Kondisi pemasaran senantiasa mengalami perubahan. Hal ini membuat para marketing mau tidak mau mesti pandai-pandai menyesuaikan diri. Mereka harus senantiasa mampu mengembangkan konsep pemasaran agar dapat diterima oleh target market dengan baik. Ini penting mengingat bahwa pemasaran adalah hal krusial yang menjadi ujung tombak pengembangan bisnis.

Pengertian Konsep Pemasaran

Konsep Pemasaran
Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran dapat didefinisikan sebagai suatu bentuk kegiatan yang diarahkan guna memuaskan kebutuhan serta keinginan melalui proses pertukaran. Secara umum konsep marketing ini mencakup sejumlah hal di antaranya kebutuhan, keinginan, produk, jasa, permintaan, nilai budaya, kepuasan, pertukaran, transaksi hingga hubungan.

Para ahli ekonomi juga ikut serta dalam memberikan opini tentang pengertian konsep marketing ini. Pengertian konsep pemasaran menurut para ahli yang pertama ialah Basu Swastha dengan Hani Handoko. Menurut mereka konsep marketing merupakan semacam filosofi bisnis yang ingin memuaskan segala kebutuhan konsumen sebagai bagian dari persyaratan ekonomi demi kelangsungan hidup bisnis.

Kotler dan Armstrong beropini bahwa konsep marketing merupakan suatu konsep yang berfokus pada keinginan serta kebutuhan konsumen. Konsep ini lebih condong kepada perasaan serta tanggapan apa yang diperlukan konsumen. Sementara itu, menurut Kotler dan Ketler konsep ini cenderung berfokus pada outside-in perspektif yakni pemahaman kebutuhan konsumen paling tepat.

Swasta menanggapi bahwa konsep marketing terbagi menjadi 4 bagian yakni orientasi konsumen, kooridnasi serta integrasi di dalam perusahaan , perolehan laba dengan kepuasan konsumen serta strategi pemasaran itu sendiri. Orientasi konsumen berarti mampu menentukan kebutuhan dasar yang ingin dipenuhi, menentukan pemasaran produk hingga menerapkan strategi distribusi yang baik.

Guna memberikan kepuasan maksimal bagi konsumen, keseluruhan elemen pemasaran perlu senantiasa diintegrasikan. Di samping itu, konsep marketing juga bertujuan untuk mendapatkan laba dengan cara memberikan kepuasan kepada konsumen. Laba tersebut harus senantiasa tumbuh dan berkembang. Adapun strategi pemasaran mencakup desain besar guna pencapaian tujuan bisnis tertentu.

Di samping pengertian menurut para ahli ekonom tersebut, sejatinya konsep marketing mencakup beberapa implementasi yakni terkait produksi, produk, penjualan, pemasaran, pemasaran sosial serta pemasaran global. Konsep produksi berarti konsumen menggemari produk yang telah disediakan. Konsumen dapat menemukan produk tersebut dimana saja dengan harga terjangkau.

Konsep produk bermakna konsumen akan menyukai produk karena memiliki kualitas, karakteristik serta kinerja terbaik. Sementara itu, konsep penjualan bermakna adanya promosi yang lebih agresif. Lain halnya dengan konsep pemasaran. Konsep ini senantiasa bertujuan untuk memuaskan konsumen serta tetap menjunjung tinggi efisiensi produk dibandingkan dengan pesaing.

Konsep marketing sosial lebih mengacu pada penentuan kebutuhan serta kepentingan target dan pemberi kepuasan bagi konsumen. Adapun konsep marketing global mempertimbangkan keseluruhan faktor lingkungan yang memberikan pengaruh pemasaran melalui adanya manajemen strategis sehingga tujuan bisnis dapat tercapai secara optimal.

Baca juga : Konsep Pemasaran 4P Dalam Binsis

Tujuan Konsep Pemasaran

metode inbound marketing
metode inbound marketing

Konsep marketing bertujuan untuk membantu perusahaan dalam mencapai tujuan. Misalnya, bagi perusahaan swasta konsep semacam ini bertujuan untuk mencari laba sebanyak-banyaknya. Sementara itu, bagi suatu organisasi waralaba konsep ini bertujuan guna mengumpulkan cukup dana demi melaksanakan kegiatan mereka.

Namun secara umum tujuan dari konsep marketing dapat dikategorikan ke dalam tujuh jenis. Ketujuh tujuan tersebut diantaranya ialah untuk melakukan analisis konsumen, peningkatan penjualan, perencanaan penjualan, penetapan harga produk barang atau jasa, pendistribusian, riset pemasaran serta untuk menganalisis peluang.

1. Analisis konsumen

Tujuan analisis konsumen tidak lain adalah sebagai bentuk pengamatan terhadap segala keinginan maupun kebutuhan konsumen. Analisis ini juga berhubungan dengan pengadaan peninjauan konsumen, evaluasi lokasi, analisis informasi terhadap konsumen, pengembangan strategi maupun segmentasi pasar.

2. Peningkatan penjualan

Konsep marketing bertujuan demi meningkatkan penjualan produk barang maupun jasa dari suatu perusahaan. Peningkatan penjualan disini termasuk aktivitas pemasaran, promosi, hubungan antar perusahaan, publisitas hingga hubungan konsumen.

3. Perencanaan penjualan

Perencanaan penjualan mencakup berbagai kegiatan pengemasan produk barang, melakukan uji pemasaran produk, gaya produk, pemanfaatan sejumlah garansi hingga penyediaan layanan terhadap konsumen. Adapun teknik penjualan yang paling ampuh ialah uji pemasaran produk.

4. Penetapan harga produk barang atau jasa

Dalam penetapan harga produk, terdapat lima komponen yang sangat berpengaruh. Komponen-komponen tersebut di antaranya yaitu pemerintah, pesaing, distributor, pemasok dan konsumen. Kelima komponen ini senantiasa berkesinambungan dalam ruang lingkup pemasaran.

5. Pendistribusian

Pendistribusian dalam konsep marketing mencakup sejumlah komponen layaknya dalam penetapan harga produk. Cakupan komponen dalam pendistribusian di antaranya wilayah penjualan, kurir transportasi, tingkatan dan lokasi persediaan, grosiran serta ritel.

6. Riset pemasaran

Riset pemasaran adalah pengelompokkan serta penganalisisan informasi informasi yang kerkenaan dengan pemasaran. Kegiatan semacam ini sangat mendukung keseluruhan fungsi bisnis inti perusahaan.

Baca juga : Cara Meningkatkan Omzet Penjualan Bisnis

7. Analisis peluang

Analisis ini senantiasa melibatkan sejumlah penilaian terhadap risiko, biaya serta faedahnya yang berkaitan dengan suatu pemasaran. Dalam melakukan analisis peluang, Anda perlu melakukan tiga langkah berikut yakni penghitungan biaya total, taksiran manfaat total dari keputusan yang telah dibuat serta perbandingan total biaya dengan manfaatnya.

Sejatinya konsep pemasaran sangat dibutuhkan demi meningkatkan produk perusahaan. Dengan adanya konsep semacam ini, maka Anda bisa dengan mudah melakukan analisis peluang, pemasaran produk serta melakukan pendistribusian secara optimal.

Saat ini pemasaran online sedang marak sekali, banyak website-website yang langsung menjual produk langsung kepada konsumen tanpa melalui perantara. Untuk saat ini bagi Anda yang belum memiliki website untuk pemasaran produk, Kami memiliki rekomendasi hosting bisnis dari Qwords untuk keperluan website bisnis Anda. Onlinekan bisnis Anda agar produk semakin mudah ditemukan oleh konsumen.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *