6 Keuntungan Mengggunakan Layanan Dedicated Server

2 min read

6 Keuntungan Mengggunakan Layanan Dedicated Server

Bagi para blogger maupun web master pemula, menggunakan layanan Shared hosting mungkin sudah dianggap lebih dari cukup untuk menunjang performa. Namun, tahukah Anda jika dengan menyewa layanan Dedicated Server bisa memberikan beberapa keuntungan untuk bisnis Anda?

Baca juga: Perbedaan VPS dan Dedicated Server, Bagus Mana?

Berikut merupakan pembahasan selengkapnya terkait pengertian dedicated server dan alasan kenapa harus menggunakan dedicated server.

 

Apa Itu Dedicated Server?

6 Keuntungan Mengggunakan Layanan Dedicated Server
6 Keuntungan Mengggunakan Layanan Dedicated Server

Seperti namanya, dedicated server merupakan layanan web hosting dengan sumber daya mandiri yang dikelola dan digunakan sepenuhnya untuk keperluan pribadi. Layanan web hosting ini memungkinkan klien untuk dapat menyewa seluruh server yang terletak di data center tanpa adanya gangguan dari siapapun.

Dedicated server ibarat sebuah rumah yang dibangun sendiri pada sebidang tanah. Berbeda dari kos-kosan, rumah tersebut tidak dibagi lagi dengan penghuni lain. Jadi, Anda bisa bebas mengatur konfigurasi serta memfilter distribusi konten yang bisa dikonsumsi oleh para pengguna.

Dari segi penggunaan, seluruh komponen dedicated server biasanya sudah disediakan oleh penyedia layanan sehingga klien hanya tinggal menggunakan tanpa perlu melakukan maintenace atau perbaikan hardware.

 

Kapan Harus menggunakan Layanan Dedicated Server?

 

Layanan dedicated server sangat recommended untuk digunakan ketika Anda ingin mendapatkan fasilitas web hosting dengan alamat IP khusus. Berdasarkan pengalaman kami, hosting dedicated server juga menjadi pilihan bagus untuk memperoleh kinerja website optimal dengan uptime server yang tentu saja lebih baik dibandingkan Shared Hosting.

 

1. Bisa Mengontrol Data

Salah satu manfaat utama dari penggunaan dedicated server adalah keleluasaan dalam mengelola data. Pasalnya, jika beralih menggunakan dedicated maupun colocation server maka secara otomatis Anda akan mendapatkan akses penuh untuk mengelola dan mengatur input database.

Penyewa pun bisa memanfaatkan fitur remote akses, jadi tidak perlu melakukan pengawasan pada rak server fisik secara langsung.

 

2. Memiliki Reliabilitas Tinggi

Di atas kertas, shared hosting memang bisa diandalkan untuk menunjang kebutuhan website bisnis perusahaan. Akan tetapi, jika Anda menggunakan layanan ini maka siap-siap saja untuk menerima berbagai resiko dan kemungkinan akibat tindakan dari pengguna lain.

Ya, sistem shared hosting yang mengharuskan penyewa untuk berbagi space membuat layanan ini jauh lebih riskan terkena suspend ataupun gangguan.

Sementara jika menggunakan dedicated server Anda bisa lebih tenang karena satu server hanya digunakan oleh satu orang.

 

3. Diberikan Akses Administrasi

Akses administrasi
Akses administrasi

Keuntungan berikutnya jika Anda memutuskan untuk berinvestasi dengan dedicated server adalah adanya akses root administrator yang diberikan. Dengan demikian, Anda bisa memanfaatkan akses ini untuk menginstal berbagai program aplikasi server sekaligus melakukan konfigurasi custom seperti pengaturan yang Anda inginkan.

 

4. Dukungan Technical Support Memadai

Technical support
Technical support

Baik ketika menyewa layanan shared hosting maupun dedicated server sejatinya Anda akan mendapatkan prioritas technical support yang sama. Namun, ketika Anda memutuskan untuk beralih ke paket dedicated server dari Qwords.com Anda akan diberikan dukungan teknisi yang lebih berpengalaman untuk memberikan saran serta menginformasikan hal-hal yang Anda butuhkan.

Baca juga: Penjelasan Lengkap DHCP Server, Fungsi dan Cara Kerjanya

Anda masih awam soal server? Tak masalah, cukup menambahkan biaya ekstra bebeapa rupiah, maka tim teknis Qwords.com akan siap membantu lewat layanan Manage The Box yang dirancang untuk mengakomodir segala kebutuhan perusahaan Anda.

 

5. Lebih Efektif dan Lebih Aman

lebih aman
lebih aman

Sebagaimana kita ketahui, faktor keamanan dan efisiensi merupakan concern utama yang harus dipertimbangkan ketika menyewa hosting. Nah, layanan dedicated server sendiri untungnya relatif lebih aman dan enaknya Anda tidak harus bertanggung jawab jika komponen server sewaktu-waktu mengalami kerusakan.

 

6. Minim Gangguan dari Aktivitas Lain

Sering resah akibat kehabisan resource? Atau website tiba-tiba down karena kelebihan beban traffic kunjungan? Hal-hal seperti ini tidak akan terjadi ketika Anda menggunakan layanan dedicated server. Anda pun tidak perlu khawatir adanya gangguan dari user nakal yang sengaja memanfaatkan shared hosting untuk menyimpan file-file berbaya (malware).

 

Penutup

 

Mengambil keputusan untuk beralih dari shared hosting ke dedicated server memang tidak mudah. Selain melibatkan peningkatan modal yang lumayan besar, layanan dedicated server juga memerlukan keahlian yang cukup advance untuk melakukan kontrol server.

Meski begitu, layanan dedicated server sendiri sangat direkomendasikan bagi para pemilik website toko online serta website perusahaan yang aktivitas utamanya bergantung pada ranah digital. Selain untuk meminimalisir resiko keamanan, dengan berinvestasi ke layanan server mandiri maka data-data rahasia perusahaan Anda relatif lebih aman dari potensi kerusakan.

Jadi, bagaimana menurut Anda? Apakah sudah siap untuk beralih menggunakan dedicated server? Jika Anda tertarik, salah satu rekomendasi yang bisa Anda coba adalah paket Dedicated server bare metal dari Qwords.com yang berlokasi di Cyber Building 1, 3rd Floor, Jakarta.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *