Akhir-akhir ini banyak sekali penyedia web hosting di Indonesia yang menawarkan layanan baru ‘WordPress Hosting’ yang menyasar kepada para pemilik website yang menggunakan CMS WordPress. Memang sampai saat ini pengguna CMS WordPress menduduki peringkat pertama sebagai CMS dengan jumlah pengguna terbesar di dunia.

Data statistik yang diambil dari hostingtribunal.com menyebutkan bahwa WordPress digunakan 34% website yang ada didunia saat ini dan setiap tahunnya meningkat 4%. Untuk market share CMS didunia, WordPress menguasai 60% prosentase CMS yang ada saat ini, tentunya ini jumlah yang sangat besar. Bahkan setiap harinya ada 661 website berbasis WordPress dan 281 toko online yang dibuat dengan WordPress.

Para provider hosting di Indonesia saat ini masih banyak yang menawarkan layanan shared hosting atau cloud hosting untuk keperluan semua website. Tetatpi untuk penggunaan CMS WordPress kedua layanan diatas dirasa  kurang optimal, karena tidak adanya optimasi khusus terhadap pengunaan WordPress. Solusi lainnya jika Anda membutuhkan hosting untuk keperluan website WordPress saja mending membeli layanan WordPress hosting. Bagi Anda yang belum tahu apa saja keunggulan dari CMS WordPress, silahkan buka pada pembahasan sebelumnya.  Lalu apa itu WordPress hosting dan apa saja bedanya?

WordPress Hosting

Kelebihan dan Kekurangan WordPress Hosting
Kelebihan dan Kekurangan WordPress Hosting

WordPress hosting adalah suatu layanan hosting generasi terbaru yang dibuat khusus untuk pengguna CMS WordPress, sehingga untuk para pemilik website tidak perlu ribet dalam mengurus page speed lemot, keamanan website dan resource limit yang terbatas. Pemilik website cukup fokus pada website dengan konten yang berkualitas dan urusan SEO WordPress. Singkatnya WordPress hosting ini dibuat untuk memaksimalkan CMS WordPress mulai dari server hosting hingga setting WordPress. WordPress hosting juga bisa disebut sebagai ‘Managed WordPress Hosting’.

Salah satu alasan Anda perlu menggunakan WordPress hosting adalah server sudah di-manage oleh team ahli dari provider hosting. Jadi Anda tidak perlu meragukan lagi kemampuannya, cukup fokus pada bisnis yang dijalankan saja. Sebelum Anda mencari mana Hosting WordPress Terbaik, kami memiliki rekomendasi WordPress hosting dari Qwords.com. Anda bisa mencoba WordPress hosting Qwords secara gratis 30 hari pertama untuk menemukan setting terbaik website Anda.

Baca juga : WordPress vs Blogspot, Bagus Mana?

Kelebihan WordPress Hosting

Keunggulan WordPress Hosting
Keunggulan WordPress Hosting

Sebelum Anda mencoba layanan hosting WordPress, Anda nampaknya perlu tahu dulu tentang kelebihan dari WordPress hosting, berikut pembasannya:

  • Cepat

Website dengan akses yang cepat adalah dambaan bagi setiap pemilik website. Salah satu faktor terbesar yang mempengaruhi kecepatan website adalah server yang digunakan. Dengan menggunakan WordPress hosting load website Anda akan lebih cepat jika dibandingkan dengan shared hosting atau cloud hosting standart walaupun traffic website Anda ramai.

  • Aman

Website WordPress standart sebenarnya sudah terjamin keamanannya, tetapi masih banyak para hacker yang menyerang website-website berbasis CMS WordPress karena banyaknya pengguna. Dengan menggunakan hosting WordPress, Anda akan mendapatan keamanan lebih dari tindakan cybercrime.

  • Automatic Update

Jika Anda menggunakan shared atau cloud hosting, fitur update yang ada pada WordPress dilakukan secara manual. Artinya Anda harus melakukan update  sendiri mulai dari versi WordPress, plugin serta PHP yang digunakan. Tetapi semua tersebut tidak akan berlakuk jika Anda sudah menggunakan hosting WordPress, semuanya akan diupdate secara otomatis oleh sistem.

  • Bebas Downtime

Downtime adalah salah satu masalah klasik dalam server, jika sampai terjadi downtime website akan tidak bisa diakses sehingga akan berdampak buruk pada bisnis. Nah dengan hosting WordPress, downtime bisa diatasi walaupun dengan traffic yang banyak sekalipun.

  • Backup Rutin

Untuk bisa menikmati layanan backup bisanya Anda harus menambah biaya lagi, tetapi untuk Anda yang menggunakan layanann hosting WordPress, layanan ini diberikan secara Cuma-Cuma. Ada yang melakukan backup secara harian, mingguan dan bulanan tergantung dimana Anda membeli paket hosting WordPress.

  • Dukungan Team Ahli

Ini yang menjadi keunggulan utama hosting WordPress, Anda tinggal memasukan user dan password domain bisa diinstall secara langsung. Tidak perlu Anda login ke cpanel kemudian add domain dan install WordPress melalui softaculous. Selain itu Anda juga akan dibantu dalam hal optimasi CMS WordPress yang Anda gunakan agar lebih cepat. Dengan hosting WordPress senuanya bisa dilakukan dengan mudah.

Baca juga : Alasan Menggunakan WordPress Hosting

Kekurangan WordPress Hosting

Kelebihan WordPress Hosting
Kelebihan WordPress Hosting

Semua produk dan layanan pastinya memiliki kekurangan, lalu apa saja kekurangan dari WordPress hosting? Berikut pembahasannya:

  • Sedikit Lebih Mahal

Untuk harga WordPress hosting berada sedikit diatas shared hosting dan cloud hosting. Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena harga yang Anda keluarkan akan terbalas dengan fitur dan kemampuan yang dimiliki oleh WordPress hosting. Untuk harga hosting WordPress di Qwords.com mulai dari 50.000/bulan dengan spesifikasi 5GB Disik Space, 1GB RAM, CPU Single Core, 1 Addon domain dan 2 database.

  • Terbatas Untuk CMS WordPress

Sayangnya untuk WordPress hosting ini hanya dikhususkan pada CMS WordPress saja. Untuk Anda yang berencara membuat website selain menggunakan WordPress, lebih baik memilih cloud hosting murah atau VPS Murah karena bebas tidak ada batasan dalam install platform website.

  • Kurang Kontrol Penuh

Karena hosting WordPress ini semuanya full manage dari provider, maka Anda tidak bisa memiliki kontrol penuh terhadap hosting yang dimiliki dari segala aspek teknis maupun non teknis.

Kesimpulan

Demikanlah pembahasan mengenai  kelebihan dan kekurangan hosting WordPress, jika Anda tidak ingin repot dan terima beres maka memilih hosting WordPress adalah pilihan tepat. Dengan harga yang terpaut tidak terlalu jauh dari cloud hosting, maka ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Tunggu apalagi gunakan WordPress hosting sekarang juga.

Terima kasih

4 Replies to “Kelebihan dan Kekurangan WordPress Hosting, Layakkah Dicoba?

  1. Artikel.Bagus.
    Pak Saya mau tanya, saya buat wordpress gratisan. Contoh websiteku.wordpress.com lalu saya bayar dan skrg menjadi websiteku.com bayarnya lgsg di dassbord wordpress itu.
    Apakah itu yg dimaksud worspress hosting? Saya hanya bayar sekitar 300.000 /tahun.

    1. Benar kak
      Kalau berbayar pake doamin hosting nanti nama websitenya sesuai domain.
      Contoh saja websiteku.com trus dashboardnya nanti beda jauh sama wordpress gratisan.
      Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *