Wabah corona atau Covid-19 belakangan semakin merebak di berbagai negara. Para pekerja di sektor jasa dan manufaktur pun sampai dibuat kelimpungan karena pemerintah mewajibkan karyawan untuk work from home atau bekerja dari rumah.

Bagi sebagian orang, remote working atau bekerja dari rumah sebenarnya sudah menjadi hal wajar. Cukup online di rumah, bisa tidur sampai siang, dan tidak perlu bermacet-macet ria di jalan, dianggap sebagai privilege (keuntungan) yang membedakan antara remote working dengan sistem kerja kantoran. Apalagi jika gajinya dalam bentuk US Dollar.

Baca juga: Apa itu Work From Home?

Di sisi lain, fenomena remote working yang terjadi belakangan ini mampu membuktikan bahwa sebenarnya beberapa jenis pekerjaan yang mewajibkan kita untuk stay di kantor sejatinya bisa dibawa pulang dan dikerjakan secara remote dari mana saja.

Alhasil, hal tersebut memunculkan semangat baru bahwa ada secercah harapan di masa depan untuk meniti karir sebagai pegawai remote dengan job desk atau tugas yang sama persis seperti halnya para pekerja kantoran.

Nah, bagi Anda yang kebetulan tertarik untuk mulai bekerja secara remote / work from home pada artikel kali ini sudah kami rangkum lima hal yang perlu dipersiapkan jika Anda ingin bekerja secara remote. Penasaran seperi apa ulasannya? Berikut informasi selangkapnya.

 

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Jika Ingin Kerja Remote

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Jika Ingin Kerja Remote
5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Jika Ingin Kerja Remote

Kerja remote adalah istilah yang digunakan untuk menyebut sistem kerja yang dilakukan jarak jauh. Para pekerja umumnya tidak diwajibkan untuk hadir di kantor karena perkerjaan bisa dilakukan dari rumah, café atau tempat lain yang dirasa mampu mendukung produktifitas pekerjaan. Kendati demikian, tidak semua orang bisa bekerja secara remote / work from home, selain harus memiliki skill sesuai job desk yang dibutuhkan setidaknya Anda juga wajib menguasai lima kemampuan berikut ini.

 

1. Disilin dan Kemampuan Manajemen Diri

disiplin dan manajemen diri
disiplin dan manajemen diri

Sifat manusia yang sering menggampangkan kadang justru menjadi bomerang jika sudah masuk dalam ranah pekerjaan. Dengan kondisi tempat kerja di rumah, café, atau tempat-tempat hiburan para pekerja remote bisa jadi malah terlalu nyaman dan keenakan, sehingga lupa akan tugas dan KEWAJIBAN.

Hal ini tentu menjadi tantangan yang harus Anda selesaikan jika ingin bekerja secara remote, karena tidak akan ada lagi bos atau atasan yang mengawasi kinerja kita selama seharian. Terlepas dari itu, sistem kerja remote juga memungkinkan bagi pekerja yang terjangkit virus “Workaholic” untuk bekerja secara terus-terusan.

Jadi, Anda harus benar-benar menguasai kemampuan manajemen diri dan disiplin yang baik agar bisa mengelola waktu kapan harus bekerja dan kapan harus jalan-jalan untuk merefresh pikiran.

 

2. Semangat Belajar Tinggi

semangat belajar
semangat belajar

Dalam bidang apapun, seorang karyawan pasti dituntut untuk memiliki semangat belajar tinggi oleh perusahaan. Maka dari itu, tidak jarang kita mendapat job desk yang berbeda dari kesepakatan awal untuk menilai seberapa besar usaha dan kemampuan dalam menyesuaikan diri terhadap perubahan.

Ketika menjalani aktivitas sebagai remote worker, intensitas belajar Anda otomatis bakal jauh lebih tinggi dibandingkan dengan para pekerja konvensional. Pasalnya, Anda bakal lebih jarang berinteraksi dengan sesama rekan kerja maupun atasan. Sehingga mau tidak mau Anda harus membiasakan untuk  belajar otodidak, coba-coba sendiri, dan trial error. Nah, kalau Anda tidak punya bekal semangat belajar yang tinggi bisa-bisa Anda malah stress sendiri.

Baca juga: 5 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan Tanpa Keluar Rumah

3. Kemampuan Komunikasi

komunikasi
komunikasi

Seperti yang sudah kami sampaikan dalam artikel sebelumnya, kemampuan komunikasi menjadi faktor penting dalam menjalankan remote working atau aktivitas wrk from home. Karena bagaimanapun juga cara berkomunikasi melalui gadget akan jauh berbeda dibandingkan ketika kita bertemu secara langsung melalui tatap muka. Belum lagi jika Anda memutuskan untuk mengambil pekerjaan remote dari klien luar negeri Kemampuan komunikasi dalam bahasa asing pastinya akan sangat dibutuhkan dalam menunjang kelancaran pekerjaan.

Guna meminimalisir miss komunikasi, Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi untuk work from home seperti Skype, Zoom, WhatsApp, atau Google Hangout Meet yang sangat direkomendasikan untuk menunjang pekerjaan disaat kita harus stay dirumah seperti saat ini.

 

4. Mandiri

 

Kemampuan berikutnya yang perlu Anda persiapkan sebelum mulai kerja remote adalah mandiri. Skill ini sangat penting karena kalau remote working sangat berbeda dari ekosistem kerja kantoran yang bisa tik-tokan dengan rekan satu ruangan ketika sedang keteteran. Akan ada kemungkinan dimana semua tugas harus bisa kita selesaikan sendiri, meski kita bekerja di dalam sebuah tim. Sehingga sifat mandiri ini harus dimiliki oleh para pekerja remote dimanapun berada agar produktifitas tetap terjaga.

 

5. Punya Perlengkapan Kerja yang Memadai

peralatan untuk kerja remote
peralatan untuk kerja remote

Terakhir dan yang tidak kalah penting adalah memiliki perlengkapan kerja yang memadai. Jika Anda seorang desainer grafis yang sehari-hari memiliki job desk membuat logo/banner promosi, maka Anda harus memiliki komputer atau laptop dengan spesifikasi memadai.

Selain itu, minimal kita juga harus mendapat sinyal internet yang baik untuk berkomunikasi. Ada kemungkinan seorang yang bekerja sebagai remote worker juga bakal membutuhkan smartphone dan set meja kerja sendiri, sehingga semakin nyaman dalam menekuni perkerjaan sehari-hari.

 

Work From Home Semakin Aman dengan Diego VPN

 

Oh iya, salah satu aset penting yang harus dipersiapkan ketika ingin bekerja secara remote atau work from home adalah sektor keamanan jaringan, agar nantinya tidak terhambat atau terkendala akibat ulah hacker. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa memanfaatkan layanan VPN Murah dari Diego VPN yang bisa membantu meningkatkan keamanan data melalui sistem enkripsi serta membantu menghemat bandwidth dari layanan internet Anda.

Selain itu, merurut laman Wikipedia VPN (Virtual Private Server) mampu memberikan kemampuan bagi pengguna untuk mengirimkan dan menerima data sepanjang jaringan publik atau jaringan bersama seakan-akan komputer pengguna tersebut berhubungan dalam jaringan pribadi. Aplikasi yang berkomunikasi melalui “jaringan pribadi virtual” dapat memanfaatkan fungsi, keamanan, dan manajemen jaringan pribadi.

Adapun dalam bidang hiburan, VPN juga terbukti bermanfaat dalam banyak hal, salah satunya yakni membantu mengakses berbagai situs luar negeri yang diblokir oleh pemerintah Indonesia.

Jadi, bagaimana pendapat kalian? Apakah sudah siap untuk bekerja dari rumah mulai pekan depan?

Semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *