Apa Itu VPN? Ini Pengertian, Kegunaan, Fungsi & Cara Kerjanya

4 min read

cara kerja VPN

Saat ini, bisa dibilang internet adalah kebutuhan utama. Tapi sayang, terkadang ada beberapa hal di internet yang sekarang tidak bisa kita akses karena satu dan lain hal.

Biasanya karena aturan dari pemerintah atau hal lainnya. Disitulah kegunaan VPN atau yang artinya Virtual Private Network muncul sebagai penyelamat.

Selain itu, dengan semakin banyaknya aktivitas online, risiko keamanan juga semakin meningkat.

Kejahatan cyber, penyadapan data, hingga peretasan akun menjadi ancaman nyata bagi setiap individu yang terhubung ke internet.

Bahkan saat kita menggunakan jaringan Wi-Fi publik, data pribadi kita dapat terpapar dan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Di sinilah peran VPN juga muncul. 

Mengapa fungsi VPN begitu penting? VPN adalah layanan yang memungkinkan Anda untuk membuat koneksi aman dan terenkripsi ke jaringan internet.

Untuk memahami lebih lengkap apa itu VPN, fungsi, hingga cara kerjanya, yuk simak artikel ini sampai habis!

Apa Itu VPN?

Apa yang dimaksud dengan VPN? Sebelum kita membahas apa kegunaan VPN, Anda harus mengenali terlebih dahulu apa itu VPN. VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network.

Nah, peran VPN untuk apa? Fungsi VPN adalah sebagai jaringan yang membantu seseorang berselancar di internet dengan lebih aman dan private.

Karena koneksi bersifat pribadi dan bukan bersifat publik, jadi tidak semua orang bisa masuk ke jaringan pribadi itu, kecuali memang diizinkan oleh yang punya jaringan atau memang mereka hacker dan ingin berniat buruk kepada Anda.

Baca juga: Apa Itu VPN dan Hal Penting Lain Yang Perlu Anda Tahu

VPN sekarang ini bisa Anda pakai di PC atau smartphone. Jika dulu Anda harus menggunakan ekstensi untuk memakai VPN, sekarang Anda tidak membutuhkan ekstensi.

Ada beberapa browser yang sudah terinstal VPN secara otomatis, misalnya Opera.

Jadi, kegunaan VPN di hp pun sama. Anda bisa mendapati beberapa tipe smartphone yang sudah memiliki aplikasi VPN bawaan seperti misalnya di beberapa seri iPhone, lalu di Xiaomi, dan beberapa merek handphone lain.

Fungsi dan Kegunaan VPN

kegunaan VPN
kegunaan VPN

Lalu, apa saja fungsi VPN? Berikut beberapa kegunaan VPN yang wajib Anda ketahui:

1. Bisa Dipakai untuk Membuka Situs yang Diblokir

Kegunaan VPN yang pertama adalah mampu membuka situs yang diblokir oleh pemerintah. Biasanya hal ini karena mereka tidak lolos sensor sesuai standar pemerintah kita.

Dengan memakai perangkat ini, Anda bisa membuka situs tersebut.

Kok bisa? Hal ini bisa terjadi karena alamat IP yang kita pakai bukan dari negara Indonesia.

Melainkan dari negara lain sehingga peraturan internet Indonesia tidak berlaku ketika kita menggunakan alamat IP dari negara lain.

2. Meningkatkan Keamanan Jaringan

Kalau Anda melihat dari sudut pandang VPN Private yang biasanya Anda pakai untuk membuka situs yang diblokir, maka keamanan tidak termasuk dari salah satu kegunaan VPN.

Malah itu bisa jadi kekurangannya. Tapi ketika kita bicara soal koneksi internet di dalam perusahaan, maka VPN bisa jadi aman sekali.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network, maka sifatnya private atau pribadi.

Jaringan yang bersifat pribadi ini cocok untuk perusahaan besar dan perusahaan perbankan.

Data yang mereka informasikan satu sama lain adalah data penting. Jadi dibutuhkan koneksi yang pribadi dan tidak bisa dimasuki oleh orang lain seperti koneksi publik.

Bahkan sebuah perusahaan perbankan bisa mengalami pencurian uang dalam skala besar  secara virtual ketika mereka tidak menggunakan VPN.

Itulah mengapa VPN bisa jadi sangat aman jika dipakai untuk kalangan sendiri atau bersifat jaringan pribadi.

3. Menutup Histori Browser

Karena VPN sifat jaringannya adalah private, maka tidak akan ada orang yang bisa mengakses histori Anda.

Bahkan, pada beberapa aplikasi, misalnya Opera, ketika Anda menggunakan VPN, history Anda secara otomatis akan terhapus ketika Anda keluar dari aplikasi tersebut.

4.Meningkatkan Kecepatan Download

kecepatan download
kecepatan download

Manfaat aplikasi VPN selanjutnya adalah juga bisa meningkatkan kecepatan download. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Bukannya karena kita menggunakan IP Address luar jadi lebih lambat, ya? Tidak. Jika kita menggunakan VPN seperti itu memang akan lebih lambat.

Tapi jika kita menggunakan VPN sebagai jaringan pribadi, maka jaringan itu bebas hambatan.

Sederhananya, jalanan itu Anda gunakan sendiri. Tidak ada orang lain sehingga kecepatannya semakin bertambah. Hal itu biasanya baru Anda dapatkan di VPN berbayar atau di VPN yang tersedia di kantor-kantor perbankan yang memang sifat jaringannya pribadi.

5. Meminimalisir Gangguan Koneksi

Anda tentu tahu bahwa jaringan VPN itu sifatnya pribadi sehingga hanya Anda yang menggunakan jaringan tersebut. Seperti jalanan, jalanan itu hanya Anda yang menggunakannya.

Jadi tidak ada kemacetan, atau kecelakaan sama sekali kan seharusnya? Nah, Logika itu juga dipakai ketika Anda menggunakan VPN.

Baca juga: Tips dan Trik Menggunakan VPN Untuk Pemula

Anda mungkin akan sering menemui file corrupt atau masalah lain ketika mengunduh atau mengunggah video di jaringan umum.

Kendala tersebut tidak akan terjadi saat Anda memakai teknologi yang satu ini.

Hal itu juga terjadi karena fungsi dan manfaat VPN sebagai pengaman dari lalu lintas koneksi Anda.

Jadi, gangguan-gangguan seperti file corrupt, data yang hilang, dan gangguan lain akan lebih terminimalisir dengan Adanya VPN.

Cara Kerja VPN

VPN bekerja dengan cara berikut:

1. Enkripsi Koneksi

Saat Anda terhubung ke VPN, perangkat Anda membuat koneksi terenkripsi dengan server VPN melalui internet.

Hal ini melibatkan pertukaran kunci enkripsi yang digunakan untuk mengamankan data yang dikirimkan antara perangkat Anda dan server VPN.

2. Pengalihan Lalu Lintas

Setelah terhubung, semua lalu lintas internet dari perangkat Anda dialihkan melalui koneksi terenkripsi ini. Termasuk juga permintaan ke website, unduhan, dan lainnya.

3. Penyembunyian Alamat IP

Server VPN menyediakan Anda alamat IP virtual. Ketika Anda mengakses layanan online, maka alamat IP server VPN yang digunakan bukan alamat IP asli perangkat Anda. Ini membantu menyembunyikan identitas dan lokasi fisik Anda.

4. Pengalihan ke Server Tujuan

Setelah traffic Anda tiba di server VPN, server tersebut meneruskan permintaan Anda ke website atau layanan yang Anda akses.

Jadi, layanan yang Anda gunakan melihat server VPN sebagai sumber permintaan, bukan perangkat Anda.

5. Dekripsi di Server VPN

Saat respon dari website atau layanan dikirimkan kembali, data tersebut dienkripsi oleh server VPN sebelum dikirim ke perangkat Anda.

Perangkat Anda mendekripsi data tersebut, sehingga Anda dapat melihatnya dengan aman.

6. Keamanan dan Privasi

Koneksi terenkripsi ini memberikan tingkat keamanan yang tinggi, karena data Anda aman dari mata-mata pihak ketiga.

Selain itu, alamat IP virtual dan enkripsi data membantu melindungi privasi Anda dan membuatnya lebih sulit bagi pihak lain untuk melacak aktivitas online Anda.

7. Akses Konten Terbatas

Dengan memilih server VPN di lokasi tertentu, Anda dapat mengakses konten yang mungkin terbatas di wilayah Anda. Website dan layanan melihat lokasi server VPN sebagai lokasi Anda.

Apakah Perlu Menggunakan VPN?

Menggunakan VPN bisa jadi perlu atau tidak, tergantung kebutuhan Anda. Sekarang Anda jadi paham VPN itu apa hingga bagaimana cara kerjanya. VPN memang memiliki banyak kegunaan.

Selain itu, VPN jika dipergunakan dengan baik akan menguntungkan Anda. Tentunya jika Anda juga menggunakan VPN yang berbayar dan bukan yang gratisan, ya.

Jika Anda hanya menggunakan VPN gratisan atau sekedar ekstensi, maka Anda perlu berhati-hati karena data Anda justru malah bisa dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Jadi disarankan ketika ingin menggunakan VPN, pakailah VPN yang memang berbayar dan aman untuk Anda.

Bagaimana cara mendapatkan VPN? Bagaimana jika harganya mahal? Tenang! Tak perlu pusing untuk mencari layanan VPN murah yang kredibel, karena Anda bisa menggunakan DiegoVPN dari Qwords.com.

VPN ini bisa Anda dapatkan mulai dari Rp22 ribuan perbulan. Sangat menarik bukan? Tunggu apalagi segera amankan jaringan Anda menggunakan DiegoVPN sekarang juga!

Konektor Jaringan, Pahlawan di Balik Konektivitas…

Dunia digital saat ini sangat bergantung pada jaringan internet.  Mulai dari berselancar di dunia maya, streaming film terbaru, hingga terhubung dengan rekan kerja secara...
Eril Obeit Choiri
6 min read

4 Replies to “Apa Itu VPN? Ini Pengertian, Kegunaan,…”

  1. Bang gua cuma mahu jaringan tidak rusak semasa bermain ml ..bisa tak VPN nya bantu ? Gimana ?

    1. VPN fungsinya utamanya untuk keamanan saja kak,
      Kalau jaringan bermasalah mungkin bisa ganti provider atau cari lokasi yang sinyalnya bagus.
      Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *