Sistem operasi merupakan salah satu tulang punggung komputer masa kini. Setiap perangkat laptop, smartphone maupun PC pasti memiliki sistem operasi untuk memudahkan penggunaan sehari-hari. Terlepas dari itu, tahukah Anda terkait fungsi, peran, dan macam-macam sistem operasi? Apa sih sebenarnya pengertian sistem operasi itu? Lalu, kenapa sistem operasi seperti Windows harus dijual dalam bentuk lisensi?

Nah, untuk menjawab berbagai pertanyaan tersebut kebetulan pada kesempatan kali ini kita akan sama-sama membahas tentang sistem operasi yang ada di komputer. Penasaran seperti apa pembahasannya? Berikut selengkapnya.

Macam-Macam Sistem Operasi Komputer yang Perlu Diketahui
Macam-Macam Sistem Operasi Komputer yang Perlu Diketahui

Apa Itu Sistem Operasi?

 

Secara umum, pengertian sistem operasi adalah perangkat lunak (software) yang berfungsi sebagai antarmuka dan pengatur semua sumber daya pada perangkat komputer. Peran utama sistem operasi yaitu menjadi penghubung antara tiga komponen utama yang terdiri dari software (aplikasi dan program), hardware (CPU, kartu grafis, monitor, keyboard, dlll), serta brainware (pengguna/manusia).

Tanpa sistem operasi, sebuah komputer, konsol game, maupun smartphone tidak akan bisa berjalan optimal karena OS inilah yang berperan menjadi jembatan pengatur fungsi secara keseluruhan.

Fungsi Sistem Operasi

  1. Sebagai Pengatur Hardware
  2. Menjalankan perintah dasar pada komputer
  3. Mengorganisir dan mengatur berbagai macam Aplikasi
  4. Menterjemahkan bahasa pemrograman dalam bentuk grafis
  5. Untuk peran komputer yang lebih optimal

Jenis Sistem Operasi Komputer

Berikut ini merupakan macam-macam sistem operasi komputer yang perlu Anda ketahui:

1. Sistem Operasi DOS

MS DOS
MS DOS

DOS bisa dibilang merupakan nenek moyang dari sistem operasi yang dimiliki oleh Microsoft saat ini. DOS yang juga merupakan singkatan dari Disk Operating System adalah awal mula metode operasi komputer yang digunakan oleh IBM.

Layaknya perangkat komputer versi terdahulu, tampilan dari DOS masih hitam putih, hanya tulisan dan tidak ada gambar yang ditayangkan. Karena masih jadul dan belum ada antarmuka, proses memasukkan intruksinya pun menggunakan tulisan yang kini kita kenal dengan istilah Command Prompt.

Kelebihan Sistem operasi DOS:

– Ringan sehingga tidak menghabiskan banyak memori

– Ukurannya kecil

– Memiliki kompatibilitas tinggi

 

Kekurangan Sistem Operasi DOS:

– Belum ada antarmuka

– Intruksinya hanya berupa tulisan tidak ada grafis

 

2. Sistem Operasi Windows

sistem operasi windows
sistem operasi windows

Windows merupakan sistem operasi terbesar di dunia yang saat ini banyak di adopsi untuk membantu mengakomodir kebutuhan sehari-hari, mulai dari komputer instansi, akademisi, hingga kebutuhan pribadi.

Usai berhentinya proses pengembangan sistem operasi MS DOS, Windows menjadi favorit pengguna karena tampilanya sudah terpasang di hampir seluruh komputer IBM dan komputer lainnya.

OS Windows mampu tampil menarik dengan visual grafis GUI. Sebagai informasi, OS Windows sejatiinya merupakan hasil revolusi dari MS DOS yang beberapa tahun sebelumnya masih berbasis tulisan tanpa gambar.

 

Kelebihan:

– Tampilan antarmuka User Friendly

– Lebih mudah dalam proses instalasi

– Aplikasi OS Windws melimpah

 

Kekurangan:

– Tidak open surce

– Berbayar dan lumayan mahal

– Mudah diretas karena sistem keamanannya masih lemah

– Rentan terkena serangan virus

 

3. Sistem Operasi Linux

Sistem operasi linux
Sistem operasi linux

Linux diperkenalkan pertama kali oleh Linus Torvalds pada tahun 1991 silam. Sistem operasi yang satu ini memliki sifat open-source dimana pengguna dapat memodifikasi dan mendistribusikan kembali secara bebas tanpa perlu lisensi.

Berkat fleksibilitas ini, rata-rata penggguna linux kerap kali memasang dan melakukan konfigurasi sendiri untuk membangun sistem. Pengguna OS Linux mayoritas juga paham akan teknologi, sehingga perkembangan Linux sangat pesat dibandingkan OS Windows atau Mac OS yang kebanyakan merupakan pengguna sehari-hari.

Di ranah web hosting, sistem operasi Linux biasanya juga dimanfaatkan sebagai OS untuk komputer server. Anda bahkan bisa memilih versi OS Linux pada serer jika menggunakan layanan VPS Murah yang saat ini sudah banyak di jual di Indonesia.

Baca juga: 4 Alasan Anda Membutuhkan VPS

Kelebihan:

– Open Source

– Gratis tidak ada biaya lisensi

– Perkembangannya sangat kencang karena dikembangkan banyak orang

 

Kekurangan:

– Tidak dianjurkan bagi pengguna awam

– Aplikasi Linux terbatas

– Cara instal Linux terbilang susah

 

4. Sistem Operasi MacOS

Sistem operasi linux mac os
Sistem operasi mac os

Mac OS atau singkatan dari Machintosh operating System adalah sistem operasi eksklusif yang hanya terdapat di komputer Apple saja. MacOS yang diluncurkan pada tahun 1984 pertama kali digunakan untuk komputer bernama LISA. LISA tak lain adalah komputer hasil racikan Steve Jobs setelah ia menempuh perjalanan spiritual ke India.

Di atas kertas, pengguna sistem operasi yang satu ini memang tergolong relatif lebih sedikit dibandingkan pengguna Windows. Pasalnya, produk Apple dari dulu sampai sekarang tergolong sebagai perangkat mahal.

Kelebihan:

– Lebih stabil

– Tampilan antarmuka cocok untuk kebutuhan multimedia

– Memiliki keamanan tinggi dan tidak mudah diretas

– Aman dari Virus

 

Kekurangan:

– Harganya relatif mahal

– Kurang optimal untuk gaming

– Tidak open source

 

5. Sistem Operasi UNIX

Sistem operasi UNIX
Sistem operasi UNIX

Sama halnya seperti DOS, Unix merupakan jenis sistem operasi komputer generasi lawas yang banyak digunakan hingga menjadi cikal bakal munculnya OS masa kini. Saat ini Unix sendiri sudah mempunyai banyak versi yang bisa dipilih oleh pengguna. Terkait keunggulan dan daya tarik utama, ada beberapa aspek yang bisa Anda coba. Namun, dari segi penggunaan Unix saat ini sudah sangat jarang digunakan.

 

Kelebihan:

– Tidak mudah terkena virus

– Gratis dan bisa digunakan cuma-cuma

 

Kekurangan:

– Tampilan UNIX kurang menarik

– Tidak memiliki banyak pilihan driver

 

Sistem Operasi Terbaik Untuk VPS

 

Pada umumnya , pengguna memilih operating system terbaik untuk VPS atau web server berdasarkan pengalaman sebelumnya. Sementara dari segi penyedia layanan VPS biasanya bakal memberikan pilihan OS yang bisa diinstal, tapi tergantung kebijakan tiap paket dan layanan.

Baca juga: Situsmu Ada Ciri-ciri Ini? Segera Beralih ke Cloud VPS!

Misalnya, untuk paket VPS-D yang dijual Qwords.com, Anda hanya akan memiliki opsi sistem operasi Linux dengan macam-macam variannya (Debian, Fedora, Ubuntu, CentOS dan OpenSUSE). Sementara untuk paket VPS-K Anda lebih bebas karena diberi pilihan untuk menginstall sistem operasi Windows, Linux, FreeBDS, atau Mikrotik.

Mayoritas pengguna VPS Indonesia biasanya cenderung memilik OS Linux atau FreeBSD sebagai sistem operasi open source yang gratis. Namun, tidak sedikit pula pengguna VPS yang mamakai sistem operasi Windows sebagai antarmukanya, terutama jika website yang dibangun mmerlukan program seperti Visual Basic atau kode di ASP .NET.

 

Penutup

 

Itulah macam-macam sistem operasi komputer yang perlu Anda ketahui. Dari penjelasan di atas sedikit banyak bisa disimpulkan bahwa terdapat beragam opsi sistem operasi komputer yang bisa dijadikan sebagai pilihan untuk mengakomodir berbagai kebutuhan sehari-hari.

Bagi pengguna yang masih awam soal teknologi, sistem operasi Windows menjadi rekomendasi terbaik yang bisa Anda coba. Sementara untuk para penghobi komputer, Linux sepertinya sudah tidak bisa ditawar lagi karena memiliki fleksibilitas tinggi dari segi konfigurasi.

Terlepas dari itu, satu lagi sistem operasi yang patut dipertimbangkan adalah Mac OS, sebuah sistem operasi eksklusif buatan Apple ini mendukung tampilan yang lebih clean dan simpel sehingga cocok digunakan oleh berbagai kelompok usia.

Bagaimana Sobat Qwords? Apakah penjelasan terkait macam-macam sistem operasi komputer di atas bisa sepenuhnya dipahami?

Memilih OS terbaik untuk komputer maupun VPS sejatinya tergantung pengalaman dan kebtuhan pribadi. Jadi, jangan takut untuk mengeksplore berbagai opsi sampai menemukan kecocookan seperti yang Anda sukai.

Semoga bermanfaat

2 Replies to “Macam-Macam Sistem Operasi Komputer yang Perlu Diketahui

  1. Sistem operasi padahal sebelumnya disepelekan ya sewaktu Microsoft menawarkannya ke IBM, sekarang malah jadi sumber income yang besar karena buat duplikasinya gak perlu banyak modal seperti bikin hardware.

    Kedepannya apa lagi ya? Seru kalau dipikir-pikir kemungkinannya.. 😀

    Regards, Admin Plaza Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *