Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

Kelebihan & Kekurangan WordPress Hosting, Layak Dicoba?

3 min read

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN WORDPRESS HOSTING

Bila Anda perhatikan, sekarang banyak penyedia web hosting menawarkan paket WordPress hosting dengan menargetkan pengguna yang ingin punya website secara cepat dan optimal.

Sebenarnya, semua paket shared hosting termasuk unlimited hosting juga bisa digunakan untuk membangun website berbasis WordPress, lho.

Banyak yang pula yang mengatakan kalau WordPress hosting memiliki beberapa kelebihan dibanding shared hosting pada umumnya, terlebih jika digunakan untuk membangun situs dengan WordPress.

Lantas, apa itu WordPress hosting? Apa saja kelebihan dan kekurangan WordPress hosting sehingga sangat cocok bagi pengguna yang tidak ingin ribet?

Temukan jawabannya pada artikel berikut ini, yuk.

Apa Itu WordPress Hosting?

WordPress hosting adalah sebuah layanan hosting generasi terbaru yang dibuat khusus untuk pengguna CMS WordPress.

Dengan demikian, para pemilik website tidak perlu ribet dalam mengurus beberapa persoalan seperti lambatnya page speed, keamanan website, dan resource yang terbatas.

Pemilik website pun bisa lebih fokus pada website dengan konten yang berkualitas dan beberapa aspek seperti SEO.

Singkatnya, jenis hosting ini dibuat untuk memaksimalkan CMS WordPress mulai dari server hosting hingga setting WordPress.

Berbicara soal WordPress, tak bisa dimungkiri bahwa CMS ini menduduki peringkat pertama sebagai CMS dengan jumlah pengguna terbesar di dunia saat ini.

Data dari WebTribunal menyebutkan bahwa WordPress digunakan lebih dari 39% website yang ada internet saat ini, dan setiap tahunnya meningkat 4-5%.

Untuk market share CMS di dunia, WordPress menguasai 64.1% persentase CMS yang ada, jelas terlihat bahwa CMS ini sangatlah populer.

Oh iya, WordPress hosting juga bisa disebut sebagai ‘Managed WordPress Hosting’.

Salah satu alasan mengapa Sahabat Qwords sebaiknya menggunakan WordPress hosting adalah karena server sudah dikelola oleh tim ahli/teknis dari penyedia hosting.

Jadi ketika terjadi masalah, Anda bisa mempercayakannya kepada tim teknis tersebut tanpa mengganggu fokus Anda terhadap pengelolaan konten website.

Nah, kalau Sahabat Qwords memutuskan untuk membeli paket hosting WordPresssebaiknya Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan WordPress hosting terlebih dahulu. Baca ulasannya di bawah ini.

Baca Juga : Blogspot atau WordPress, Manakah yang Terbaik?

Kelebihan WordPress Hosting

Keunggulan WordPress Hosting
Fitur WordPress Hosting

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa WordPress hosting sangat optimal bila dibandingkan shared hosting biasa ketika membangun website berbasis WordPress.

Tidak hanya itu saja, ada kelebihan lainnya yang akan Anda rasakan ketika menggunakan layanan hosting yang satu ini. Apa saja:

1. Cepat

Website dengan akses yang cepat adalah dambaan bagi setiap pemiliknya. Salah satu faktor terbesar yang mempengaruhi kecepatan website adalah server yang digunakan.

Dengan menggunakan WordPress hosting, waktu loading website Anda akan lebih cepat jika dibandingkan dengan shared hosting atau cloud hosting standar walaupun traffic website Anda ramai.

Hal ini bisa terjadi karena hosting telah doptimasi secara khusus menggunakan CloudPOP ditambah penyimpanannya yang sudah menggunakan Ultrafast SSD.

2. Aman

Website WordPress standar sebenarnya sudah memiliki keamanan yang baik, tetapi masih banyak para peretas yang menyerang website-website berbasis CMS WordPress.

Pasalnya, banyak pengguna yang belum mampu meningkatkan keamanan website mereka.

Dengan menggunakan hosting WordPress, Anda akan mendapatan keamanan lebih dari tindak kejahatan siber.

Lagi pula, keamanan yang dimiliki WordPress hosting juga sudah sangat baik dengan Total Security Protection yang melindungi dari berbagai jenis serangan siber, serta didukung oleh tim teknis yang andal.

3. Pembaruan Otomatis

Jika Anda menggunakan shared atau cloud hosting, fitur pembaruan yang ada pada WordPress harus dilakukan secara manual.

Artinya, Anda harus melakukan update  sendiri mulai dari versi WordPress, plugin, serta PHP yang digunakan.

Tetapi semua tersebut tidak akan berlaku bila Sahabat Qwords sudah menggunakan hosting WordPress. Pasalnya, semuanya akan diperbarui secara otomatis oleh sistem.

4. Bebas Downtime

Downtime adalah salah satu masalah klasik dalam server. Jika sampai terjadi downtime, website tidak akan bisa diakses sehingga akan berdampak buruk pada bisnis/traffic Anda nantinya.

Nah, dengan hosting WordPress, downtime bisa diatasi walaupun dengan traffic yang tinggi.

5. Pencadangan Rutin

Untuk bisa menikmati layanan backup/pencadangan, biasanya Anda harus mengeluarkan biaya tambahan.

Namun, bila Anda yang menggunakan hosting WordPress, layanan ini diberikan secara gratis, lho.

Ada yang melakukan backup secara harian, mingguan dan bulanan, tergantung di mana Anda membeli paket hosting WordPress.

6. Dukungan Tim Ahli

Ini yang menjadi keunggulan utama hosting WordPress, Anda tinggal memasukan user dan password domain, kemudian WordPress bisa dipasang secara langsung.

Anda tidak lagi harus login ke cPanel kemudian menambahkan domain baru kemudian melakukan proses pemasangan WordPress melalui Softaculous.

Selain itu, Anda juga akan dibantu dalam hal optimasi CMS WordPress yang Anda gunakan agar lebih cepat.

Intinya, dengan hosting WordPress, semuanya bisa dilakukan dengan mudah. No Ribet!

Baca Juga : 7 Cara Mudah Agar Blog WordPress Bisa Menghasilkan Uang!

Coba WordPress Hosting 30 Hari GRATIS!!

Kekurangan WordPress Hosting

Kelebihan WordPress Hosting
Kelebihan WordPress Hosting

Semua produk dan layanan pastinya memiliki kekurangan, termasuk WordPress hosting. Lalu, apa saja kekurangan dari WordPress hosting? Berikut pembahasannya:

1. Sedikit Lebih Mahal

Untuk harga, WordPress hosting berada sedikit di atas shared hosting dan cloud hosting. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena harga yang Anda keluarkan akan sebanding dengan fitur dan kemampuan yang dimiliki oleh WordPress hosting.

Di Qwords.com, Anda bisa membeli layanan WordPress hosting mulai dari Rp75.000 per bulannya. dengan spesifikasi 7 GB Disik Space, 1.5 GB RAM, CPU 1.5 Core, serta dua Addon domain dan empat database.

2. Terbatas Hanya untuk CMS WordPress

Sayangnya, WordPress hosting ini hanya dikhususkan pada CMS WordPress saja.

Untuk Anda yang berencara membuat website selain menggunakan WordPress.

Misalnya begini, Anda ingin membuat website yang menggunakan CMS Joomla, tentu hal tersebut tidak akan bisa dilakukan bila Anda memilih WordPress hosting.

Bila ingin membuat website di luar CMS WordPress, Lebih baik Anda memilih cloud hosting murah atau VPS Murah karena bebas tidak ada batasan dalam instalasi platform website apapun.

3. Kurang Kontrol Penuh

Karena hosting WordPress ini semuanya full manage dari penyedia, maka Anda tidak bisa memiliki kontrol penuh terhadap hosting yang dimiliki dari segala aspek teknis maupun nonteknis.

Berbeda dengan hosting pada umumnya, di mana Anda bisa dengan bebas untuk menambahkan domain, subdomain, memasang CMS lain, dan sebagainya.

Namun, tetap saja kembali ke pembahasan awal kalau WordPress hosting ini sejatinya ditujukan bagi pengguna yang tidak ingin ribet mengurusi hal-hal teknis pada website.

Baca Juga: 6+ Jenis Situs yang Bisa Dibuat dengan WordPress, Ingin Coba?

Download Ebook WordPress

Buat Website Anda dengan WordPress Hosting!

Saya Mau Hosting WordPress Terbaik

Itulah beberapa ulasan kelebihan dan kekurangan WordPress hosting dalam memenuhi kebutuhan website Anda.

Dengan harga yang sebenarnya tidak terpaut jauh, Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan, yaitu efisiensi dalam membangun website.

Jadi, bagi Anda yang tidak mau ribet atau pemula sekalipun, WordPress hosting sangat cokcok untuk Anda coba.

Yuk, buat website Anda pakai WordPress hosting sekarang!

 
Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

Review Qwords, Provider Hosting dengan Layanan…

Provider hosting yang memiliki layanan lengkap adalah Qwords, sudah lama membangun reputasi sebagai penyedia layanan hosting dengan keunggulan layanan yang lengkap dan berkualitas. Sebagai...
Eril Obeit Choiri
5 min read

6 Tips Menjadi Wirausaha Sukses dari…

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, berbagai aktivitas bisa dilakukan dengan fleksibel dan mudah. Salah satunya adalah menjalankan bisnis dari rumah. Mundur tiga hingga empat...
Jordy Prayoga
2 min read

Review Qwords, Hosting Cloud Cepat, Aman…

Qwords, mungkin ada dari beberapa pembaca blog ini yang belum mengenal secara detail tentang Qwords.  Qwords memiliki layanan utama penjualan domain hosting dengan berbagai...
Eril Obeit Choiri
2 min read

8 Replies to “Kelebihan & Kekurangan WordPress Hosting, Layak…”

  1. Artikel.Bagus.
    Pak Saya mau tanya, saya buat wordpress gratisan. Contoh websiteku.wordpress.com lalu saya bayar dan skrg menjadi websiteku.com bayarnya lgsg di dassbord wordpress itu.
    Apakah itu yg dimaksud worspress hosting? Saya hanya bayar sekitar 300.000 /tahun.

    1. Benar kak
      Kalau berbayar pake doamin hosting nanti nama websitenya sesuai domain.
      Contoh saja websiteku.com trus dashboardnya nanti beda jauh sama wordpress gratisan.
      Thanks

  2. Teman saya menggunakan layanan wordpress hosting, lalu dia memposting artikel di halaman facebook dengan menyertakan link ke websitenya tersebut.

    Akan tetapi saat saya dan beberapa teman mengakses website tsb melalui link di Fb, hanya muncul halaman kosong. Meski di refresh beberapa kali tetap tidak muncul halaman di websitenya

    Apakah itu juga kelemahan dari WordPress hosting?

    1. Kemungkinan besar salah URL kalau tidak memang belum benar setting WordPressnya,
      WordPress dengan hosting justru lebih powerfull dibandingkan dengan website gratisan.
      Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *