seberapa besar segmen pasar yang akan dibidik secara detail.

Apabila sudah mengetahuinya, Anda bisa memahami seluruh pesaing yang memiliki potensi untuk menguasai pasar yang sama. Dengan cara ini, Anda bisa mencari strategi bisnis terbaik untuk membuat promosi menjadi lebih tepat sasaran.

 

Meningkatkan Market Share

pertumbuhan
pertumbuhan

Setelah Anda memiliki data dan gambaran jelas seputar ukuran market share perusahaan, maka bisa dicari seberapa besar potensinya. Faktanya, terdapat beberapa cara yang bisa diterapkan sebagai strategi meningkatkan market share.

Langkah paling awal yang harus diterapkan adalah pemilihan ide bisnis dengan jumlah pesaing rendah. Proses perencanaan ini pasti bisa menimbulkan kemudahan bagi Anda untuk bisa mengambil segmen pasar seluas mungkin.

Baca juga: Cara Menentukan Niche Market Yang Tepat Untuk Bisnis Online

Berikutnya adalah memberikan keyakinan bahwa bisnis perusahaan Anda bisa mencapai visi dan misi dalam penjualan. Dari situ, akan ditemukan prinsip kuat sebagai landasan untuk mencapai target bisnis dalam market share tersebut.

Jangan lupa untuk melihat seberapa tinggi kekuatan pesaing dalam bidang bisnis yang sama. Melalui strategi ini, Anda mampu menentukan harga paling efektif yang bisa dicapai segmen pasar dengan kualitas terbaik.

Semenjak perusahaan sudah mulai berjalan, bangunlah jaringan pasar yang baik untuk memperlancar bisnis Anda ke depan. Semakin besar jaringan pasar dalam bisnis, semakin tinggi pula peluang Anda untuk menguasai pasar.

Dari keseluruhan penjelasan di atas, pastinya Anda bisa menguasai pangsa pasar secara luas. Jadi, dapat disimpulkan bahwa market share adalah sebuah perhitungan dalam bentuk persentase dari total penjualan perusahaan.

Kiranya sampai disini pembahasan seputar market share untuk bisnis. Jika Anda tertarik untuk memperbesar jangkauan target pasar di ranah digital, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membuat website sebagai tempat jual beli.

Jangan lupa gunakan nama domain populer seperti .com atau .id untuk mempermudah branding. Sementara untuk urusan hosting, Anda bisa menggunakan hosting bisnis terbaik dari Qwords.com.

Semoga bermanfaat.

15 Metrik SEO yang Paling Sering…

Dalam dunia pemasaran digital, Search Engine Optimization (SEO) memegang peranan penting dalam meningkatkan visibilitas website di mesin pencari.  Sampai saat ini nampaknya SEO menjadi...
Eril Obeit Choiri
5 min read

Belajar Search Intent dan Pentingnya Untuk…

Memahami search intent pengguna menjadi kunci utama bagi pelaku marketing online dengan Search Engine Optimization.  Search intent mengacu pada tujuan dan motivasi di balik...
Eril Obeit Choiri
3 min read

Waktunya Pondok Pesantren Tampil Keren dengan…

Berbicara mengenai domain memang seolah tiada habisnya. Saat ini, Sahabat Qwords dapat menemukan lebih dari 1000+ ekstensi domain di internet dengan keunikannya masing-masing. Pemilihan...
Jordy Prayoga
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *