Internet mempunyai kecepatan akses untuk dapat memindahkan data atau mentransfer data dengan cepat. Dengan adanya kecepatan akses internet tersebut data atau file dari komputer dapat dipindahkan dengan sangat cepat bahkan dalam hitungan detik. Sehingga dapat memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Kecepatan Akses Internet

Mempengaruhi kecepatan askes internet
Mempengaruhi kecepatan askes internet

Kecepatan akses internet merupakan kecepatan dalam mentransfer data saat menggunakan jaringan internet. Kecepatan akses yang dimaksud adalah banyaknya bit data dari satu komputer ke komputer lain yang dipindahkan. Satuanya adalah Bit Per Second atau bps. Kecepatan akses terbagi menjadi dua yaitu upstream dan downstream.

Kecepatan akses upstream merupakan kecepatan dalam mentransfer atau mengirimkan data dari komputer ke server. Sedangkan kecepatan downstream merupakan kecepatan dalam mengambil data dari server ke komputer. Saat Anda melakukan browsing atau pencarian, pasti masuk ke menu seacrh engine atau sebagainya. Kegiatan tersebut termasuk kecepatan downstream internet.

Satuan kecepatan akses internet baik upstream ataupun downstream adalah bps atau Bit Per Second. Sehingga kecepatan akses dihitung setiap detik saat data atau file dipindahkan dari server ke komputer atau sebaliknya. Kecepatan akses dapat dihitung dari jumlah data yang ditransfer atau dikirimkan dalam satuan waktu atau detik.

Jika Anda mengirimkan data sebesar 1 kb per detik, maka sama saja Anda telah mengrimkan data sebesar 1000 byte. Karena 1 byte sama dengan 8 bit, maka data yang ditransfer tersebut sama dengan sebesar 8000 bit atau bisa ditulis dengan 8 kbps atau kilo bit per second. Kecepatan akses yang lebih besar bisa menggunakan satuan Mbps atau mega bit per second yang berarti 1000 kpbs.

Ukuran Kecepatan Internet

Satuan Kecepatan Internet
Satuan Kecepatan Internet

Kecepatan akses mempunyai ukuran yang berbeda sesuai dengan provider atau saluran yang Anda gunakan untuk mengakses internet tersebut. Ukuran kecepatan internet adalah besarnya bandwidth atau dari lebar pita. Bandwidth merupakan ukuran untuk memindahkan data atau file dari besarnya kapasitas data tersebut. Kecepatan akses akan semakin besar jika bandwidth yang dimiliki juga besar.

Kecepatan akses internet sama dengan jumlah data yang melewati media tertentu setiap satu detik. Rata-rata kecepatan akses untuk dial Up di Indonesia adalah 56 kbps. Dan kecepatan transfer atau memindahkan data dapat dilakukan melalui komunikasi wireless atau tanpa kabel pada 2.4 GHz yang berarti sama dengan 2 Mbps. Teknologi Gigabit dengan kecepatan switch adalah 1 Gbps dan kecepatan switch yang standar adalah 100 Mbps.

  • Kecepatan Akses dengan Wifi

Teknologi Wireless Fidelity atau yang dikenal dengan Wifi merupakan jaringan tanpa kabel yang menggunakan frekuensi tinggi dan berada pada spektrum 2.4 GHz. Wifi menggunakan teknologi radio sehingga dapat mengakses internet. Wifi juga dapat membuat jaringan wireless dalam sebuah perusahaan.

Baca juga : Cara Aman Melindungi Jaringan WIFI

Kecepatan akses dengan Wifi banyak digunakan untuk perusahaan atau perkantoran untuk mengakses internet dengan mudah dan cepat. Dengan menggunakan Wifi semua kegiatan dalam perusahaan maupun secara individu dapat terpenuhi dengan mudah. Terutama dalam mencari informasi yang dibutuhkan.Karena Wifi mempunyai kemampuan akses hingga 11 Mbps dan dirancang dengan standart IEEE 802 11 dengan empat variasi.

  • Kecepatan Akses dengan Wireless Broadband

Wireless Broadband dapat memberika kemudahan dalam mengakses internet pada komputer, ponsel, laptop, dan sebagainya. Wireless Broadband lebih efesien daripada Wifi, bahkan sudah menjadi standar internet untuk nirkabel. Wireless Broadband dapat diakses hingga jarak 1 km dari pemancarnya.

Kecepatan akses internet dengan Wireless Broadband juga bisa ditersambung dalam kendaraan dengan kecepatan 60 km/jam. Karena menggunakan teknologi yang canggih sehingga dapat mengirim data dengan kecepatan 50 Mpbs. Kecepatan Wireless Broadband mampu melebihi kecepatan HSDPA yang hanya mampu mengirim data dengan kecepatan 14 Mbps.

Baca juga : Cara Mengecek Kecepatan Website

Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Internet

Internet Untuk Berkomunikasi
Internet Untuk Berkomunikasi

Internet mempunyai kecepatan akses yang tidak selalu stabil. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan akses tersebut. Internet bisa dengan cepat mengirim data bahkan dalam hitungan detik saja. Namun, kecepatan juga bisa sangat lambat bahkan sampai berjam-jam. Berikut faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet.

1. Komputer atau Laptop

Perangkat keras atau komputer bisa menjadi penyebab cepat atau lambatnya kecepatan akses. Karena komputer mempunyai perangkat yang terdiri dari RAM, hardisk, dan prosesor yang mempunyai peran penting dalam sistem kerja komputer tersebut. Jika salah satu perangkat tersebut mempunyai kecepatan rendah, dapat mempengaruhi kecepatan akses internet yang menjadi lambat.

2. Modem

Modem merupakan faktor utama yang mempengaruhi kecepatan akses. Modem mempunyai spesifikasi yang bervariasi. Biasanya modem yang banyak digunakan mempunyai kecepatan 56 kbps. Sehingga kecepatan akses pada internet masih standar atau stabil. Jika kecepatan modem semakin besar maka kecepatan akses pun akan semakin cepat.

3. Bandwidth

Besarnya bandwidth juga dapat mempengaruhi kecepatan akses. Bandwidth mempunyai cakupan frekuensi yang digunakan oleh jaringan pada medium transmisi. Satuan bandwidth adalah Hertz. Semakin besar bandwidth yang digunakan, maka semakin cepat pula kecepatan akses pada internet.

4. Jaringan Komunikasi

Jaringan komunikasi mempunyai beberapa macam yaitu CDMA, GSM, GPRS, HSDPA, 3G, 4G, 5G dan line telephone. Setiap jaringan tersebut memberikan kecepatan akses yang berbeda-beda. Kecepatan akses paling rendah adalah line telephone. Sehingga Anda dapat menggunakan jaringan yang lebih tinggi seperti GSM agar kecepatan akses lebih cepat.

5. Jumlah Pengguna

Jumlah pengguna yang mengakses internet juga mempengaruhi kecepatan akses. Saat pengguna mengakses internet secara bersamaan, kecepatan akses internet akan turun. Biasanya hal ini terjadi pada jam kerja atau jam sibuk. Sehingga Anda dapat menghindari jam tersebut agar dapat mengakses internet dengan cepat dan stabil.

Baca juga :Manfaat Dari Akses Internet Cepat

Mengukur Kecepatan Internet

Cek Kecepatan Akses Internet Speedtest
Cek Kecepatan Akses Internet Speedtest

Kecepatan akses pada internet dapat diukur dengan tepat dan akurat. Untuk mengukur kecepatan akses tersebut harus memperhatikan beberapa hal penting agar hasil yang didapatkan tepat dan akurat. Untuk cara mengukur kecepatan akses internet adalah sebagai berikut.

1. Cek komputer atau laptop.

Komputer atau laptop yang akan digunakan untuk mengukur kecepatan akses harus dalam keadaan bersih. Pastikan perangkat tersebut bersih dan tidak ada gangguan seperti virus, walmare, spyware atau spam.

2. Hindari download atau upload

Jika komputer Anda sedang terhubung dengan komputer lain melalui internet, pastikan tidak dalam proses upload atau download. Komputer dalam keadaan tidak terhubung selain ke server utama.

3. Koneksi internet pada server

Anda dapat menonaktifkan jaringan lokal agar komputer lain tidak terhubung dengan Anda melalui internet. Anda dapat melakukan koneksi pada server atau router saja.

4. Membuka web Speedtest Net

Setelah komputer bersih dan siap, Anda dapat membuka website Speedtest Net. Website ini dapat digunakan untuk mengukur kecepatan akses internet dengan menggunakan browser. Speedtest dapat diakses dengan ADSL, modem, astinet dan sebagainya.

5. Pengukuran dengan Speedtest Net

Anda dapat melakukan pengukuran dengan website Speedtest agar lebih akurat. Speedtest menggunakan jaringan internal sehingga hasil untuk modem yang cocok dan bagus untuk digunakan. Jika kecepatan dibawah 40 kbps maka modem tidak cocok untuk komputer Anda.

Penggunaan internet yang semakin tinggi membuat banyak inovasi baru di dunia digital. Salah satunya VPS Murah dari Qwords.com yang memiliki kecepatan akses yang cepat. Qwords.com memberikan high performance VPS dengan menggunakan teknologi ultrafast SSD sehingga memberikan kecepatan dan keamanan yang ekstra yang dapat diandalkan. Tunggu apalagi miliki VPS SSD dari Qwords sekarang juga.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *