Inilah 5 Kegunaan VPN yang Perlu Anda Ketahui

2 min read

5 Kegunaan VPN yang Perlu Anda Ketahui

Dalam era digital sekarang ini, internet adalah kebutuhan utama. Tapi sayang, terkadang ada beberapa hal di internet yang sekarang tidak bisa kita akses karena satu dan lain hal. Biasanya karena aturan dari pemerintah atau karena hal lain. Disitulah VPN muncul sebagai penyelamat. Kegunaan VPN selain membuka situs yang diblokir juga ada yang lain.

 

Mengenal VPN

5 Kegunaan VPN yang Perlu Anda Ketahui
5 Kegunaan VPN yang Perlu Anda Ketahui

Sebelum kita membahas apa kegunaan VPN, Anda harus mengenali terlebih dahulu apa itu VPN. VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network. VPN ini adalah jaringan yang membantu seseorang berselancar di internet dengan lebih aman dan private.

Karena koneksi bersifat pribadi dan bukan bersifat publik, jadi tidak semua orang bisa masuk ke jaringan pribadi itu kecuali memang diizinkan oleh yang punya jaringan atau memang mereka hacker dan ingin berniat buruk kepada Anda.

Baca juga: Apa Itu VPN dan Hal Penting Lain Yang Perlu Anda Tahu

VPN sekarang ini bisa Anda pakai di PC atau smartphone. Jika dulu Anda harus menggunakan ekstensi untuk memakai VPN, sekarang Anda tidak membutuhkan ekstensi. Ada beberapa browser yang sudah terinstal VPN secara otomatis seperti misalnya Opera.

Lalu di Smartphone pun, Anda bisa mendapati beberapa tipe smartphone yang sudah memiliki aplikasi VPN bawaan seperti misalnya di beberapa seri iPhone, lalu di Xiaomi, dan beberapa handphone lain.

 

Kegunaan VPN

kegunaan VPN
kegunaan VPN

Lalu, apa saja sih kegunaan VPN itu?

1. Bisa Dipakai Untuk Membuka Situs yang Diblokir

Kegunaan VPN yang pertama adalah mampu membuka situs yang diblokir oleh pemerintah. Ada banyak situs yang diblokir oleh pemerintah. Seperti misalnya Netflix dan beberapa situs tak lulus sensor lainnya. Dengan memakai perangkat ini, Anda bisa membuka situs itu.

Kok bisa? Karena alamat IP yang kita pakai bukan dari negara Indonesia. Tapi dari negara lain sehingga peraturan internet Indonesia tidak berlaku ketika kita menggunakan alamat IP dari negara lain.

 

2. Meningkatkan Keamanan Jaringan

Kalau Anda melihat dari sudut pandang VPN Private yang biasanya Anda pakai untuk membuka situs yang diblokir, maka keamanan tidak termasuk dari salah satu kegunaan VPN. Malah itu bisa jadi kekurangannya. Tapi ketika kita bicara soal koneksi internet di dalam perusahaan, maka VPN bisa jadi aman sekali.

Seperti singkatannya yang sudah menjelaskan bahwa VPN itu sifatnya Private. Jadi sifat jaringannya pribadi. Jaringan yang bersifat pribadi ini cocok untuk perusahaan besar dan perusahaan perbankan. Data yang mereka informasikan satu sama lain adalah data penting. Jadi dibutuhkan koneksi yang pribadi dan tidak bisa dimasuki oleh orang lain seperti koneksi publik.

Malah, menurut data,  sebuah perusahaan perbankan bisa mengalami kerugian sampai 100 juta USD karena uangnya dicuri secara virtual ketika mereka tidak menggunakan VPN. Itu kenapa VPN bisa jadi sangat aman jika dipakai untuk kalangan sendiri atau bersifat jaringan pribadi.

 

3. Menutup Histori Browser

Karena VPN sifat jaringannya adalah private, maka tidak akan ada orang yang bisa mengakses histori Anda. Bahkan, pada beberapa aplikasi, misalnya opera, ketika Anda menggunakan VPN, history Anda secara otomatis akan terhapus ketika Anda keluar dari aplikasi tersebut.

 

4.Meningkatkan Kecepatan Download

kecepatan download
kecepatan download

Manfaat VPN juga bisa meningkatkan kecepatan download. Kenapa hal itu bisa terjadi? Bukannya karena kita menggunakan IP Address luar jadi lebih lambat ya? Tidak. Jika kita menggunakan VPN seperti itu memang akan lebih lambat. Tapi jika kita menggunakan VPN sebagai jaringan pribadi, maka jaringan itu bebas hambatan.

Sederhananya, jalanan itu Anda gunakan sendiri. Tidak ada orang lain sehingga kecepatannya semakin bertambah. Hal itu biasanya baru Anda dapatkan di VPN berbayar atau di VPN yang tersedia di kantor-kantor perbankan yang memang sifat jaringannya pribadi.

 

5. Meminimalisir Gangguan Koneksi

Anda tentu tahu bahwa jaringan VPN itu sifatnya pribadi sehingga hanya Anda yang menggunakan jaringan tersebut. Seperti jalanan, jalanan itu hanya Anda yang menggunakannya. Jadi tidak ada kemacetan, atau kecelakaan sama sekali kan seharusnya? Nah, Logika itu juga dipakai ketika Anda menggunakan VPN.

Baca juga: Tips dan Trik Menggunakan VPN Untuk Pemula

Anda mungkin akan sering menemui file corrupt atau masalah lain ketika mengunduh atau mengupload video di jaringan umum. Tersebut jadi hilang saat Anda memakai teknologi yang satu ini.

Hal itu juga terjadi karena VPN memiliki fungsi sebagai pengaman dari lalu lintas koneksi Anda. Jadi, gangguan-gangguan seperti file corrupt, data yang hilang, dan gangguan lain akan lebih terminimalisir dengan Adanya VPN.

 

Kesimpulan

VPN atau Virtual Private Network memang memiliki banyak kegunaan. VPN jika dipergunakan dengan baik akan menguntungkan Anda. tentunya jika Anda juga menggunakan VPN yang berbayar dan bukan yang gratisan. Jika Anda hanya menggunakan VPN gratisan atau sekedar ekstensi, maka Anda perlu berhati-hati karena data Anda justru malah bisa dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Jadi disarankan ketika ingin menggunakan VPN, pakailah VPN yang memang berbayar dan aman untuk Anda.

Tak perlu pusing untuk mencari layanan VPN Murah yang kredibel, karena Anda bisa menggunakan DiegoVPN dari Qwords.com yang bisa dipesan mulai dari Rp22 ribuan perbulan. Sangat menarik bukan? Tunggu apalagi segera amankan jaringan Anda menggunakan DiegoVPN sekarang juga!

Semoga bermanfaat.

2 Replies to “Inilah 5 Kegunaan VPN yang Perlu…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *