Era digital seperti sekarang ini bisa dibilang menuntut seseorang, perusahaan, atau lembaga untuk memiliki laman sendiri. Laman tersebut digunakan untuk mereka yang ingin tahu profil seseorang atau pxerusahaan. Selain itu, laman pribadi tersebut juga sebagai sarana promosi dan berbagi informasi terkait profil, aktivitas, visi dan misi, bahkan juga bisa untuk pengembangan bisnis. Apalagi sekarang ini membuat website bukanlah perkara yang sulit, siapapun bisa untuk memiliki website pribadi.

Hampir setiap orang setiap hari membuka laman Google, Facebook, Twitter, atau laman berita seperti detik.com atau okezone.com. Ada juga yang membuka laman lembaga pemerintahan untuk mendapatkan informasi. Laman yang Anda buka setiap hari itulah yang disebut website. Dari website tersebut, Anda mendapatkan informasi berupa tulisan, grafis, gambar,audio, dan juga video.

Pengertian Website

Manfaat website
Manfaat website

Untuk personal ada yang menggunakan blog ada juga yang membangun websitenya sendiri. Menggunakan nama asli ataupun identitas tertentu. Nah, sebetulnya apa sih website dan seberapa penting website itu dimiliki oleh individu atau perusahaan? Berikut ini ulasan terkait pengertian website dan juga manfaat website untuk pribadi dan juga manfaat website untuk perusahaan.

Hampir semua pengguna internet membuka website setiap hari. Namun ada juga yang belum memahami apa sih pengertian website. Website adalah kumpulan halaman yang biasa diakses menggunakan internet. Semua orang yang terhubung secara online melalui jalur internet bisa mengakses website. Teknisnya, website adalah kumpulan dan halaman yang tergabung dalam suatu domain atau subdomain tertentu. Website berada dalam world wide web (www) internet.

Pengertian website lainnya adalah cara untuk menampilkan informasi dalam bentuk teks, gambar, audio, dan juga video secara interaktif. Kelebihannya bisa saling terhuhung antara satu dokumen dengan dokumen lainnya. Setiap orang terhubung secara online dengan internet bisa mengakses informasi melalui website. Bahkan mereka juga bisa berinteraksi dengan lawan bicara di belahan dunia lain. Halaman website biasanya ditulis dalam format Hyper Text Markup Language (HTML).

Pengguna website biasanya adalah personal, organisasi, instansi pemerintah, dan juga perusahaan. Untuk personal bisa berupa blog pribadi atau media sosial yang berisi tulisan, foto, dan juga informasi terkait diri seseorang. Website organisasi, biasanya berisi informasi terkait organisasi, kabar dan perkembangan organisasi. Demikian juga dengan website instansi atau perusahaan.

Hampir setiap perusahaan memiliki laman atau website sendiri. Ada beberapa perusahaan yang juga menyediakan fitur chat interaktif, terutama perusahaan yang bergerak di bidang jasa pelayanan. Ini untuk mempermudah pengunjung website untuk berinteraksi, mencari informasi, dan juga mengajukan komplain.

Perusahaan yang bonafid pastilah memiliki website, untuk mempermudah klien mereka mencari informasi. Biasanya di halaman website, mereka akan mencantumkan company profile perusahaan. Biasanya klien akan mencari tahu terlebuh dahulu latar belakang dan juga kinerja sebuah perusahaan melalui website. Manfaat website bagi perusahaan memang sangat anyak, terutama untuk pengenalan perusahaan ke rekanan atau klien.

Baca juga : 5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Website

Manfaat Website

Jenis Website
Jenis Website

Bukan hanya bagi perusahaan, website juga bisa digunakan untuk personal atau perorangan. Contoh website perorangan adalah media sosial seperti Facebook. Ada juga orang yang menggunakan laman WordPress atau blogspot untuk membangun website pribadi mereka. Ada juga yang membeli domain yang membangun website mereka secara lebin profesional. Biasanya ini dilakukan oleh bloger dan juga pemilik online shop.

Manfaat website bagi perorangan bisa untuk personal branding atau sekadar hobi saja. Misalnya mereka yang punya hobi menulis bisa membangun website mereka untuk menulis di blog. Ini hampir sama dengan menulis diary atau buku harian, hanya saja medianya yang berbeda. Websie pribadi bisa didapat dengan cara mendaftar di website lain seperti wordpress atau blogspot namun ada juga yang berlangganan domain.

Selain untuk menyalurkan hobi menulis atau fotografi, manfaat website bagi perorangan bisa juga untuk tujuan monetisasi. Misalnya memiliki website pribadi untuk menulis dan kemudian mendapatkan penghasilan dari blog tersebut.

Selain itu manfaat website untuk perorangan juga untuk berbagi informasi dengan orang lain. Misalnya saja tips, tutorial, pengalaman, pengetahuan, hobi, dan lain-lain. Personal branding atau memperkenalkan diri sendiri. Ini biasanya dibuat oleh seseorang yang bekerja freelance atau profesional di bidang tertentu. Selain mempernalkan dan memberikan informasi terkait latar belakang, website pribadi juga bisa berisi tentang aktivitas seseorang. Misal seorang pejabat memiliki personal website yang berisi tentang kegiatannya sehari-hari. Selain itu bisa juga ada kanal yang berisi tulisan atau pendapat pribadinya. Ini bisa dikelola oleh tim atau dirinya sendiri.

Website pribadi pribadi juga bisa digunakan untuk menjalankan bisnis online. Ada beberapa orang yang memilih berjualan online menggunakan website, ketimbang di marketplace atau media sosial. Nah, setelah mengetahui manfaat website bagi perorangan, apakah Anda tertarik membuat personal website?

Untuk Anda yang membutuhkan website, kami memiliki rekomendasi hosting murah dari Qwords.com. Cukup dengan 14.500/bulan Anda sudah bisa memiliki layanan hosting untuk keperluan website Anda. Tunggu apalagi miliki websitemu sekarang juga.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *