Mengenal LSI Keyword & Manfaatnya Untuk SEO

3 min read

Mengenal Pengertian LSI Keyword dan Manfaatnya Untuk SEO

Ingin menampilkan konten di peringkat teratas pada mesin pencari Google? Tentunya hal ini bisa sahabat Qwords wujudkan dengan mudah.

Salah satu caranya yakni dengan membuat konten yang  relevan sesuai apa yang sedang dicari oleh audiens.

Nah, agar rencana ini bisa berjalan dengan lancar maka Anda harus mengetahui dan mempelajari tentang penggunaan serta pengertian LSI Keyword untuk memaksimalkan SEO.

Latent Semantic Indexing atau yang bisa disebut dengan LSI keyword adalah salah satu faktor utama yang saat ini dipertimbangkan oleh mesin pencari untuk menetapkan peringkat suatu situs pada hasil pencarian.

Sehingga pemahaman lebih lanjut mengenai LSI keyword menjadi sangat penting dan krusial bagi blogger maupun webmaster agar bisa meningkatkan posisi website pada mesin pencari.

Apabila sahabat Qwords sudah paham mengenai tata cara penggunaan LSI Keyword kedalam konten, tentunya Anda akan lebih mudah dalam menaikkan peringkat.

Dengan demikian konten Anda akan lebih SEO Friendly dan semakin gampang ditemukan oleh banyak orang.

Apakah Anda penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut mengenai hal ini? Langsung saja, mari kita simak ulasan selengkapnya tentang apa itu LSI Keyword di bawah ini.

Pengertian LSI Keyword

Secara umum, LSI Keyword adalah suatu kalimat yang dianggap relevan dengan keyword utama secara semantik oleh algoritma mesin pencari Google.

Bagi sebagian orang, LSI Keyword juga dianggap sebagai sinonim atau persamaan kata dari keyword utama yang biasa digunakan untuk mencari informasi terkait.

Penulis artikel atau SEO Content writer biasanya memiliki pengetahuan yang luas mengenai LSI (Latent Semantic Indexing) Keyword, terutama ketika harus menulis untuk website perusahaan yang secara spesifik menjual produk atau jasa tertentu.

Baca juga: Cara Riset Keyword Untuk Mencari Ide Konten Blog

Jadi, sangat wajar jika seorang SEO Content writer masih tetap produktif meski sudah menulis ratusan atau bahkan ribuan artikel SEO untuk menaikkan traffic organik dari website perusahaan.

Cara Kerja Latent Semantics Indexing Keyword

LSI keyword adalah
LSI keyword adalah

Contoh sederhana dari LSI keyword adalah ketika sahabat Qwords menulis konten tentang bulan (satelit bumi) pada sebuah website.

Nantinya situs Anda ini akan muncul di hasil pencarian tentang benda-benda astronomi, bukan bulan dalam konteks kalender.

Pasti dalam hal ini terdapat banyak pertanyaan yang timbul. Misalnya seperti mengapa konten yang Anda buat tidak muncul dalam hasil pencarian tentang bulan (penanggalan kalender)? Padahal kata-kata yang digunakan identik, yakni sama-sama bulan.

Hal ini bisa terjadi karena konten yang Anda buat mengandung kata-kata astronomi seperti benda langit, satelit, gerhana atau orbit, yang relevan secara semantik atau LSI Keyword dengan bulan (satelit), bukan nama-nama bulan dalam kalender yang terdiri dari Januari sampai dengan Desember.

Jadi, mesin pencari ini akan secara otomatis mengidentifikasi dan menyesuaikan berbagai kata yang dianggap relevan secara semantik, sehingga konten yang Anda buat bisa terhubung dengan satu topik yang lebih spesifik.

Dari sudut pandang SEO atau Search Engine Optimization, algoritma dalam teknologi tersebut tentunya sangat bermanfaat, karena persaingan akan lebih sehat dan informasi yang ditampilkan di halaman depan juga bakal semakin bermanfaat.

Hingga kini istilah LSI (Latent Semantic Indexing) masih cukup banyak digunakan, pasalnya penggunaan berbagai kata agar menjadi relevan pada umumnya berasal dari LSI.

Oleh karenanya, identitas metode ini masih sangat dekat dengan cara kerja serta algoritma mesin pencari.

Manfaat LSI Keyword Untuk SEO

SEO untuk penjualan
SEO untuk penjualan

Manfaat utama keyword LSI keyword yaitu agar mendapat variasi dan impressi lebih tinggi dalam berbagai jenis Long Tail Keyword, sehingga peluang artikel untuk mendapat pengunjung organik semakin besar.

Selain itu, apabila Anda memiliki konten yang berkualitas, banyak dicari, serta memiliki kunjungan tinggi, maka kemungkinan besar Google akan dengan senang hari untuk menempatkan artikel Anda pada peringkat pertama mesin pencari.

Terlepas dari berbagai manfaat di atas, dengan mengaplikasikan keyword LSI pada penulisan konten, Anda juga bisa meningkatkan Rangking dan Relevansi untuk keyword utama yang digunakan membuat konten artikel.

Bagaimana? Sangat menarik bukan penggunaan LSI keyword ini? Jadi, bagi Anda yang belum menggunakannya mulai hari ini bisa menggunakan teknik ini agar website toko online maupun website pribadi bisa semakin ramai dikunjungi.

Cara Mencari Keyword LSI

Cara Mencari Keyword LSI
Cara Mencari Keyword LSI

Setelah mengetahui tentang pengertian apa itu LSI Keywords, manfaat LSI Keyword, dan cara kerjanya.

Sekarang saatnya untuk mengulas tutorial cara mencari keyword LSI yang baik dan benar.

Baca juga: Daftar 5 Keyword Tool Gratis Terbaik yang Bisa Kamu Gunakan

Ada beragam cara mencari LSI Keyword yang kerap kali digunakan. Salah satunya yakni dengan memanfaatkan kolom pencarian Google atau Google Suggestion. Bagaimana carannya?

Cara mencari keyword LSI dengan Google Suggestion sangat mudah, Anda tinggal mengetikkan kata kunci (keyword) utama di kolom pencarian kemudian tekan tombol spasi.

Jika koneksi internet Anda lancar, maka di belakang keyword utama yang sudah ditambah dengan spasi tadi akan muncul tambahan kata. Nah, kata-kata itulah yang bisa digunakan sebagai LSI.

Selain dengan cara di atas, para blogger juga biasa menggunakan tools LSI generator untuk mencari keyword yang relevan.

Cara ini tentu bakal lebih cepat lagi, namun Anda harus memiliki software atau aplikasi LSI generator terlebih dahulu.

Saatnya Mendominasi Mesin Pencari

Kira-kira seperti itulah pembahasan lengkap mengenai apa itu LSI keyword dan manfaatnya untuk SEO.

Dengan mengetahui hal ini, sahabat Qwords diharapkan bisa mencobanya sendiri untuk menaikkan konten di peringkat teratas mesin pencari.

Sementara itu, sebagai langkah antisipasi agar website Anda tidak down atau tambah lemot akibat lonjakan pengunjung dari mesin pencari.

Anda bisa migrasi menggunakan paket hosting terbaik untuk WordPress dari Qwords.com yang memiliki kuota bandwidth besar serta sistem penyimpanan file berbasis SSD.

Semoga ulasan diatas bermanfaat untuk Anda.

Mitos Pengaruh Font Terhadap Performa SEO…

Dalam optimasi SEO, setiap aspek halaman website menjadi penting untuk mencapai peringkat yang baik dan meningkatkan visibilitas di hasil pencarian.  Salah satu elemen yang...
Eril Obeit Choiri
3 min read

Apa Itu Content Velocity dan Pentingnya…

Persaingan yang semakin ketat antar website di SERP untuk mendapatkan trafik kunjungan semakin berat. Content Velocity menjadi salah satu kunci penting bagi para pemilik...
Eril Obeit Choiri
2 min read

Promo Domain .NET Rp49.900: Harga Murah,…

Sebagai salah satu ekstensi populer di internet, domain .net menjadi pilihan banyak orang ketika ingin menciptakan kehadiran online melalui website. Ekstensi yang satu ini...
Jordy Prayoga
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *