Tidak seperti video YouTube yang bisa Anda unduh hanya dengan sekali klik lewat aplikasi bawaan, opsi konversi YouTube ke Mp3 saat ini belum tersedia secara resmi. Bahkan mungkin saja tidak akan diluncurkan oleh pihak YouTube. Lantas bagaimana caranya agar kita bisa mengubah video YouTube ke Mp3?

Dulu, sebelum adanya fitur unduh video di aplikasi YouTube, mengunduh video dari platform tersebut sangatlah susah. Orang-orang cenderung menggunakan aplikasi dan juga website pihak ketiga untuk dapat mengunduhnya.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari tips cara konversi video YouTube ke Mp3, berikut ini tipsnya!

Cara konversi YouTube ke mp3

Cara Konversi YouTube ke MP3
Cara Konversi YouTube ke MP3

YouTube memang selama ini belum menyediakan fitur ubah format video ke dalam bentuk Mp3. Jadi, satu-satunya cara untuk saat ini yang bisa dilakukan adalah dengan mengunduh aplikasi tambahan atau dengan menggunakan situs yang menyediakan fitur tersebut.

Cara mengubah video YouTube ke Mp3 tanpa aplikasi adalah dengan menggunakan situs gratis seperti y2mate dan kawan-kawannya. Sementara itu untuk aplikasi berbasis android seperti ada Inshot, accountlab dan Springwalk dan lain sebagainya.

Untuk semakin memudahkan Anda, pada artikel kali ini Qwords.com akan membahas bagaimana caranya memakai aplikasi-aplikasi dan situs tersebut.

 

Situs konversi video YouTube ke mp3

 

Cara mengubah video ke mp3 tanpa aplikasi dapat sahabat Qwords lakukan dengan mengunjungi beberapa situs seperti misalnya, savefrom.net, y2mate, clipconverter, keepvis dan ytmp3, dan lain sebagainya. Keempat situs tersebut sudah banyak digunakan oleh banyak orang dan terbukti berhasil.

Fungsi lainnya dari beberapa situs tadi juga bisa digunakan untuk keperluan unduh video YouTube dengan kualitas terbaik. Untuk tutorial cara pemakaiannya, kalian bisa mengikuti langkah-langkah konversi YouTube ke mp3 online  berikut ini dengan seksama, oke!

  1. Kunjungi halaman YouTube
  2. Cari video yang hendak diunduh, setelah itu copy link-nya
  3. Buka salah satu situs konversi video di atas, y2mate misalnya
  4. Kemudian, paste link pada kolom yang tersedia dan pilih Start
  5. Tunggu beberapa saat sampai muncul beberapa opsi format
  6. Terakhir, pilih opsi Mp3 dan klik download. Anda juga dapat menentukan kualitas suaranya.

Kalau ingin menggunakan situs lain sebenarnya sama saja caranya, hanya perlu copy-paste link video yang Anda ingin download. Kemudian, cari opsi Mp3 dan lakukan pengunduhan. Mudah kan?

 

Aplikasi konversi YouTube ke mp3

konversi youtube ke mp3 online
konversi youtube ke mp3 online

Selain menggunakan situs lain, cara konversi YouTube menjadi Mp3 lainnya bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi pada smartphone Anda.

Tips ini tergolong mudah, tapi sayangnya Anda harus mengunduh terlebih dahulu videonya baru bisa mengubah formatnya.

Beberapa aplikasi seperti Inshot, accountlab dan Springwalk bisa Anda temukan di Play Store dan ini semua gratis. Berikut adalah 3 aplikasi pengubah video menjadi audio di Play Store.

 

1.Inshot: Video to MP3 Converter

Inshot Video to MP3 Converter
Inshot Video to MP3 Converter

Cara mengubah video menjadi mp3 di android pertama dapat memakai aplikasi buatan Inshot ini. Sebuah aplikasi yang pantas diunduh oleh Anda karena memiliki fitur-fitur menarik di dalamnya.

Aplikasi Inshot dapat Anda pakai untuk menggabungkan beberapa video untuk dijadikan satu file audio, serta mendukung banyak format video dan audio.

Seperti pada namanya, aplikasi buatan Inshot ini bisa digunakan untuk mengubah format video ke audio. Tampilan aplikasinya begitu sederhana, sehingga Anda pasti mudah menggunakannya.

Selain dapat mengubah video ke audio, aplikasi ini juga memiliki layanan audio booster untuk meningkatkan kualitas audio musik Anda.

 

2.Accountlab : Video to MP3 Converter

Accountlab Video to MP3 Converter
Accountlab Video to MP3 Converter

Kalau yang sebelumnya dilengkapi berbagai fitur keren dan menarik, aplikasi satu ini memiliki fungsi yang sama tetapi dengan fitur yang sedikit.

Eits, walaupun memiliki fitur yang sedikit aplikasi ini bisa menghasilkan kualitas akhir audio yang lumayan bagus.

Memiliki user interface sederhana dan mendukung banyak format video (wmv , MP4 , 3gp , flv , avi), aplikasi ini patut Anda coba.

Melakukan pengubahan video ke audio menjadi sangat cepat karena accountlab diklaim dapat melakukan konversi video dalam waktu yang singkat.

 

3.SpringWalk: MP3 Video Converter

SpringWalk MP3 Video Converter
SpringWalk MP3 Video Converter

Sama seperti aplikasi poin kedua, Springwalk juga tidak mempunyai fitur yang banyak tetapi masih bisa Anda pakai untuk kebutuhan konversi. Kelebihan dari aplikasi buatan Springwalk ini adalah dapat mengubah informasi meta data.

Sehingga, Anda dapat memasukan judul, album nama penyanyinya dan sebagainya ke dalam file audio Anda. Aplikasi konversi video ke audio ini hanya support perangkat dengan prosesor ARMv7 dan lebih tinggi.

 

Penutup

 

Itulah daftar aplikasi konversi video YouTube ke Mp3 yang dapat Anda pakai di android, meskipun sedikit ribet karena harus mendownload terlebih dahulu videonya, baru bisa mengubahnya ke dalam bentuk audio.

Ada beberapa software rekomendasi yang wajib Anda download. Di antaranya terdapat Any Video Converter, 4K YouTube to Mp3 dan Free YouTube to Mp3 Converter. Selain melakukan konversi YouTube ke Mp3, software-software tersebut juga memiliki fitur keren lainnya untuk penyuntingan video-audio.

Satu hal yang perlu divermati dalam melakukan konversi YouTube ke MP3. Mengingat aktivitas ini memerlukan koneksi internet, maka sangat direkomendasikan untuk menggunakan layanan Virtual Private Network (VPN) agar jaringan semakin stabil, cepat, dan terhindar dari pencurian data pribadi.

Anda tentu tidak ingin laptop atau smartphone terkena malware bukan? Nah, VPN Murah dari DiegoVPN bisa menjadi salah satu solusi.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *