Apa Itu KVM? Ini Pengertian dan Keunggulannya

3 min read

Apa Itu KVM Ini Pengertian dan Keunggulannya

Virtualisasi server adalah salah satu konsep yang wajib diketahui, terutama bagi Anda yang berniat menggunakan layanan Cloud VPS KVM dari Qwords.com.

Istilah virtualisasi sendiri merupakan sebuah tindakan untuk menciptakan versi digital dari sebuah platform hardware komputer serta sumber daya jaringan.

Nah, teknologi virtualisasi server yang saat ini paling banyak digunakan adalah KVM atau Kernel-Based Virtual Machine.

Lantas, Apa itu KVM? Pada artikel ini secara khusus kami akan membahas pengertian KVM (Kernel-Based Virtual Machine).

Selain itu, akan ada juga penjelasan lebih lanjut terkait kelebihan dan kekurangan KVM ketika digunakan untuk membagi sumber daya komputer server. 

Simak penjelasannya sampai akhir ya!

Apa Itu KVM? (Kernel-Based Virtual Machine)

apa itu KVM? KVM adalah
apa itu KVM? KVM adalah

Apa itu KVM? KVM adalah kepanjangan dari Kernel-Based Virtual Machine, sebuah teknologi virtualisasi yang dikembangkan oleh Linux untuk membagi server fisik menjadi beberapa resource dedicated.

Secara umum, KVM adalah sebuah mesin virtual yang berjalan di kernel sistem operasi Linux. Adapun produk yang dihasilkan dari penggunaan KVM sendiri adalah paket VPS (Virtual Private Server).

Kernel-Based Virtual Machine merupakan solusi dalam melakukan virtualisasi pada komputer Linux dengan perangkat tipe X86 (x86).

Dengan berbekal teknologi kernel server linux, Alhasil KVM sendiri memiliki keunggulan dalam hal performa serta kemampuan skalabilitas lebih baik ketika kita butuh resource besar.

Jika dibandingkan dengan virtualisasi lain seperti OpenVZ yang menggunakan shared kernel, KVM menggunakan kernel independen sehingga Anda bisa leluasa dalam melakukan pengaturan.

Keunggulan KVM VPS

Keunggulan KVM
Keunggulan KVM

Ada banyak keunggulan KVM ketika digunakan untuk membagi resource server. Yuk, simak penjelasan selengkapnya.

1.Performa Lebih Efisien

VPS KVM (Kernel-Based Virtual Machine) lebih disukai oleh teknisi maupun web developer karena dianggap lebih efisien.

Performa server dengan dukungan teknologi KVM bisa lebih efisien salah satunya karena berjalan di atas kernel Linux.

2.Tersedia di Berbagai Sistem Operasi

Keunggulan berikutnya dari VPS KVM (Kernel-Based Virtual Machine) adalah bisa dijalankan di berbagai jenis sistem operasi (OS).

Jadi, Anda bisa menggunakan Ubuntu, Debian, Centos atau OS lainnya yang dirasa sesuai dengan kebutuhan Anda.

3.Dapat Diandalkan Untuk Traffic Tinggi

Jika Anda membutuhkan server hosting untuk mengakomodir kebutuhan website dengan traffic tinggi, maka VPS KVM dari Qwords.com layak dijadikan sebagai pilihan.

Didukung dengan berbagai fitur Easy Instal Control Panel dan Enterprise Grade SSD Storage otomatis akan membuat performa website Anda lebih reliable meski dikunjungi oleh belasan ribu visitor.

4.CPU dan RAM Tersendiri

Teknologi KVM membuat Anda lebih leluasa karena konfigurasi CPU dan RAM nya menggunakan arsitektur tersendiri.

Jadi, ketika Anda menyewa sebuah server berteknologi KVM Anda akan mendapatkan RAM dan CPU sendiri tanpa tercampur dengan layanan orang lain.

5.Data Center di Indonesia

Seperti yang sudah disampaikan dalam artikel tips cara memilih hosting, salah satu pertimbangan penting adalah lokasi data center.

Data center VPS KVM sendiri saat ini sudah ada di Indonesia, itu artinya jika Anda membidik pengunjung lokal akan sangat cocok untuk mendukung kebutuhan Anda.

6.Cocok Untuk Website dengan Resource Tinggi

VPS dengan teknologi KVM bisa menjadi solusi menenangkan ketika sahabat Qwords mengelola website dengan kebutuhan resource besar.

Contohnya seperti website toko online dan marketplace yang perlu mengupload banyak gambar, data pelanggan, transaksi, dan sebagainya.

Dengan berbagai fitur di atas, tentu dibutuhkan dukungan RAM, processor dan penyimpanan data tinggi agar performa website bisa stabil.

Jika Anda menggunakan VPS KVM maka resource yang Anda bayar tidak akan terganggu dengan layanan lain sehingga pemanfaatan server bisa semakin optimal.

7.Tidak Dibatasi Oleh Node

Keunggulan berikutnya dari VPS yang sudah menggunakan KVM (Kernel-Based Virtual Machine) yakni tidak dibatasi oleh node.

Batasan node ini biasanya akan sangat mengganggu ketika Anda melakukan setup server karena bisa menyebabkan kegagalan proses kustomisasi.

Nah, dengan teknologi Kernel-Based Virtual Machine (KVM) sahabat Qwords bisa bebas melakukan segala pengaturan tanpa perlu khawatir gagal.

8.Sudah Menggunakan Remote VNC

Untuk server yang sudah menggunakan KVM biasanya sudah memiliki fitur Remote VNC. 

Fungsi utama dari teknologi ini adalah untuk melakukan kontrol jarak jauh selama perangkat terhubung dengan jaringan LAN (Local Area Network).

Keunggulan ini bisa sangat membantu pengguna yang mempunyai kesibukan tinggi karena server bisa dikontrol dari mana saja dan kapan saja. Sangat menarik, bukan?

Kekurangan KVM

Kekurangan KVM
Kekurangan KVM

Berikut ini merupakan beberapa kekurangan VPS KVM (Kernel-Based Virtual Machine) yang bisa sahabat Qwords jadikan sebagai pertimbangan.

1.Sulit Melakukan Pengaturan

Kekurangan pertama yang perlu diperhatikan ketika Anda menggunakan VPS KVM adalah kesulitan dalam melakukan setup.

Teknologi KVM (Kernel-Based Virtual Machine) yang masih belum terlalu populer otomatis membutuhkan skill ekstra jika ingin melakukan pengaturan.

2.Tidak Bisa Overselling

Overselling menjadi tantangan berikutnya yang harus sahabat Qwords pertimbangkan ketika menggunakan teknologi KVM (Kernel-Based Virtual Machine).

Tantangan ini disebabkan oleh mahalnya biaya KVM yang harus dibayarkan sehingga cukup sulit untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

3.Tidak Support On Demand

Salah satu kekurangan VPS KVM (Kernel-Based Virtual Machine) yang perlu sahabat Qwords pertimbangkan adalah adanya potensi masalah ketika ingin melakukan kustomisasi RAM dan CPU.

Jika ingin mengganti komponen seperti CPU dan RAM maka mau tidak mau server harus offline selama masa penggantian.

Fitur ini sangat disayangkan karena di era digital seperti sekarang sudah banyak teknologi yang mendukung “On Demand” sehingga user bisa melakukan upgrade sesuai kebutuhan.

Kesimpulan

Itulah penjelasan terkait apa itu KVM (Kernel-Based Virtual Machine)

Bagi sahabat Qwords yang membutuhkan server dengan performa tinggi serta fleksibilitas agar bisa berjalan lintas OS, VPS KVM adalah salah satu pilihan tepat.

Ada banyak keunggulan KVM (Kernel-Based Virtual Machine) yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung performa website agar semakin optimal.

Gunakan Cloud VPS KVM Indonesia yang didukung teknologi Kernel-Based Virtual Machine dari Qwords.com untuk mendapatkan fitur Easy Managed 24 jam selama 7 hari, Raid 10 SSD dengan performa 4 kali lebih cepat, serta sudah mendukung Private Network & IPV6.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencoba menggunakan Cloud VPS KVM untuk mendukung performa website dan aplikasi?

Semoga bermanfaat.

2 Replies to “Apa Itu KVM? Ini Pengertian dan…”

    1. Sama-sama kak
      Jangan lupa kalau butuh domain hosting bisa pesan di Qwords aja ya
      Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *